Bagaimana Akibat Kecanduan Teknologi ?

Kemudahan teknologi yang semakin canggih, ternyata membuat dampak buruk bagi manusia. Menurut riset, rata-rata orang yang berkutat dengan teknologi 48 jam tanpa interaksi sosial menyebabkan efek buruk, yaitu rasa kesepian.

Survei yang dilakukan perusahaan marketing digital DNX mengungkapkan, setidaknya 3 % orang dewasa mengalami apa yang disebut dengan kelompok 'digital dominan'.

Digital dominan adalah, dimana seseorang menghabiskan 48 jam waktunya secara teratur dengan teknologi komunikasi seperti SMS, email atau video chat tanpa berinteraksi dengan orang lain secara fisik.

Survei ini sendiri melibatkan 1.000 koresponden di Inggris. Hasilnya, sebanyak 19 % diantaranya tahan tidak melakukan interaksi tanpa berhubungan langsung selama 2 hari. Inilah yang memicu efek buruk rasa kesepian.

"Teknologi memang sangat membantu kita. Namun, hal ini seharusnya tak menggantikan seni percakapan dan kontak manusia," kata Drew Nicholson dari DNX,

“Ini menjadi tren yang mengkhawatirkan. Tak bisa sepenuhnya terlibat dengan era digital adalah suatu halangan dalam masyarakat modern,” tandasnya.

Sumber