Butuh 75 Ribu Pekerja Untuk Produksi 9 Juta Galaxy S III

Samsung mencatat sukses besar dengan laporan yang menyebutkan bahwa pemesan awal untuk Galaxy S III mencapai 9 juta unit. Hasil tersebut menjadikan gadget ini sebagai salah satu penjualan tercepat yang pernah ada.

Sembari menunggu Galaxy S III hadir secara perdana di seluruh dunia, menarik bila menghitung-hitung berapa pekerja untuk memproduksi 9 juta ponsel tersebut dalam sebulan.

Blog teknologi ExtremeTech pun coba mencari tahu, dengan hitung-hitungan kalkulator ditambah mengumpulkan beberapa data pekerja Samsung. Hasilnya, perusahaan asal Korea Selatan itu membutuhkan setidaknya lebih dari 75 ribu pekerja untuk membuat 9 juta Galaxy S III.

Lalu bagaimana cara menghitungnya?

Sebagai perbandingan Extremetech pernah mengutip salah seorang pekerja Foxconn yang mengatakan sehari setidaknya 3.500 iPhone berhasil dirakit. Dengan hitungan sederhana, diperkirakan dalam sebulan, 640 pekerja Foxconn mampu memproduksi 84 ribu iPhone

Kembali ke Galaxy S III, diketahui Samsung mempunyai 60 lini produksi dengan total pekerja mencapai 38.400 orang. Ini artinya, para pekerja di Samsung bisa memproduksi sekitar 5 juta ponsel dalam sebulan. Dari jumlah tersebut tinggal dikalikan dua saja, yakni 76.800 pekerja untuk sekitar 9 juta lebih handset.

Penting untuk mengetahui bahwa suku cadang yang digunakan di Samsung Galaxy S III dari layar OLED, prosesor exynos quad-core, RAM hingga NAND flash, semua dibuat oleh Samsung.

Beberapa point menarik lainnya yang disebutkan oleh ExtremeTech termasuk perbedaan gaji besar antara pekerja China dan Korea soal perakitan Apple iPad. Pekerja di China mendapatkan USD 8 per iPad, sementara para pekerja di Korea melakukan pekerjaan yang sama menerima USD 34 per tablet.

Upah bulanan rata-rata untuk pekerja Foxconn China adalah USD 400, sedangkan USD 2.000 untuk para pekerja Korea. Asalasah

Sumber