Mencoba Aplikasi Google Glass Untuk Android

Asalasah ~  Ingin tahu seperti apa rasanya memakai perangkat Google Glass? Sayangnya, meski mungkin banyak yang penasaran dengan hal tersebut, hanya sedikit orang yang bisa menjajal kacamata pintar itu di luar segelintir pengembang aplikasi (developer) yang menerimanya beberapa waktu lalu.

Namun, seperti dikutip dari Android Authority, seorang developer bernama Zhuowei Zhang telah berbaik hati memasukkan fungsi-fungsi Google Glass dalam sebuah aplikasi yang bisa dijalankan dengan perangkat Android. Aplikasi berbentuk paket installer.apk tersebut bisa diunduh dari alamat https://github.com/zhuowei/Xenologer.

Seperti biasa, untuk menjalankan file.apk yang dipanggil "Glass Home" ini, perangkat Android mesti diizinkan untuk meng-install aplikasi dari sumber selain Play Store melalui pengaturan sekuriti di menu "Settings". Perangkat Android pun disyaratkan memakai sistem operasi versi 4.0 atau lebih baru.

Nah, begitu dijalankan, aplikasi yang bersangkutan akan menampilkan simulasi layar Homescreen pada Google Glass, lengkap dengan tampilan jam yang diproyeksikan ke layar di depan mata pengguna pada kacamata pintar tersebut.

Untuk mengakses menu, pengguna bisa menggunakan perintah suara dengan mengatakan "Ok Glass". Perintah-perintah suara juga dipakai untuk menjalankan fungsi lainnya. Modul kamera, hangout, dan maps juga bisa diunduh.

Sebagai simulasi yang menempatkan fungsi Google Glass di luar "habitat aslinya", aplikasi ini tak luput dari berbagai kekurangan. Beberapa pengguna melaporkan sejumlah kesalahan fungsi, seperti rekaman video yang tidak bisa dihentikan, menu yang tak bisa diakses, hingga smartphone yang menjadi "hang" dan terpaksa "restart".

Baca Juga: