Mengapa Balon yang Kita Tiup Tidak Bisa Terbang?

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/mengapa-balon-yang-kita-tiup-tidak-bisa.htmlAsalasah ~ Karena tidak punya sayap? Haa? ayoo. Mengapa Balon Yang Kita Tiup Tidak Terbang? - Pastinya menyenangkan jika kita bisa kembali ke masa kecil kita, kita bisa bermain dengan riang. Bermain balon, menaikkan layangan ataupun permainan lainnya. Ngomong ngomong soal balon, pastinya kita ingat bagaimana rasanya meniup balon sehingga bisa berubah ke bentuk yang lebih besar lagi. Nah pastinya akan timbul pertanyaan mengapa balon yang kita tiup tersebut tidak bisa terbang? Seputar Fakta Seru akan membahas ini semua

Balon Yang Kita Tiup Tidak Terbang

Hore balon telah mengembung, tapi mengapa ya kok tidak bisa terbang tinggi? Tahukah kita mengapa kalau kita meniup sebuah balon melalui mulut tidak bisa terbang? Jawabnya adalah mudah, karena massa balon yang kita tiup tersebut mempunyai massa yang lebih berat daripada massa udara. Sewaktu kita tiup balon dengan mulut kita, tidak saja angin yang masuk tetapi juga karbondioksida, uap, dan juga air liur yang masuk dalam balon tersebut.

Karena semua itu masuk ke dalam balon, jelasnya balon tetap mengembung tetapi massa balon tersebut akan menjadi lebih besar daripada udara. Hal ini akan berkebalikan jika kita tiup balon dengan gas helium, maka balon tersebut dapat melayang terbang karena gas helium tersebut mempunyai massa yang lebih kecil daripada massa udara. Nah sudah tahukah mengapa balon yang kita tiup tidak terbang?

Baca Juga: