Tanda-Tanda Wajah Yang Kekurangan Gizi

Asalasah ~ Wajah tak cuma bisa menggambarkan ekspresi seseorang saja. Lebih dari itu, raut dan kondisi wajah Anda juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda, terutama yang dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang disantap setiap harinya.

1. Wajah bengkak
Wajah yang membengkak disebabkan karena kurang berolahraga dan terlalu banyak minum minuman beralkohol. Jika diminum dalam batas yang tepat, minuman beralkohol memang bisa berpengaruh baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak dan tak diimbangi dengan olahraga, akan berefek buruk untuk kesehatan dan penampilan.

Dokter bedah plastik, dr Michael Prager, mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol terlalu banyak akan meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. "Hormon ini akan menyebabkan timbunan lemak terkumpul di area wajah, khususnya di pipi, sehingga terlihat bengkak," ungkapnya.

Ia menambahkan, orang yang malas bergerak punya risiko yang lebih tinggi untuk mengalami hal ini, sekalipun ia jarang minum alkohol. Akibatnya, wajah -khususnya pipi, dahi dan mata- akan terlihat lebih gemuk. Karena kulit yang menggelembung ini, Anda akan terlihat tak memiliki batas jelas antara rahang dan leher. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga agar sirkulasi darah ke kulit berjalan lancar dan produksi kolagen juga meningkat.

2. Wajah pucat dan bibir pecah-pecah

Masalah ini merupakan bagian dari gejala kekurangan asupan sayuran hijau. Ross Whitehead, peneliti dari University of St Andrews, mengungkapkan bahwa sayuran dan buah memiliki pigmen warna yang disebut karotenoid. Pigmen ini yang berfungsi untuk memberi sayur dan buah ini warna-warna yang menarik. "Ketika kita menyantap sayur berwarna ini, pigmen tersebut juga akan masuk ke dalam tubuh dan membuat kulit jadi bercahaya dan tak pucat," ungkapnya.

Sedangkan kekurangan vitamin D dan B bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Jika sudah begini, jangan andalkan lipgloss atau pelembab bibir saja. Sebaliknya santap kacang-kacangan, buah, dan juga paprika untuk mengatasinya.

3. Dark spot

Saat makan, Anda pasti kesulitan untuk mengontrol asupan gula yang masuk. Gula memang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Namun, jika terlalu banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, kulit akan mengeluarkan reaksi berupa noda hitam. Yang berbahaya adalah, jika noda hitam di kulit ini sudah mencapai leher, maka bisa jadi ini adalah pertanda awal diabetes.

4. Wajah kurus tapi tatapan kosong
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan diet. Namun ketika terlalu berlebihan, maka justru akan berbahaya. "Misalnya, olahraga lari. Lari memang bagus untuk jantung dan paru-paru, namun ini akan mengikis lemak dari pipi, sehingga membuat pipi jadi cekung dan kempot," ungkap dr Aamer Khan, Direktur Medis dari Harley Street Skin Clinic.

Solusinya, Anda bisa memilih jenis olahraga lainnya seperti yoga atau pilates. Jika masih ingin lari pun tak masalah, tapi batasi jarak dan waktu Anda saat berlari.

Baca Juga:  
Sumber: http://female.kompas.com/read/2013/05/21/21533396/Kenali.Tanda.Kurang.Gizi.dari.Wajah.Anda