Ditemukan Adanya Ratusan Kawah Tersembunyi di Bulan

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/ditemukan-adanya-ratusan-kawah-tersembunyi-di-bulan.htmlAsalasah ~ Sejumlah ilmuwan Australia mengatakan telah menemukan sekitar 280 kawah baru di bulan. Temuan baru itu, menurut mereka, bisa menjelaskan sejarah terbentuknya satelit alami Bumi tersebut.

Memadukan data gravitasi dan topografi bulan hasil pantauan beberapa satelit, yang kemudian diproses menggunakan sebuah model komputer, para peneliti dari Curtin University itu mengklaim menemukan dua cekungan di sisi gelap Bulan.

Setelah itu mereka membuat sebuah citra beresolusi tinggi untuk menemukan "280 calon kawah baru" yang mereka duga sebagai kawah.

"Masih banyak kawah yang belum dipetakan menggunakan observasi optikal atau hanya dari bentuk topografi," kata Will Featherstone, salah satu ilmuwan dalam penelitian itu.

"Kami baru mengaplikasikan teknik ini untuk menambah pengetahuan akan kawah yang tidak mudah untuk dilihat," imbuh dia.

Dia juga menjelaskan bahwa data yang dikumpulkan dari hasil analisis gravitasi dan topografi itu hanya "indikasi kuat" yang masih perlu diinvestigasi lebih lanjut.

Featherstone mengatakan dalam riset itu dia dan rekan-rekannya meneliti permukaan bulan, baik sisi terang maupun gelapnya. Meneliti sisi gelap Bulan, lebih menantang karena tidak bisa dengan mudah dipantau dari Bumi.

Untuk mengakali tantangan itu, mereka mengumpulkan berbagai data yang diambil dari sejumlah misi satelit, yang memang bertugas untuk menelusuri dan mengitari Bulan.

Dari 280 calon kawah yang diidentifikasi, para peneliti sudah menggolongkan 66 di antaranya ke dalam kelompok yang bisa dilihat dengan jelas.

"Ini bisa membantu penelitian tentang Bulan dan sejarah terbentuknya Bulan serta sistem tata surya," tambah Featherstone.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.beritasatu.com/sains/120784-peneliti-australia-temukan-ratusan-kawah-tersembunyi-di-bulan.html