Selamat Ulang Tahun Ya You Tube

Pengguna internet mana yang tak kenal dengan situs berbagi video YouTube? Sebagian besar hampir dipastikan mengenalnya. Nah, di bulan Mei ini, YouTube telah berusia 7 tahun sejak pertama kali diperkenalkan.

Berawal pada tahun 2005, YouTube adalah situs kecil yang kemudian menjadi raksasa setelah diakusisi Google pada 9 Oktober 2006. YouTube kini menjadi bagian dari gaya hidup dengan segudang informasi.

Dalam perjalanannya, YouTube terus berkembang, saat ini setidaknya 72 jam video di-upload setiap menitnya, naik dari 48 jam setiap menit pada tahun lalu. Tak hanya versi desktop, YouTube pun bisa disaksikan melalui perangkat genggam seperti ponsel. Jumlah pengunjungnya pun mengalami kenaikan yang signifikan, tercatat 600 juta playback tiap harinya.

Dalam catatan, per Januari lalu, lebih dari 4 miliar video ditonton setiap harinya. Dari hasil tersebut, setidaknya 800 juta pengguna di seluruh dunia pernah melihat YouTube. Secara umum video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), potongan film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

YouTube pun memiliki dampak sosial, tidak hanya sebagai situs hiburan namun juga memperlihatkan kehidupan sehari-hari yang tidak luput dari perhatian media massa. Dampak sosial ini pula yang membuat YouTube diblokir di beberapa negara.

Berikut video perayaan 7 tahun YouTube.

Sumber