Kegemukan Resmi Dianggap Sebagai Sebuah Penyakit

Kegemukan Dipastikan Sebagai Penyakit?
Asalasah ~ Asosiasi Medis Amerika Serikat (AMA) mendeklarasikan kegemukan sebagai penyakit, Selasa 18 Juni 2013. Deklarasi ini dilakukan setelah terungka fakta dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), bahwa 78 juta orang dewasa dan 12 juta anak Amerika mengalami kegemukan.

"Memutuskan kegemukan sebagai sebuah penyakit dapat membantu mengubah cara komunitas medis menangani isu yang cukup kompleks dan sangat berpengaruh terhadap satu dari tiga warga Amerika," ujar Dokter Patrice Harris, anggota AMA, Selasa 18 Juni 2013.

Selasa adalah waktu dimana para profesional di bidang medis mengambil suara untuk menentukan bahwa indeks masa tubuh di atas 30 sebagai patokan kelebihan berat badan dan tidak sehat bagi tubuh. Indeks masa tubuh juga dijadikan patokan bagi para dokter untuk merekomendasikan program penurunan berat badan secara langsung.

Selain menyepakati kegemukan sebagai sebuah penyakit, asosiasi medis amerika juga membuat kesepakatan bersama mengenai diagnosa dan analisa kegemukan dengan menggunakan standar yang baku. AMA juga menyebut kegemukan sebagai kondisi penting atau kronis yang harus segera ditangani. Sebelum adanya kesepakatan ini, gejala kegemukan sangat sulit ditentukan.

"Dengan apa yang telah disepakati hari ini (Selasa), paramedis sudah dapat mengetahui apa tindakan utama yang harus diambil dan melihat obesitas sebagai permasalahan sikap," ujar Dokter Rexford Ahima dari Divisi Diabetes, Obesitas, dan Metabolisme Universitas Pensylvania.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/06/20/060489686/Kegemukan-Dipastikan-Sebagai-Penyakit