Faktor Penting Pendukung Kebahagiaan Sang Ayah

Ilsutrasi suami mengerjakan tugas rumahan. Asalasah ~ Pasangan suami-istri yang berbagi tugas merawat rumah dan anak menunjukkan tingkat kebahagiaan dan kualitas pernikahan yang baik, demikian hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Family Issues, dikutip dari Medical Daily, Senin (17/6).

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Missouri, AS itu, ada dua faktor yang memengaruhi kualitas pernikahan, yakni suami dan istri menghabiskan cukup waktu dengan anak dan membantu mengerjakan tugas-tugas di rumah (merawat rumah, mencuci baju, dan sebagainya).

Diterangkan salah satu peneliti, Adam Galovan, dari survei terhadap 160 pasangan itu, kebanyakan istri berpendapat, keterlibatan suami dalam merawat anak dan tugas rumahan amat penting dalam mendongkrak kualitas pernikahan.

Dari kuesioner diketahui, tak penting seberapa besar persentase pembagian kerja dalam perawatan anak dan rumahnya, asalkan suami dan istri sama-sama punya tanggung jawab dalam merawat rumah serta anak (tidak hanya satu pihak yang bertanggung jawab atas kedua hal itu). Bila suami dan istri punya tugas dan tanggung jawab di rumah, serta disiplin menjalaninya, maka nilai kebahagiaan pasangan itu cukup tinggi.

Laurie Gerber, pemimpin lembaga pelatihan kepribadian di New York, dikutip dari Medical Daily mengatakan, bila seorang lelaki ingin mendapat hormat dari istrinya, maka si suami harus mau menjalani tugas di rumah. Perempuan butuh bantuan, sayangnya lelaki tidak secara intuitif menyadarinya.

Gerber menyarankan agar para istri mengungkap serta mengajak pasangannya membicarakan hal ini sejak awal pernikahan, jangan berdiam diri dan menunggu si suami paham dengan sendiri. Demikian dengan suami, tidak juga pura-pura menganggap si istri bisa mengatasi segalanya. Butuh kedua pihak untuk memastikan pernikahan berjalan dengan sehat dan baik.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.beritasatu.com/gayahidup-keluarga/120157-faktor-penting-dalam-kebahagiaan-ayah.html