Cara Memprediksi Kecerdasan Anak Sejak Dini

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/cara-memprediksi-kecerdasan-anak-sejak.html
Asalasah ~ IQ seorang anak dapat ditentukan oleh berapa berat badannya saat bayi pada bulan pertama kelahirannya. Bayi yang memiliki berat badan lebih besar dengan pertumbuhan kepala yang cepat pada bulan pertamanya akan memiliki IQ yang lebih tinggi ketika mereka mulai bersekolah.

Seperti dilansir oleh situs Daily Mail, hal ini terjadi karena lingkar kepala merupakan indikator volume otak yang berarti kepala besar menunjukkan otak besar. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa keuntungan yang didapat bayi tersebut pada bulan pertamanya dapat menentukan IQ-nya saat dewasa.


Para peneliti di University of Adelaide, Australia, mempelajari 13.800 kelahiran anak. Mereka menemukan bahwa bayi yang tumbuh sebesar 40 persen dari berat lahir mereka dalam empat minggu pertama memiliki IQ 1,5 poin lebih tinggi daripada mereka yang hanya tumbuh 15 persen dari berat lahir mereka. Mereka yang mengalami pertumbuhan terbesar dalam lingkar kepala juga memiliki IQ tertinggi pada usia 6 tahun.

“Lingkar kepala merupakan indikator volume otak, sehingga peningkatan yang lebih besar dalam lingkar kepala pada bayi yang baru lahir menunjukkan pertumbuhan otak lebih cepat,” kata penulis utama studi tersebut, Dr Lisa Smithers. “Secara keseluruhan, anak-anak yang baru lahir dan tumbuh cepat dalam empat minggu pertama memiliki skor IQ lebih tinggi di kemudian hari.”

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/06/20/060489754/Begini-Cara-Memprediksi-Kecerdasan-Anak