10 Manfaat Mengkonsumsi Biji Semangka Bikin Yang Jarang Diketahui

AsalasahBila sobat asalasah makan buah semangka, jangan buang bijinya ya. Pasalnya, biji semangka memiliki nilai gizi tinggi.

Para ahli menyarankan agar mengonsumsi biji semangka karena bermanfaat bagi kesehatan.

Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi, kaya nutrisi dan antioksidan. Kandungan gizi biji semangka meliputi asam amino, protein, vitamin B, niasin, magnesium, seng, tembaga, potasium, mangan, besi dan tembaga.

Biji semangka juga mengandung lemak sehat yaitu asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6.

Tidak hanya biji semangka yang baik untuk kesehatan, minyak yang diekstrak dari biji ini juga menghasilkan keajaiban bagi kulit dan rambut Anda.

10 Manfaat Mengkonsumsi Biji Semangka Bikin Yang Jarang Diketahui


1. Kesehatan jantung
Biji semangka mengandung magnesium, mineral penting yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Mengonsumsi biji semangka akan membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung agar normal. Biji semangka  juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Meningkatkan kesuburan pria
Biji semangka mengandung seng, mineral penting yang bermanfaat untuk sistem reproduksi pria. Ini bisa meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur. Biji semangka juga mengandung mangan yang juga berkontribusi terhadap kesuburan pria.

3. Memperkuat sistem kekebalan
Biji semangka mengandung zat besi dan vitamin B yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Mulailah menambahkan biji semangka dalam makanan Anda untuk memperkuat kekebalan tubuh.

4. Obat Diabetes
Biji semangka dianggap antidiabetes yang memiliki efek positif pada akumulasi glikogen yang tersimpan. Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan menyebut bahwa benih tersebut dapat mencegah diabetes tipe 2 juga.

5. Meningkatkan pencernaan

Biji semangka mengandung magnesium yang mengaktifkan enzim dalam tubuh untuk membantu dalam menyerap nutrisi. Ini bisa membuat pencernaan yang lebih baik dan dapat mencegah pembentukan asam lambung.

6. Kesehatan kulit

Biji semangka meningkatkan tekstur kulit dan penampilan secara keseluruhan. Biji semangka mengandung magnesium yang menurunkan kadar kortisol, menyeimbangkan hormon dan memperbaiki proses seluler. Ini juga membantu mencegah keriput dan bertindak sebagai perisai dari radikal bebas.

7. Kesehatan otak

Magnesium terdapat pada biji semangka yang bermanfaat membantu meningkatkan daya ingat, dan juga meningkatkan kesehatan otak. Sebuah studi di Amerika mencatat bahwa magnesium dapat mempercepat fungsi memori dan dapat mengobati penyakit Alzheimer.

8. Pertumbuhan dan perkembangan

Biji semangka mengandung arginin dalam jumlah tinggi, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Asam amino dan protein yang ada dalam biji semangka membantu mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan normal.

9. Mencegah osteoporosis

Biji semangka kaya mineral penting yang membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Mengonsumsi biji semangka akan mencegah osteoporosis dan akan membuat Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

10. Menurunkan kolesterol jahat

Biji semangka kaya serat dan asam lemak yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat meningkatkan penyakit jantung, menghalangi arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi biji akan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.bisnis.com/read/20180222/106/741654/biji-semangka-bikin-pria-subur-dan-otak-encer
Read More

Parah, Baru Dipakai 2 Bulan, Jembatan Penghubung Semarang-Demak Putus

AsalasahTerbukanya akses dusun terluar Kabupaten Semarang dengan selesainya pembangunan jembatan Sunut di Dusun Sapen hanya berumur dua bulan. Infrasruktur penghubung Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Demak ini kembali terputus, setelah diterjang derasnya Sungai Jragung, Kamis (22/2) sekitar pukul 04.00 WIB.

Jembatan sepanjang 72 meter ini baru selesai dibangun pada akhir Desember 2017 lalu dan baru efektif dimanfaatkan warga Dusun Sapen dan Dusun Borangan, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, awal tahun 2018 ini.

Akibatnya, dua dusun terluar di wilayah Kabupaten Semarang tersebut kembali terisolir. Satu dari lima bentangan jembatan ini ambrol akibat salah satu lereng oprit jembatan ini tererosi air.

"Dalam beberapa pekan terakhir, curah hujan memang cukup tinggi dan mengakibatkan debit air sungai Jragung meningkat tajam," kata Kepala Desa (Kades) Candirejo, Haryoto.

Sehingga, jelasnya, satu dari lima bentangan jembatan Sunut ini terputus dan tidak bisa dilalui. Karena satu bentang jembatan sepanjang sekitar 15 metertersebut ambrol.

Ia juga menyebutkan, terputusnya jembatan Sunut ini bukan karena kualitas bangunannya yang buruk. Namun lonjakan debit air mengakibatkan arus sungai Jragung ini menjadi luar biasa deras.

Ia juga mengungkapkan, jembatan ini merupakan satu- satunya infrastruktur warga yang menghubungkan dengan daerah luar, khususnya wilayah Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Karena akses langsung dari Dusun Sapendan Dusun Borangan ke Kecamatan Pringapus hingga saat ini belum ada. Sehingga jembatan ini menjadi satu- satunya infrastruktur untuk mengangkut hasil pertanian dan aktivitas warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto mengungkapkan Pemkab Semarang akan segera mengirimkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang akan meminta kementerian tersebut membantu meluruskan aliran sungai yang mengalir di bawah jembatan Sunut tersebut.

"Itu karena aliran sungai di lokasi jembatan berbelok dan sisi luar dari belokan sungai tersebut selalu tergerusair dan mengakibatkan badan sungai terus melebar, hingga akhirnya menggerus dinding oprit," katanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/02/22/p4jlsa368-baru-2-bulan-jembatan-penghubung-semarangdemak-putus
Read More

4 Jenis Sariawan di Mulut, Yang mana Punyamu?

AsalasahBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat.

Pembekuan izin ini terkait dengan 38 laporan dari profesional kesehatan yang menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl untuk pengobatan sariawan selama 2 tahun terakhir. Albothyl memang telah lama dikenal sebagai pengobatan untuk sariawan.Tetapi, tahukah Anda jika penyebab sariawan berbeda-beda sehingga penanganannya pun akan berbeda? Berikut adalah 4 jenis sariawan dan penyebabnya:

4 Jenis Sariawan


1. Sariawan Iritasi
Sariawan yang terjadi karena cedera akibat benturan, trauma, atau iritasi pada mulut, seperti tergigit atau benturan dengan sikat gigi. Iritasi tersebut menyebabkan kerusakan pada mukosa atau selaput lendir, sehingga menimbulkan sariawan.

2. Stomatitis Herpetic atau Cold Sore
Sariawan ini disebabkan oleh infeksi virus herpes. Ciri-cirinya, sariawan berkelompok pada bibir bagian dalam, sedangkan herpes pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lama-kelamaan berkerak. Kemunculannya biasanya didahului dengan rasa kesemutan, nyeri, atau pedih panas seperti terbakar.

3. Moniliasis atau Oral Trush
Sariawan ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menginfeksi lidah atau pipi bagian dalam. Serangannya menyebabkan lesi berwarna putih krem yang menyakitkan dan dapat berdarah sedikit ketika lesi dikeruk. Dalam kondisi buruk, serangannya dapat menyebar ke langit-langit mulut, gusi, amandel (tonsil), atau bagian bawah kerongkongan dan esofagus.

4. Stomatitis Aphthous
Sariawan ini biasanya terjadi di bagian lidah, bibir, serta pipi bagian dalam dan disebut juga ulkus aphthous. Sariawan tersebut ditandai dengan pusat luka berwarna pucat atau kuning, dengan pinggiran luar luka berwarna kemerahan. Selama mengalaminya, badan kerap terasa panas dingin.

Stomatitis aphthous merupakan jenis sariawan yang paling umum terjadi di masyarakat dan penyebabnya pun bermacam-macam. Dari infeksi virus; terlampau banyak mengkonsumsi kopi, cokelat, keju; kurang tidur; mengkonsumsi obat-obatan tertentu; hingga stres.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.bisnis.com/read/20180222/106/741719/ini-4-jenis-sariawan-yang-mengancam-mulut-anda
Read More

Bobroknya KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA, Anak Indonesia Tidak Tau Betapa Bodohnya Ia

AsalasahAda 3 artikel bagus yg ditulis oleh Elizabeth Pisani tentang kualitas pendidikan di Indonesia. Pisani adalah jurnalis Reuters yg banyak menulis tentang Indonesia. Salah satu bukunya, 'Indonesia Etc', adalah buku bagus yg mendapat banyak pengakuan internasional (saya punya bukunya tapi baru baca 1 bab, hehe..).

Dari dulu saya tertarik banget dengan masalah pendidikan. Katanya, masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Penjajah Belanda konon membiarkan rakyat Indonesia tetap bodoh, supaya lebih mudah dikendalikan. Orang yg bodoh lagi suka ribut antar sesama tidak akan sempat memikirkan cara2 untuk memperbaiki nasib atau menjadi lebih maju.


Back to topic. 
Dalam tulisannya, Pisani menyoroti prestasi anak2 Indonesia dalam tes PISA. PISA adalah tes yg diadakan OECD untuk menguji kemampuan anak2 usia 15 tahun di puluhan negara dalam bidang sains (science), matematika (math) dan membaca (reading). Tes ini diadakan 3 tahun sekali. Di 2 tes terakhir pada tahun 2012 dan 2015, Indonesia mendapat peringkat 60-an dari 70 negara di ketiga bidang yg diujikan. Jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, apalagi Singapura.

Contohnya: hasil tes 2015 menunjukkan, 55% anak Indonesia punya kemampuan sangat buruk di tes membaca. Semua soal tes PISA sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia loh padahal.. 😅 Reading comprehension mereka ternyata sangat rendah. Mereka bisa membaca, namun mereka tidak mampu untuk menemukan ide utama dalam sebuah paragraf, memahami keterkaitan antar kalimat, maupun menemukan informasi yg tepat dalam paragraf (orang2 yg reading comprehensionnya rendah begini tuh yg jadi sasaran empuknya hoax. Hahaha..).

Hasil tes anak Indonesia yg jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Konon ini juga menunjukkan bahwa anak Indonesia tidak punya basic skills yg kelak akan dibutuhkan di dunia kerja, seperti critical thinking atau problem solving capability. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bagi Indonesia di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), dimana tenaga kerja bisa bekerja bebas lintas negara.

Sebenarnya memang aneh.. Saya banyak mendengar keluhan para ortu yg bilang bahwa beban studi anak2nya di sekolah sekarang amat berat. PR nya banyak, tugasnya susah2. Soal2 untuk anak SD kadang terlalu 'ajaib' saking susahnya. Anak SD aja sudah les mata pelajaran (jaman saya SD dulu mah isinya cuma senang2 hahaha..).

Lah sudah begitu lantas mengapa anak Indonesia hasil tesnya jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN? Sudah gak pintar, budi pekertinya tidak dapat dibanggakan pula.

Lantas apa gunanya segala beban studi yg berat itu?

Pisani mencoba menganalisis, mengapa kira2 kualitas pendidikan Indonesia sangat rendah. Berikut beberapa analisisnya:

1. Dana pendidikan di Indonesia sebenarnya sangat tinggi dianggarkan di APBN. Ortu2 juga keluar biaya besar untuk pendidikan. Tapi dana2 itu entah 'bocor' ke mana, karena kualitas pendidikan ya gitu2 aja. Universitas2 terbaik di Indonesia pun tidak bisa masuk top 100 Asian Universities.

2. Kualitas guru di Indonesia masih sangat rendah. Salah satu sebabnya, banyak orang sebenarnya tidak punya passion mengajar, namun menjadi guru hanya karena ingin menjadi PNS atau butuh pekerjaan. Di masa Soeharto, guru adalah birokrat dan bukan pendidik. Dan itu terbawa sampai sekarang.

3. Sudah kualitasnya rendah, banyak guru dan kepsek yg suka 'membolos', khususnya di daerah2 terpencil. Ada yg tidak muncul di sekolah hingga berbulan2! Padahal gaji jalan terus. Murid2 jadi terbengkalai. Kalaupun gurunya datang ke sekolah, murid2 hanya diberi tugas mengerjakan LKS karena gurunya malas mengajar.

4. Di Indonesia, tidak ada sistem yg memberi reward bagi guru yg kreatif dalam mengajar, mendorong siswanya untuk maju dan sanggup berpikir kritis, dan sebagainya. Sistem kepangkatan masih diutamakan pada lamanya bekerja / senioritas, dan bukan pada kemampuan sang guru.

5. Sejak era otonomi daerah, kualitas pendidikan malah makin hancur. Kepala sekolah kini dipilih oleh kepala daerah dengan sistem balas jasa. Kejadian nyata di suatu daerah, ada kepsek yg dipecat karena kebocoran uang sekolah dan berjudi. Ia kemudian bisa diangkat kembali jadi kepsek, hanya karena ia menjadi timses kepala daerah yg menang dalam pilkada! Kepsek2 juga kini rela melakukan apa saja demi menyenangkan kepala daerahnya.

6. Di Indonesia, segala sesuatu bisa dibeli, termasuk ijazah. Orang bersekolah/kuliah untuk dapat ijazah, bukan untuk belajar sesuatu. Karena itu kualitas jadi tidak penting, yg penting punya gelarnya.

7. Berdasarkan penelitian,di negara2 lain tutorial/les selaku berhasil membuat anak lebih pintar, namun hal itu tidak berlaku di Indonesia. Mungkin karena tipe les di Indonesia hanya mengajarkan tips/trik cara mengerjakan tes/ujian, dan bukan mengajari anak untuk benar2 bisa memecahkan masalah (kadang bahkan guru lesnya yg membikinkan PR anak lesnya. Hahaha).

8. Kurikulum 2013 yg sempat akan diberlakukan bahkan meniadakan mata pelajaran sains untuk memberikan waktu lebih bagi mata pelajaran agama, PKN dan matematika. Bayangkan apa jadinya kalau sains ditiadakan.

Masih panjang uraian Pisani di artikel2nya. Kalo tertarik, silahkan dibaca sendiri, hehe..

P.S: janganlah memandang tulisan2 Pisani ini sebagai bentuk hinaan (biarpun judulnya bikin kuping panas 😅), namun pandanglah sebagai kritik yg membangun.

Entah bagaimana caranya untuk bisa menciptakan pendidikan Indonesia yg lebih baik. Masalahnya terlalu kompleks. 😥

Baca Juga :
Asalasah | Sumber:  http://www.insideindonesia.org/a-nation-of-dunces
http://indonesiaetc.com/apparently-42-of-young-indonesians-are-good-for-nothing/
http://indonesiaetc.com/indonesian-kids-dont-know-how-stupid-they-are/
Read More

Sakit Ketika Menarik Nafas, Gejala GERD kah ? Apa Solusinya?

Asalasah ~ siang dokter saya mau tanya... sudah beberapa hari dibawah payudara kanan saya sakit kalau menarik nafas panjang.. sakitnya sampai ke belakang rasanya tulang kaya patah gitu, apa benar itu indikasi penyakit gerd dan asam lambung?? apakah krgemukan jg berpengaruh trhadap penyakit itu?? bgaimna yg hrus sya lakukan dengan pola mkan saya agar cepat sembuh. mohon jawabannya dok. trims

Jawaban Dokter Atas pertanyaan pasien


Penyakit maag (peningkatan asam lambung) biasanya menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati atau perut bagian kiri. Sedangkan keluhan penyakit GERD bisa dirasakan pada bagian dada karena melibatkan tenggorokan dan lambung. Penyakit asam lambung sering disebut juga penyakit maag (gastritis) adalah penyakit yang terjadi pada lambung dimana lapisan lambung mengalami peradangan. Peradangan yang terus menerus tersebut dapat menyebabkan lapisan lambung menjadi lebih tipis. Gejala-gejala yang dapat dirasakan panas pada ulu hati atau nyeri perut bagian kiri, mual, muntah, cepat merasa kenyang, serta dapat terjadi juga BAB hitam dan muntah darah.  Selain lambung serta tenggorokan, nyeri dibawah payudara kanan atau dada kanan juga dapat terkait permasalahan pada payudara, paru-paru, tulang, dan otot disekitar dada kanan.

Kondisi-kondisi yang mungkin terjadi pada Anda yakni :

1.      Mialgia
Mialgia merupakan kondisi dimana terjadi nyeri otot yang diakibatkan oleh aktivitas yang berlebihan yang menggunakan otot-otot disebelah dada kanan. Selain mengangkat beban yang terlalu berat, dapat juga disebabkan trauma.

2.      Pleuritis
Pleuritis merupakan penyakit dimana terjadi peradangan pada lapisan paru-paru. Pleuritis ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Gejala yang dirasakan yakni nyeri pada salah satu dada, batuk kering, serta demam.

3.      Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan infeksi virus, bakteri, atau hepatitis yang diakibatkan oleh obat-obatan. Ketika organ hati mengalami masalah maka dapat menyebabkan nyeri dada kanan, karena hati berdekatan dengan rongga dada kanan.

4.      GERD
GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang terjadi akibat lemahnya otot yang membatasi antara lambung dan tenggorokan sehingga isi lambung dapat naik ke tenggorokan. Penderita GERD dapat merasakan rasa tidak enak di dada, nyeri pada daerah dada, rasa panas/terbakar di dada atau tenggorokan, nyeri pada ulu hati, serta mulut yang terasa pahit. GERD juga dapat merupakan penyebab terjadi nyeri dada kanan.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut pada Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan berupa pertanyaa-pertanyaan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang apabila dibutuhkan. Hal-hal yang sementara ini dapat Anda lakukan yakni beristirahat cukup, tidak mengangkat beban yang terlalu berat, tidak memakan makanan yang terlalu pedas atau asam, serta memakan makanan yang bergizi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: tanyadokter
Read More

Video Protes dan Pelanggan Marah Atas Kecurangan Pihak Indomaret Terkait Penipuan Harga

AsalasahPT Indomarco Pristama perusahaan pemilik gerai Indomaret menjelaskan viral video konsumen yang mengomplain harga barang di rak toko yang berbeda dengan di struk konsumen.

Video tersebut viral di sosial media Facebook oleh akun Kejadian Hari Ini. Dalam Video tersebut terdapat seorang konsumen yang mengomplain pegawai Indomaret karena melihat perbedaan harga barang di struk dengan di rak toko.

Menanggapi hal itu, Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan, para pegawai Indomaret selalu mengupayakan operasional toko sesuai dengan standar dan operasional perusahaan (SOP).

"Kami sudah mengupayakan agar secara operasional di toko sebaik mungkin. Akan tetapi, kemungkinan tim toko bisa terjadi kelalaian," kata dia

Wiwiek menambahkan, jika memang ada terjadi perbedaan harga, konsumen akan diberikan harga termurah yang ada di rak maupun harga di struk.

"Hal ini untuk memberikan perlindungan dan jaminan pelayanan yg terbaik untuk pelanggan," ucap dia.



Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/23/150500726/viral-beda-harga-di-rak-dengan-di-struk-ini-penjelasan-indomaret
Read More

Siswi SMP 14 Tahun Tewas Setelah Berzina dengan Pacarnya! Semakin Rusak Moral Pemuda

AsalasahSiswi SMP berinisial LGDS (14) meninggal setelah dua kali berhubungan badan dengan pacarnya, AW (25), Minggu (21/1/2018).

Kasubag Humas Polres Tabanan AKP I Putu Oka Suyasa mengatakan, polisi saat ini masih memeriksa sang pacar.

"Benar ada kejadian itu. Pacarnya masih di polres dan jenazah korban akan dibawa ke RSUP Sanglah, " katanya, Minggu (21/1/2018).

Peristiwa ini terjadi di sebuah rumah kos di Dangin Cari, Tabanan. Korban diketahui mengeluarkan darah dari alat vitalnya setelah dua kali berhubungan badan. Saat itu, sang pacar sedang berada di kamar mandi.

Kembali dari kamar mandi, korban sudah tidak sadarkan diri. Korban kemudian dibawa oleh sang pacar ke rumah sakit sekira pukul 15.30 Wita. Namun, ketika tiba di BRSUD Tabanan, korban dinyatakan meninggal.

Hasil pemeriksaan luar menunjukkan, korban mengalami pendarahan di kelamin dan kulit lebam. Dokter jaga di UGD BRSUD Tabanan, dokter Deni, menyebutkan, saat tiba di rumah sakit, korban diduga sudah meninggal 30 menit sebelumnya.

"Untuk penyebab pasti kematian korban, harus menunggu hasil autopsi terlebih dulu. Rencananya akan dibawa ke RSUP Sanglah," ungkapnya, Minggu.

Sang Pacar Jadi Tersangka

Polisi menetapkan GDW (26) sebagai tersangka dalam kasus tewasnya sang pacar, LGDS (14), Senin (22/1/2018).

Siswi SMP itu tewas seusai berhubungan badan sebanyak dua kali dengan pacarnya di sebuah tempat kos di Jalan Debes Gang IV Nomor C7, Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken, Tabanan, Minggu (21/1/2018).

“Sudah kami tetapkan sebagai tersangka karena dugaan kasus pelecehan pada anak,” kata Kasubag Humas Polres Tabanan AKP I Putu Oka Suyasa, Senin.

Tersangka diancam dengan Pasal 81 ayat (2) Jo Pasal 76D UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara minimal tiga tahun maksimal 15 tahun.

Selain itu pelaku juga dijerat dengan Pasal 291 ayat (2) Jo Pasal 287 ayat (1) KUHP tentang perbuatan mesum yang menyebabkan korban meninggal dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, hasil otopsi menunjukkan adanya sejumlah luka pada tubuh korban, yaitu luka lecet dan memar pada daerah bibir, leher dan dada, serta pada bagian paha, juga darah pada bagian alat kelamin korban.

"Penyebab kematiannya dari pemeriksaan luar kami temukan kekurangan oksigen berupa warna kebiruan pada bibir dan kuku dan dari organ dalamnya ada titik-titik pendarahan dan pelebaran pembuluh darah. Artinya orang ini (korban) mati karena mati lemas. Dari hasil autopsinya seperti itu," ujar Kepala Instalasi Kedoteran Forensik RSUP Sanglah, Denpasar, dr. Dudut Rustiyadi, Senin.

Berdasarkan pola luka yang ditemukan, luka lecet dan memar itu diduga terjadi akibat kekerasan tumpul berupa penekanan. Dugaan sementara, lanjut Dudut, korban dibekap sebelum tewas.

Namun untuk mengetahui persis penyebab kematian korban, pihaknya melakukan pemeriksaan toksiologi di Lab Forensik dengan mengambil sampel darah, urine, isi empedu lambung, dan hati.

"Dugaannya kemungkinan seperti itu. Dia (korban) dibekap. Namun untuk secara pasti penyebabnya harus diperiksa toksiologi. Hal itu untuk mengetahui apakah ada zat-zat yang mungkin dipakai," ungkapnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://regional.kompas.com/read/2018/01/23/13044841/siswi-smp-tewas-setelah-berhubungan-badan-dengan-pacarnya
Read More

Lari Sprint Tingkatkan Metabolisme, Bikin Cepat Kurus

AsalasahAda anggapan bahwa lari cepat atau sprint bisa menguruskan badan dalam waktu cepat.

Namun, bukan sebagai anggapan belaka, pendapat semacam itu disetujui oleh sejumlah ahli, salah satunya adalah Profesor Steve Boutcher.
Steve Boutcher yang merupakan pemimpin penelitian di University of New South Wales Medicine berujar bahwa lari cepat bisa mengikis lemak.

"Sprint adalah salah satu bentuk latihan yang sangat efisien," kata Profesor Steve Boutcher, dikutip Journal of Obesity.

Ia menjelaskan melalui penelitiannya bahwa efek dari lari cepat itu diperoleh lantaran gerakan yang melibatkan persendian itu langsung menggenjot kerja metabolisme tubuh.

Mengapa bisa demikian? Memang, lari cepat (sprint) ataupun jogging bagaimanapun sama artinya dengan menggerakkan tubuh.

Namun, efek gerakan cepat itu memiliki pengaruh lebih jauh, seperti juga diterangkan oleh Profesor James Timmons dari Heriot-Watt University in Edinburgh, dalam studinya.

“Studi kami ini untuk melihat bagaimana proses menyimpan glikogen (tempat penyimpanan atau menabung karbohidrat, gula),” kata James Timmons, dikutip BBC.co.uk.

James Timmons menjelaskan bahwa gerak intens tersebut sejatinya membakar gula (energi) yang ada pada otot.

Semakin cepat kita melakukan gerakan, seperti saat berlari, maka hal tersebut akan mendorong kebutuhan energi itu untuk mengisi lagi. Gula sebagai energi itu sendiri diperoleh melalui tabungan pada aliran darah.

Dengan begitu, gula yang tersimpan menjadi lemak pun akan terserap, dan proses dorongan terhadap pergantian kebutuhan energi inilah yang membuat metabolisme berjalan lebih cepat dari biasanya, sekalipun gerak cepat berarti menuntut kerja keras pada sendi.

Ini terlebih lagi jika lari adalah kegiatan lain di luar rutinitas sehari-hari, seperti halnya dialami kaum urban yang sedang suka olahraga lari di Indonesia.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 dari Kementerian Kesehatan terhadap 1.027.766 responden di 33 provinsi seluruh Indonesia, prevalensi masalah sendi seperti nyeri sendi berdasarkan diagnosis atau gejala sebesar 24,7 persen.

Nyeri sendi ini juga dirasakan oleh Joe Taslim, aktor yang terkenal lewat film-film seperti Fast and Furious 6 (2013).

Pasalnya di balik kegiatannya di dunia sinema, Joe Taslim juga menjadi pejudo Indonesia ini kerap memanfaatkan olahraga lari untuk latihan fisik rutin, terutama kala aktif menjadi pejudo pada 2009.

"Saya bisa latihan hingga empat kali dalam sehari. Orang bilang itu overtraining, tapi kalau dibandingkan dengan atlet Jepang atau Korea itu biasa," tutur peraih perak SEA Games 2007 dan emas PON 2008 ini.
Manakala bagian sendi-sendi nyeri, Joe mengoleskan glucosamine roller gel untuk sendi, di samping juga menggunakannya untuk jaga-jaga ketika berkutat dalam aktivitas fisik berolahraga.

"Impact yang paling berasa sih saya jadi siap untuk aktvitas kembali karena menyamankan sih. Jadi, pada saat persendian nyeri, kita pakai," kata dia menyebut glucosamine roller gel yang dipakainya, Jointfit.

Jadi, stay active less worry. Mereka yang ingin mengurangi bobot tubuh melalui lari cepat atau sprint pun tetap bisa dijalani, seperti juga Joe Taslim yang tetap menjalaninya dengan catatan menyiapkan Jointfit roller gel.

Soalnya, tidak bisa dimungkiri, efek atau hasil dari berolah raga dengan berlari cepat atau sprint ini cukup besar, seperti yang disampaikan Profesor James Timmons.

"Menurut temuan kami, melakukan latihan otot secara intens beberapa kali, misalnya masing-masing 30 detik, secara dramatis meningkatkan kerja metabolisme hanya dalam dua minggu," ujar dia. Nah, mau coba juga?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/24/085500720/lari-cepat-atau-sprint-bikin-gampang-kurus-simak-pembahasannya-
Read More

Panduan Makanan Bagi Penderita Maag

AsalasahSakit maag yang sering kambuh tentu sangat mengganggu aktivitas. Ditambah lagi, kita harus lebih ketat menyeleksi makanan sehari-hari agar tidak makin parah.

Pada prinsipnya, pemilihan makanan untuk sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja saluran pencernaan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan saat maag kambuh?
1. Konsumsi makanan lunak

Sambil terus memenuhi asupan cairan, kita hanya boleh mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan lembut. Hal ini untuk memudahkan lambung mencerna makanan, sehingga tidak terlalu memperberat kerja sistem percernaan.

Makanan lunak yang baik untuk dikonsumsi di antaranya bubur, nasi tim, sayuran yang dimasak hingga lembut, kentang rebus atau tumbuk, telur rebus atau telur orak-arik, dan ikan.

2. Hindari makanan berlemak

Sebagai penderita sakit maag, kita perlu menghindari konsumsi makanan berlemak untuk meringankan beban kerja perut.

Makanan tinggi lemak, seperti mentega, susu, keripik, burger, atau gorengan merupakan makanan yang sulit dicerna dan merangsang otot saluran pencernaan menegang karena bekerja terlalu keras.

Akibatnya, proses pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan (heartburn). Makanan berlemak juga dapat memicu atau memperburuk gejala sembelit.

Selain itu, makanan tinggi lemak juga dapat membuat warna feses memucat, yang menandakan lemak berlebih pada kotoran. Gantilah dengan makan daging dan ikan tanpa lemak, minum susu skim, dan makanan yang dipanggang daripada memilih makanan yang digoreng.

3. Hindari makanan pedas

Jika sakit maag sedang kambuh, hindari makan makanan pedas. Terutama jika disertai mual, muntah, dan diare.

Dilansir dari laman Health, Tim McCashland, MD, seorang spesialis pencernaan dari University of Nebraska Medical Center di Omaha mengatakan, makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan dan usus besar, hingga memperparah gejala maag kronis.

Hindari juga konsumsi rempah-rempah, termasuk bawang putih atau bawang merah yang juga bisa membuat perut semakin sensitif.

4. Hindari minuman berkafein dan soda

Saat maag kambuh, kita wajib menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, juga minuman bersoda. Pasalnya, minuman ini cenderung menimbulkan gas yang bisa menyebabkan perut kram dan diare.

Selain itu, minuman berkafein bisa memperburuk keparahan gejala refluks asam lambung (GERD)

Jadi, pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein, seperti teh herbal, susu, atau air putih. Atau jika Kamu penggemar teh atau kopi dan sulit untuk menahannya, batasi asupannya sekitar satu atau dua gelas sehari.

5. Hindari minum susu

Kalsium merupakan salah satu zat esensial yang diperlukan dalam tubuh, umumnya didapatkan dari susu atau keju. Namun, untuk orang dengan intoleransi laktosa, konsumsi produk berbahan dasar susu dapat menyebabkan diare, perut kembung dan kram.

Susu merupakan kelompok makanan yang sulit dicerna karena adanya kandungan laktosa. Bila laktosa tidak dicerna dengan benar, hal ini dapat menyebabkan perut kembung.

6. Konsumsi yogurt

Bakteri baik probiotik yang ada di dalam usus terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan, salah satunya adalah membantu meringankan iritasi usus besar dan diare.

Karena itulah, kita bisa mengonsumsi probiotik dari suplemen atau dengan makan yoghurt. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi yoghurt setiap hari ketika sakit maag kambuh sampai empat minggu setelahnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/24/052500520/panduan-memilih-makanan-bagi-penderita-maag-
Read More

Ngeri! Siswa SMA di Amerika Bunuh Teman Sekelasnya Pakai Pistol

AsalasahSeorang murid sekolah berusia 15 tahun membunuh dua teman sekelasnya dan melukai 17 orang lainnya, dalam insiden penembakan massal di atrium yang ramai, di SMA Marshall County, Kentucky, Amerika Serikat, Selasa (23/1/2018).

"Dia tahu apa yang dia lakukan," kata Alexandria Caporali, salah satu murid yang berlari ke ruang kelas saat teman sekelasnya jatuh ke lantai karena terkena tembakan.
"Satu demi satu ditembak. Anda bisa melihat tangannya menarik pelatuk (pistol)," tambahnya.

Menurut keterangannya, remaja pria itu terus menembak hingga pelurunya habis dan mencoba kabur. Polisi menahan pelaku penembakan beberapa saat kemudian.

Dengan keadaan terborgol, murid sekolah tersebut dibawa ke kantor polisi dan bakal menghadapi dakwaan pembunuhan dan percobaan pembunuhan.

Pihak berwenang tidak merilis indentitas pria bersenjata yang bertanggung jawab atas peristiwa penembakan di sekolah. Polisi juga tidak memberikan rincian tentang motif penembakan.

Polisi negara bagian Kentucky, Michael Webb, mengatakan penyidik akan menginvestigasi latar belakang pelaku.

"Dia ditangkap oleh polisi di lokasi penembakan, di sekolah ini, sebelum ada nyawa yang melayang lagi," katanya.

Dua korban tewas masing-masing berusia 15 tahun. Salah satunya seorang perempuan yang tewas di tempat kejadian, dan seorang remaja pria yang meninggal di rumah sakit.
Sebanyak 17 murid terluka, 12 di antaranya terkena peluru. Sementara, lima lainnya terluka saat ratusan murid sekolah mencoba melarikan diri dari sekolah.

Banyak murid yang melompat ke mobil, berlari melintasi lapangan, dan berada di jalan raya. Beberapa terus berlari dan berhenti di restoran McDonald's sejauh 1,6 km.

Orangtua murid meninggalkan mobil mereka di kedua sisi jalan dan dengan putus asa berusaha mencari anak mereka di sekolah.

Serangan tersebut menandai penembakan massal pertama di sekolah yang fatal tahun ini. Kelompok anti-kekerasan, Everytown for Gun Safety, telah menghitung setidaknya ada 283 penembakan di sekolah sejak 2013.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2018/01/24/08075471/penembakan-massal-oleh-remaja-15-tahun-di-as-2-tewas-dan-17-terluka
Read More