Ramuan Makanan Super Untuk Lawan Sel Kanker

Asalasah ~ Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kanker payudara akan meningkat.

Dikhawatirkan, satu dari delapan wanita akan mengalami risiko mengembangkan penyakit ini dalam hidupnya. Dewan Riset Medis India (ICMR) juga menyimpulkan bahwa selama dua dekade terakhir telah terjadi peningkatan drastis dalam statistik yang berkaitan dengan wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara.

Seperti diberitakan Times of India, di banyak negara, kanker payudara telah dinyatakan sebagai bentuk kanker paling banyak menyebabkan kematian pada wanita selain kanker serviks.

Melakukan deteksi dini dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan bukan hanya menjadi kewajiban wanita untuk mencegah penyakit ini. Bahkan melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa melawan sel-sel kanker ganas lebih awal juga mulai dianjurkan untuk para wanita saat ini.

Tina Sapra, ahli gizi klinis senior & koordinator dari Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, konsultasi gizi, Kesehatan Metropolis, Mumbai, memberi wawasan tentang makanan yang dapat mencegah wanita mengalami risiko kanker payudara.

Para dokter mendiskusikan kelompok usia yang paling rentan terhadap penyakit dan juga memberitahu tentang makanan yang harus dihindari dalam diet harian untuk menjaga pertumbuhan sel kanker semakin menyebar.

Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk mencegah Kanker Payudara:

Biji rami
Biji rami mengandung omega-3, lignan, dan serat yang ditemukan dalam biji rami ditemukan bermanfaat membentuk perisai pelindung terhadap sel kanker penyebab kanker payudara. Sertakan selalu biji rami dalam menu diet Anda. Bisa juga dicampur ke dalam yoghurt atau tambahkan biji rami untuk salad.


Kacang Brazil http://asalasah.blogspot.com/2013/06/ramuan-makanan-super-untuk-lawan-sel.html
Uniknya kacang ini: kaya selenium, serat, dan phytochemical yang dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor. Menikmati kacang ini bisa dicampur dengan kacang lainnya atau, dengan buah-buahan dan bisa juga dicampur dalam menu sup asparagus (mengandung komponen antikanker, klorofil).


Bawang putih

Bawang putih kaya akan sumber senyawa yang bisa melawan kanker disebut, allium. Bawang putih juga jenis bawang lainnya termasuk bawang merah dan daun bawang juga diketahui mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara, antara lain bentuk kanker seperti kolorektal dan kanker prostat.
Menghancurkan atau menelan sepotong bawang putih setiap pagi, diyakini bisa membantu Anda bebas dari kanker.
[/size]


Delima
Buah ini sangat dianjurkan bagi para wanita yang ingin bebas dari kanker payudara. Delima mengandung polifenol-asam ellagic dengan anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan kanker. Sertakan buah lezat ini dalam menu diet harian Anda dan temukan manfaat kesehatan yang efektif.


Sayuran berdaun hijau
Dari kangkung, kubis, bayam dan lobak Swiss, juga sayuran berdaun hijau mungkin dianggap sebagai "one stop shop" untuk semua nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkis sel kanker. Sayuran ini mengandung serat, vitamin B, fitokimia, klorofil dan banyak lagi. Sudah waktunya untuk menambahkan beberapa sayuran untuk diet Anda.

Ikan salmon

Sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D dapat diperoleh dari salmon. Mengkonsumsinya secara teratur, bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis vitamin B12 (Methylcobalamin) yang terkandung dalam salmon, terbukti efektif dalam pengobatan kanker.

Salmon mudah diolah, bisa dikukus, panggang, atau tumis. Bisa juga dijadikan bahan campuran untuk membuat tumis sayuran yang dipadu dengan bumbu rempah yang menyehatkan.


Brokoli

Brokoli kaya akan sulforophane dan indoles, yang ditunjukkan bermanfaat untuk mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai kanker, termasuk payudara, kandung kemih, limfoma, prostat dan kanker paru-paru.

Teh hijau

Konsumsi secara teratur minuman ini, bisa meminimalisir jumlah penderita kanker payudara. Kandungan phytochemical dalam teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan. Satu sampai dua cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu Anda menjaga tetap sehat dan terhindar dari kanker.

Merica

Kebanyakan merica mengandung fitokimia atau nutrisi yang akan membantu melawan kanker. Cabai dan paprika juga diyakini mengandung capsaicin (komponen aktif dari cabe) yang melawan laju pertumbuhan sel kanker. Paprika hijau kaya klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker ditemukan dalam usus. Paprika merah memiliki keduanya, capsaicin dan karotenoid antioksidan.

Kunyit
http://asalasah.blogspot.com/2013/06/ramuan-makanan-super-untuk-lawan-sel.html
Rempah-rempah berwarna kuning yang biasa digunakan untuk bumbu masak ini juga diyakini mampu melawan kanker. Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin dapat menghambat berbagai jenis sel kanker, termasuk payudara, paru-paru gastrointestinal, dan kanker kulit. Satu ruas kunyit dibubuhkan dalam setiap masakan bisa membantu tubuh melawan sel penyebab kanker.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/510f062b8327cf383b000006/makanan-super-pembasmi-kanker-payudara