Game Seru Buat Anak Selama Perjalanan Liburan

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/game-seru-buat-anak-selama-perjalanan-liburan.htmlAsalasah ~Apakah liburan anda berikutnya akan menempuh ratusan kilometer di jalan? Di libur akhir pekan yang panjang, memang banyak orang yang berpergian ke luar kota untuk mengganti suasana dan melepas kebosanan.

Namun, terjebak di dalam mobil dengan anak dalam perjalanan panjang bisa menjadi sangat melelahkan. Saat ia bosan, si kecil menjadi resah dan rewel. Salah satu cara terbaik untuk mencegah sang anak mengeluh adalah dengan bermain game. Berikut adalah beberapa game yang bisa membuat perjalanan terasa lebih cepat.

20 Questions
Ini adalah permainan tanya-jawab yang sangat klasik. Setiap pemain harus menebak apa yang ada di pikiran pemain lainnya dengan menggunakan pertanyaan yang bisa dijawab oleh ya atau tidak. Pemain pertama yang menebak dengan benar akan mendapatkan kesempatan untuk menjawab di ronde berikutnya.

Memory Game
Mulailah dengan mengatakan sesuatu seperti, "Aku akan pergi ke taman, dan di tas saya ada....” Pemain pertama menyatakan benda yang dimulai dengan huruf A, dan pemain berikutnya mengulang benda tersebut dan menambahkan satu benda lagi yang dimulai dengan huruf B. Teruslah bergiliran sampai pemain membuat kesalahan dan hanya ada satu orang pemain yang tersisa.

Who Are They?
Pilihlah satu orang dari orang banyak yang ada di sekitar Anda, lalu ajaklah anak Anda untuk menciptakan cerita tentang orang itu. Siapakah dia? Kemanakah dia ingin pergi? Kenapa?

Geography lesson
Pemain pertama memberikan sebuah lokasi geografis (kota, negara, pegunungan), yang kemudian harus dilanjutkan oleh pemain kedua. Lokasi yang disebutkan oleh pemain kedua harus dimulai dengan huruf terakhir dari lokasi geografis pemain pertama. Jadi jika orang pertama mengatakan “London” orang kedua bisa mengatakan “New Delhi.” Pemain ketiga harus melanjutkan dengan lokasi yang bermulai dengan “I”.

Road Trip Scavenger Hunt
Buatlah daftar hal yang harus dicari oleh sang anak pada saat perjalanan. Jika anda melewati daerah pedesaan, anda mungkin bisa memasukkan hal-hal seperti sapi atau traktor.

The Acronym Game
Pemain pertama memberikan tiga huruf, dan pemain yang lainnya harus memberikan kepanjangan (ekspresi atau organisasi) dari huruf tersebut. MTA? Mau Tau Aja

Yes or No
Seseorang dilarang untuk menggunakan kata-kata “ya” dan “tidak”. Pemain lainnya harus menjerat orang tersebut untuk mengucapkan kata-kata yang sudah dilarang tersebut. Jika mereka menyukai sepakbola, cobalah tanyakan pertanyaan seperti,” Waktu itu Brasil menang Piala Dunia 2010 kan?”

Three for a Pig
Untuk membuat anak-anak sibuk satu sama lain, sehingga anda bisa berkonsentrasi saat mengemudi, cobalah permainan ini. Setiap pemain melihat keluar jendelanya masing-masing, tujuannya adalah untuk mencari berbagai hewan yang bisa dilihat pada saat perjalanan. Poin akan ditambahkan setiap kali anda melihat hewan. Babi dan sapi mendapatkan tiga poin, dan domba satu poin.

Keep the Beat

Putarlah lagu yang populer. Pemain pertama akan bernyanyi bersama lagu tersebut. Tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu, pengemudi akan mematikan lagu untuk beberapa detik, tetapi pemain pertama harus melanjutkan lagunya. Jika penyanyi masih bernyanyi sesuai dengan nada dan ritmenya, pemain boleh maju ke ronde selanjutnya. Teruslah bergiliran sampai ada satu pemenang.
Fizz Buzz
Sebuah permainan berhitung untuk anak-anak dan orang dewasa. Setiap pemain akan bergiliran menghitung ke atas. Setiap kali ada kelipatan tiga, anda harus mengatakan “Fizz” dan “Buzz” jika ada kelipatan lima. Jika ada kelipatan dari keduanya seperti 15, pemain harus mengatakan “Fizz Buzz”. Pemain yang bisa menghitung tertinggi akan menang.

Roadway Bingo
Setiap pemain akan diberikan warna secara acak, dan pemain pertama yang melihat 10 mobil dengan warna tersebut boleh meneriakkan “Bingo!”. Untuk versi yang lebih susah, buatlah daftar berisi 10 benda yang mungkin ada pada saat perjalanan.

Alliteratives
Pemain pertama akan memberikan suatu kata. Pemain berikutnya akan melanjutkan dengan menambahkan satu kata lagi, dengan aturan setiap kata yang ditambah harus dimulai dengan huruf yang sama dengan kata pembuka. Setiap orang harus mengulang seluruh kalimat jika mereka ingin menambahkan kata mereka. Buatlah kalimat selucu yang anda bisa, contoh: Saya Sally Suka Sungkem Sama Sapi-sapi.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.beritasatu.com/anak/120329-12-permainan-hilangkan-kebosanan-anak-di-perjalanan.html