Sejarah Lahirnya Olahraga Bowling

Sejarah Adanya Olahraga Bowling http://asalasah.blogspot.com/2013/04/sejarah-lahirnya-olahraga-bowling.htmlAsalasah ~ Bowling adalah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan atau melemparkan bola dengan menggunakan tangan. Bola bowling akan dilemparkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas...

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tinggal. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tinggal disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang diperolehi dalam setiap permainannya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.

Bowling, yang nama resminya adalah 10-pin-bowling, merupakan sebuah olahraga sekaligus permainan yang cukup fun untuk tua maupun muda. Tujuan dari bowling adalah menjatuhkan kesepuluh pin di ujung lane dalam maksimum 2 lemparan bola. Panjang lane adalah 60 kaki (18,28 m) dan lebarnya 3,5 kaki (1,07 m), dengan 2 buah lajur gutter di kanan-kirinya.

Di Amerika permainan bowling memang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Pada awal-awal kemunculan permainan ini juga memiliki pasang surut. Ada masa-masa dimana orang-orang mulai berjudi untuk permainan ini. Untuk beberapa waktu, bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru sekitar tahun 1900-an bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika membentuk sebuah organisasi resmi American Bowling Congress.

Diluar dari pada itu, sebenarnya yang pertama kali mempopulerkan olah raga bowling di Amerika adalah orang-orang Belanda yang datang kesana pada tahun 1600-an. Sebelum bernama bowling, permainan ini bernama "Dutch pins". Namun di negeri kincir angin bowling juga tidak begitu saja ada, mereka mengenalnya dari orang-orang Inggris pada awal tahun 1100-an. Didaratan Eropa tidak hanya dua negara ini saja yang mengenal bowling, Jerman juga memiliki permainan sejenis. Dengan menggunakan bola dan 9 buah tongkat kayu yang disebut "Keglers", hingga saat ini kebanyakan orang Jerman menyebut pin dengan keglers.

Yang cukup menarik dari sejarah bowling, para arkeolog menemukan sejenis bola, pin dan peralatan lain untuk bermain bowling dipemakaman anak-anak Mesir yang berumur 5200 sebelum Masehi. Berdasarkan fakta tersebut membuktikan bahwa orang-orang Mesir sudah mengenal bowling sejak berabad-abad lalu.

Cara untuk melemparkan bola di sepanjang lane tidak diatur secara khusus, selama bola dilempar dengan posisi pemain tidak melewati garis batas. Anda boleh melemparnya dengan memegang bola dengan kedua tangan dan mengayunkannya dari antara kedua kaki Anda, tapi cara itu cenderung minus dari segi tenaga lemparan dan gaya. Umumnya, bola dipegang menggunakan 1 tangan, di mana jari tengah, jari manis serta ibu jari dimasukkan ke dalam ketiga lubang yang ada di bola. Berdirilah tegak, posisikan bola di depan badan, kira-kira setinggi pinggang, dan gunakan tangan satunya yang bebas untuk menopang berat bola. Melangkah ke depan sambil mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang untuk mengumpulkan momentum, lalu ayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola ke lane menuju 10 pin yang menunggu di ujungnya, dan pastikan Anda tidak melewati garis batas.

Jika Anda perhatikan di televisi, kebanyakan pemain bowling tidak melemparkan bolanya secara lurus di lane, tapi menggunakan hook(lemparan melengkung). Tujuan dari lemparan ini adalah mengenai pin dengan sudut tertentu, yang akan mempertinggi kemungkinan terjadinya strike (jatuhnya kesepuluh pin dengan lemparan pertama).Anda pun bisa melatih gerakan pergelangan tangan dan jari Anda saat melepas bola untuk menciptakan lemparan bola melintir yang akan berubah arah saat meluncur di lane, alias hook.

Baca Juga:  
Read More

Contoh Penggunaan Aljabar Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Asalasah ~ Pasti anda sering sekali bertanya - tanya, terutama pelajar, apasih sebenarnya fungsi aljabar di kehidupan sehari - hari? Sebenarnya aljabar tanpa kita sadari sering sekali dan melekat pada kehidupan sehari - hari kita, kita bisa dengan cepat menyelesasikan masalah persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, masalah aritmetika sosial, bahkan kita juga bisa menggunakan perbandingan untuk menyelesaikan suatu masalah, masih terlihat tidak familiar ? Berikut contoh simplenya di kehidupan sehari - hari :

Coba perhatikan gambar di atas. Aktifitas yang dilakukan oleh orang-orang pada gambar di atas banyak sekali, ada yang melakukan aktifitas jual-beli, baik menggunakan uang atau sistem barter. Dengan cepat mereka bisa menghitung keuntungan ataupun kerugian yang mereka dapat. Selain contoh di atas kita juga bisa mengambil contoh lainnya. misalnya saja ada seorang developer yang ingin membeli tanah untuk membangun perumahan, developer itu bisa memperkirakan berapa luas tanah yang harus dibeli, dan berapa jumlah rumah yang harus dibangun supaya bisa mendapat keuntungan, dan bahkan saat anda kebingungan untuk memilih jajanan atau menu makan siang yang mengenyangkan dengan sejumlah uang, secara tidak langsung keputusan yang anda ambil adalah contoh penggunaan aljabar pada setiap harinya, ataupun membagi uang saku yang orang tua anda berikan , contoh:

Uang saku Opiq 2.000 rupiah lebih banyak dari adiknya. Setiap hari Ibunya memberi uang pada Opiq dan adiknya setinggi-tingginya 15.000 rupiah. Tentukan batas maksimal uang saku Opiq dan adiknya?

Jawab:

Misalkan uang saku Opiq adalah x, maka uang saku adik adalah (x-2000). Sehingga:
Uang saku Opiq + uang saku adik ≤ 15.000
x + (x-2.000) ≤ 15.000
2x – 2.000 ≤ 15.000
2x ≤ 17.000
x ≤ 8.500
jadi, uang saku Opiq maksimal Rp. 8.500,00, sedangkan uang saku adiknya adalah maksimal Rp. 6.500,00.

Selain perhitungan sederhana seperti di atas, aljabar juga daapt diterapkan dalam menentukan untung-rugi serta presentasenya dalam perdagangan, persentase bunga dan perhitungan-perhitungan utang piutang dalam bidang perbankan, perhitungan skala dalam bidang geografi.

Baca Juga:  
Sumber: http://risalahatiku46.blogspot.com/2013/02/punya-andil-besar-di-kehidupan-sehari.html
Read More

Foto Gunung Garam Buatan Terbesar Yang ada di Jerman

Asalasah ~ Foto: Monte Kali, Gunung Garam Buatan Terbesar di Jerman - Mungkin sudah tidak heran dan bosan juga melihat pemandangan tambak garam di Indonesia, terlebih yang tinggal di kawasan produksi garam.

Tumpukan gunung-gunung garam hasil panen dari tambak seperti gambar di atas tidak ada apa-apanya jika dibandingkan gunung garam yang beri nama Monte Kali, yang terletak di Wintershall Jerman.

Gunung garam Monte Kali mempunyai luas 55 Hektar dengan berat total 150 Juta Ton tumpukan garam. Berada di 530 meter di atas permukaan air laut dan memiliki tinggi lebih dari 200 meter. Tumpukan garam yang menyusun gunung buatan Monte Kali bukanlah jenis garam yang digunakan untuk konsumsi sehari-hari sebagai bahan bumbu olahan makanan.

Berikut Foto Foto Gunung Garam Buatan Monte Kali di Jerman:
http://asalasah.blogspot.com/2013/04/foto-gunung-garam-buatan-terbesar-yang.html
Tumpukan garam di Monte Kali tersebut dikategorikan sebagai 'sampah garam', merupakan sisa pengolahan tambang potash di Wintershall. Tumpukan garam tersebut mengandung 96% sodium chloride.

Proses pembentukan gunung garam Monte Kali dimulai pada tahun 1973. Rata-rata 10 ribu orang per tahunnya berkunjung ke Monte Kali dan melakukan pendakian. Untuk menumpuk garam sampah tersebut digunakan mesin conveyor sepanjang 1,5 KM untuk mengangkut garam sampah tersebut ke puncak gunung dan meratakannya.

Baca Juga:  
Sumber: http://madiunkingdom.blogspot.com/2013/04/foto-monte-kali-gunung-garam-buatan-terbesar-di-jerman.html
Read More

Biografi/Kisah Hidup Dr Yusuf Al-Qaradhawi

http://asalasah.blogspot.com/2013/04/biografikisah-hidup-dr-yusuf-al.htmlAsalasah ~ Dr. Yusuf al-Qaradhawi lahir di Desa Shafat at-Turab, Mahallah al-Kubra, Gharbiah, Mesir, pada 7 September 1926. Nama lengkapnya adalah Yusuf bin Abdullah bin Ali bin Yusuf. Sedangkan al-Qaradhawi merupakan nama keluarga yang diambil dari nama daerah tempat mereka berasal, yakni al-Qardhah. Ketika usianya belum genap 10 tahun, ia telah mampu menghafal Al-Qur'an al-Karim. Seusai menamatkan pendidikan di Ma'had Thantha dan Ma'had Tsanawi, ia meneruskan pendidikan ke Fakultas Ushuluddin Universitas al-Azhar, Kairo,


Hingga menyelesaikan program doktor pada tahun 1973. Untuk meraih gelar doktor di Universitas al-Azhar, Kairo, ia menulis disertasi dengan judul "Zakat dan Pengaruhnya dalam Mengatasi Problematika Sosial". Disertasi ini telah dibukukan dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, termasuk dalam edisi bahasa Indonesia. Sebuah buku yang sangat konprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Sebab keterlambatannya meraih gelar doktor, karena dia sempat meninggalkan Mesir akibat kejamnya rezim yang berkuasa saat itu. Ia terpaksa menuju Qatar pada tahun 1961 dan di sana sempat mendirikan Fakultas Syariah di Universitas Qatar. Pada saat yang sama, ia juga mendirikan Pusat Kajian Sejarah dan Sunnah Nabi. Ia mendapat kewarganegaraan Qatar dan menjadikan Doha sebagai tempat tinggalnya.

Selain itu, pada tahun 1957, Yusuf al-Qaradhawi juga menyempatkan diri memasuki Institut Pembahasan dan Pengkajian Arab Tinggi dengan meraih diploma tinggi bahasa dan sastra Arab.

Dalam perjalanan hidupnya, Qardhawi pernah mengenyam "pendidikan" penjara sejak dari mudanya. Saat Mesir dipegang Raja Faruk, dia masuk bui tahun 1949, saat umurnya masih 23 tahun, karena keterlibatannya dalam pergerakan Ikhwanul Muslimin. Pada April tahun 1956, ia ditangkap lagi saat terjadi Revolusi Juni di Mesir. Bulan Oktober kembali ia mendekam di penjara militer selama dua tahun.

Qardhawi terkenal dengan khutbah-khutbahnya yang berani sehingga sempat dilarang sebagai khatib di sebuah masjid di daerah Zamalik. Alasannya, khutbah-khutbahnya dinilai menciptakan opini umum tentang ketidak adilan rejim saat itu.

Qardhawi memiliki tujuh anak. Empat putri dan tiga putra. Sebagai seorang ulama yang sangat terbuka, dia membebaskan anak-anaknya untuk menuntut ilmu apa saja sesuai dengan minat dan bakat serta kecenderungan masing-masing. Dan hebatnya lagi, dia tidak membedakan pendidikan yang harus ditempuh anak-anak perempuannya dan anak laki-lakinya.

Salah seorang putrinya memperoleh gelar doktor fisika dalam bidang nuklir dari Inggris. Putri keduanya memperoleh gelar doktor dalam bidang kimia juga dari Inggris, sedangkan yang ketiga masih menempuh S3. Adapun yang keempat telah menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Texas Amerika.

Anak laki-laki yang pertama menempuh S3 dalam bidang teknik elektro di Amerika, yang kedua belajar di Universitas Darul Ulum Mesir. Sedangkan yang bungsu telah menyelesaikan kuliahnya pada fakultas teknik jurusan listrik.

Dilihat dari beragamnya pendidikan anak-anaknya, kita bisa membaca sikap dan pandangan Qardhawi terhadap pendidikan modern. Dari tujuh anaknya, hanya satu yang belajar di Universitas Darul Ulum Mesir dan menempuh pendidikan agama. Sedangkan yang lainnya, mengambil pendidikan umum dan semuanya ditempuh di luar negeri. Sebabnya ialah, karena Qardhawi merupakan seorang ulama yang menolak pembagian ilmu secara dikotomis. Semua ilmu bisa islami dan tidak islami, tergantung kepada orang yang memandang dan mempergunakannya. Pemisahan ilmu secara dikotomis itu, menurut Qardhawi, telah menghambat kemajuan umat Islam.

Yusuf Qardhawi dikenal sebagai ulama dan pemikir islam yang unik sekaligis istimewa, keunikan dan keistimewaanya itu tak lain dan tak bukan ia memiliki cara atau metodologi khas dalam menyampaikan risalah islam, lantaran metodologinya itulah dia mudah diterima di kalangan dunia barat sebagai seorang pemikir yang selalu menampilkan islam secara ramah, santun, dan moderat, kapasitasnya itulah yang membuat Qardhawi kerap kali menghadiri pertemuan internasional para pemuka agama di Eropa maupun di Amerika sebagai wakil dari kelompok islam.

Dalam lentera pemikiran dan dakwah islam, kiprah Yusuf Qardhowi menempati posisi vital dalam pergerakan islam kontemporer, waktu yang dihabiskannya untuk berkhidmat kepada islam, bercearamah, menyampaikan masalah masalah aktual dan keislaman di berbagai tempat dan negara menjadikan pengaruh sosok sederhana yang pernah dipenjara oleh pemerintah mesir ini sangat besar di berbagai belahan dunia, khususnya dalam pergerakan islam kontemporer melalui karya karyanya yang mengilhami kebangkitan islam moderen.
Sekitar 125 buku yang telah beliau tulis dalam berbagai demensi keislaman, sedikitnya ada 13 aspek kategori dalam karya karya Qardhawi, seperti masalah masalah : fiqh dan ushul fiqh, ekonomi islam, Ulum Al Quran dan As sunnah, akidah dan filsafat, fiqh prilaku, dakwah dan tarbiyah, gerakan dan kebangkitan islam, penyatuan pemikiran islam, pengetahuan islam umum, serial tokoh tokoh islam, sastra dan lainnya. sebagian dari karyanya itu telah diterjemahkan ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, tercatat, sedikitnya 55 judul buku Qardhawi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

Selain tugas pokoknya sebagai pengajar dan da'i, ia aktif pula dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu saudara-saudaranya, umat Islam, di berbagai belahan dunia.

Mereka berkata tentang Dr. Yusuf Al Qaradawi sebagai berikut :

Hasan al Banna : "Sesungguhnya ia adalah seorang penyair yang jempolan dan berbakat"

Imam Kabir Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz mantan mufti kerajaan Saudi dan ketua Hai'ah Kibarul Ulama berkata: "Buku-bukunya memiliki bobot ilmiah dan sangat berpengaruh di dunia Islam."

Imam al Muhaddits Muhammad Nashiruddin al Albany-ahli hadis terkemuka abad 20 berkata, "Saya diminta (al Qaradhawy) untuk meneliti riwayat hadis serta menjelaskan kesahihan dan ke dha'ifan hadis yang terdapat dalam bukunya (Halal wal Haram). Hal itu menunjukkan ia memiliki akhlak yang mulia dan pribadi yang baik. Saya mengetahui semua secara langsung. Setiap dia bertemu saya dalam satu kesempatan, ia akan selalu menanyakan kepada saya tentang hadis atau masalah fiqh. Dia melakukan itu agar ia mengetahui pendapat saya mengenai masalah itu dan ia dapat mengambil manfaat dari pendapat saya tersebut. Itu semua menunjukkan kerendahan hatinya yang sangat tinggi serta kesopanan dan adab yang tiada tara. Semoga Allah SWT mendatangkan manfaat dengan keberadaannya." Mengapapa pengikut ke-2 syaikh itu tidak mengambil manfaat dari kesaksian mereka?

Imam Abul Hasan an Nadwi - ulama terkenal asal India berkata: "al Qaradhawy adalah seorang 'alim yang sangat dalam ilmunya sekaligus sebagai pendidik kelas dunia."

Al 'Allamah Musthafa az Zarqa', ahli fiqh asal Suriah berkata: "al Qaradhawy adalah Hujjah zaman ini dan ia merupakan nikmat Allah atas kaum muslimin."

Al Muhaddits Abdul Fattah Abu Ghuddah, ahli hadis asal Suriah dan tokoh Ikhwanul Muslimin berkata: "al Qaradhawy adalah mursyid kita. Ia adalah seorang 'Allamah."

Syaikh Qadhi Husein Ahmad, amir Jamiat Islami Pakistan berkata: "Al Qaradhawy adalah madrasah ilmiah fiqhiyah dan da'awiyah. Wajib bagi umat untuk mereguk ilmunya yang sejuk."

Syaikh Thaha Jabir al Ulwani, direktur International Institute of Islamic Thought di AS - berkata: "Al Qaradhawy adalah faqihnya para dai dan dainya para faqih."

Syaikh Muhammad alGhazaly- dai dan ulama besar asal Mesir yang pernah menjadi guru al Qaradhawy sekaligus tokoh Ikhwanul Muslimin berkata: "Al Qaradhawy adalah salah seorang Imam kaum muslimin zaman ini yang mampu menggabungkan fiqh antara akal dengan atsar." Ketika ditanya lagi tentang al Qaradhawy, ia menjawab, "Saya gurunya, tetapi ia ustadku. Syaikh dulu pernah menjadi muridku, tetapi kini ia telah menjadi guruku."

Syaikh Abdullah bin Baih -dosen Univ. malik Abdul Aziz di Saudi - berkata: "Sesungguhnya Allamah Dr. Yusuf al Qaradhawy adalah sosok yang tidak perlu lagi pujian karena ia adalah seorang 'alim yang memiliki keluasan ilmu bagaikan samudera. Ia adalah seorang dai yang sangat berpengaruh. Seorang murabbi generasi Islam yang sangat jempolan dan seorang reformis yang berbakti dengan amal dan perkataan. Ia sebarkan ilmu dan hikmah karena ia adalah sosok pendidik yang profesional."

Baca Juga:  
Read More

Mendeteksi Kebohongan Manusia

Asalasah ~ Allah di dalam Al-Qur'an banyak menjelaskan mengenai tanda-tanda orang-orang kafir dan munafik. Di banyak tempat dikatakan bahwa kita dapat melihat kebohongan dan kemunafikan mereka dapat dilihat melalui tanda-tandanya. Namun siapa yang dapat mengira, apa yang disampaikan di dalam Al-Qur'an 15 abad yang lalu, telah di aplikasikan dimasa sekarang sebagai metode untuk mendeteksi kebohongan seseorang. Al-Qur'an, dengan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang mampu di terima oleh orang-orang pada masa diturunkannya dan tetap dapat diterima dimasa sekarang serta dapat dibuktikan kebenarannya oleh ilmu pengetahuan, menjelaskan adanya lima metode yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kebohongan seseorang.

Kelima metode tersebut adalah sebagai berikut :

Polygraph - apa yang ada di dalam dada

[11:5] Ingatlah, sesungguhnya (orang munafik itu) memalingkan dada mereka untuk menyembunyikan diri (innahum yatsnuuna shuduurahum) daripadaNya . Ingatlah, di waktu mereka menyelimuti dirinya dengan kain, Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka lahirkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati (innahu 'alimimun bidzaati l-suduuri).

Metode pertama yang diberitahukan salah satunya terdapat dalam surah Hud ayat 5 di atas, yaitu bagaimana orang-orang munafik ketika menyembunyikan kebohongan mereka di kiaskan dengan "innahum yatsnuuna shuduurahum" -- "sesungguhkan mereka memalingkan dada mereka". Hal ini diperjelas di akhir ayat di atas dengan mengatakan "innahu 'alimimun bidzaati l-shuduuri" -- "sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang ada di dalam dada". Jadi metode pertama adalah dengan melakukan pendeteksian di dalam dada.

Metode pendeteksian yang paling populer yang ada saat ini adalah cara pendeteksian dengan polygraph. Pendeteksian dengan cara ini dengan cara mendeteksi reaksi autonomik atau sistem saraf periferal. Metode ini juga mempertimbangkan laju respirasi (pernafasan), tekanan darah, dilatasi kapilar, detak jantung, dan juga pergerakan otot. Sebagian besar dari sistem peredaran, pernafasan dan sistem saraf perferal di atur oleh organ-orang dan saraf yang berada "di dalam dada - bidzaati l-shuduuri". Di dalam metode ini, orang yang akan di deteksi kebohongannya akan di tempeli alat di dada dan tangan mereka yang kemudian akan menghasilkan data polygraph untuk kemudian di baca oleh ahli polygraph.

Di dalam postingan "Al-Qur'an Menyatakan Jantung pun Berpikir" menjelaskan bagaimana jantung pun berpengaruh terhadap emosi dan perasaan seseorang, dan bagaimana jantung di juluki sebagai "little brain -- otak dengan ukuran kecil". Bersama-sama dengan aktivitas paru-paru serta sistem saraf periferal yang kesemuanya berada di dalam dada, menjadi salah satu metode yang paling populer untuk mendeteksi kebohongan.

Facial analysis - tanda-tanda keingkaran di wajah

[22:72] Dan apabila dibacakan di hadapan mereka ayat-ayat Kami yang terang, niscaya kamu melihat tanda-tanda keingkaran pada muka orang-orang yang kafir itu (ta'rifu fi wujuuhi alladziina kafaruu l-munkara). Hampir-hampir mereka menyerang orang-orang yang membacakan ayat-ayat Kami di hadapan mereka. Katakanlah: "Apakah akan aku kabarkan kepadamu yang lebih buruk daripada itu, yaitu neraka?". Allah telah mengancamkannya kepada orang-orang yang kafir. Dan neraka itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

Allah dengan jelas mengatakan melalui Al-Qur'an surah Al-Hajj ayat 72 di atas : "ta'rifu fi wujuuhi alladziina kafaruu l-munkara" -- "kamu akan mengenali pada wajah orang-orang kafir itu keingkaran". Tanda-tanda keingkaran atau kebohongan menurut Al-Qur'an dapat di lihat pada wajah seseorang. Saat ini, salah satu metode untuk mendeteksi kebohongan adalah melalui analisa wajah, baik dengan cara menganalisa mikro-ekspresi yang terjadi dengan cara pengolahan citra terhadap suatu video seseorang yang ingin di deteksi kebohongannya, ataupun dengan teknik Facial EMG (electromyography), yaitu suatu teknik mengukur aktivitas otot wajah dengan cara mendeteksi dan memperkuat impuls elektrik lemah yang dihasilkan oleh jaringan otot wajah ketika berkonstraksi.

Di ambil dari Liar, Liar, Face on Fire | DiscoverMagazine.com, ilmuwan Marian Stewart Bartlett meyakini bahwa jika seseorang berbohong, hal tersebut akan terlihat di wajahnya, namun karena ekspresi nya begitu cepat, sehingga sebagian orang tidak menyadari dan melewatkannya. Ekspresi yang seperti itu dinamakan mikro-ekspresi dan menjadi dasar bagi penelitian Marian Stewart Bartlett dan koleganya. Mengutip dari web tersebut, dikatakan :

"Polygraph lie detectors are notoriously unreliable: 10 percent of liars pass, and 20 percent of truth tellers fail. But the real truth is written all over your face, says cognitive scientist Marian Stewart Bartlett, at the Institute for Neural Computation in San Diego. Every emotion a person feels elicits an involuntary facial expression, but often just for a split second. When someone tries to cover those emotions, the expression passes so quickly most people miss it."

Ke-efektifan dari menganalisa mikro-ekspresi ini pun di akui oleh berbagai pihak lain, antara lain seperti terungkap di dalam artikel Lying is exposed by micro-expressions we can't control dengan judul "Lying is exposed by micro-expressions we can't control - Research into tiny muscle movements proves useful in anti-terror investigations"

Speech analysis - tanda-tanda dari tekanan suara

[47:29] Atau apakah orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya mengira bahwa Allah tidak akan menampakkan kedengkian mereka?

[47:30] Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya. Dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka (lahni l-qawli) dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu.

Kali ingin Allah melalui Al-Qur'an surah Muhammad ayat 29-30 di atas menyatakan bahwa "lahni l-aqwli" juga dapat digunakan sebagai tanda-tanda kebohongan seseorang. "lahni l-qawli" ini secara literal berarti "nada atau tekanan suara". Sekali lagi, apa yang diinformasikan Al-Qur'an 15 abad yang lalu ini menjadi salah satu metode yang digunakan saat ini untuk mendeteksi kebohongan, terutama di dalam industri Asuransi, karena keunggulan metode ini adalah analisa kebohongan dapat dilakukan tanpa perlu bertatap muka langsung dengan orang yang ingin di deteksi, misalnya melalui pembicaraan telepon.

Dikutip dari web Detecting deception, May 2011 - POST Note - UK Parliament mengenai penerapan metode analisa suara sebagai pendeteksi kebohongan di Inggris, sebagai berikut :

Speech pattern and language analysis have been used since the 1960s to attempt to detect deception. Modern approaches use computers to model aspects of speech such as pitch, frequency, intensity and micro tremors and to detect minute variations in the voice thought to signal lying. One feature of voice analysis is that it can be done over the telephone and thus may be used covertly. The technology is used in the banking and insurance industries to assess the likelihood that customers are telling the truth. Computer programmes record responses to control questions, look for variations in speech when operators probe claims with relevant questions to detect possible deception, and assign the caller a risk profile. The operator can then take further action if necessary.

Meskipun akurasinya saat ini tidak lebih baik dari metode-metode pendeteksi kebohongan yang lain, namun penyempurnaan program penganalisa suara ini di yakini mampu membawa metode ini ke tingkat akurasi yang lebih tinggi. Mitchell S. Sommers, Professor Psikologi di Washington University in St.Louis, di dalam web Research casts doubt on voice-stress lie detection technology | Newsroom | Washington University in St. Louis, menjelaskan mengenai kemungkinan tersebut, dimana untuk saat ini, metode ini cukup efektif diterapkan untuk beberapa tingkat tekanan atau stress dari orang yang ingin di deteksi perkataannya. Dikatakan bahwa :

“Voice-stress analysis is fairly effective in identifying certain variations in stress levels in human speech, but high levels of stress do not necessarily correlate with deception,” Sommers said. “It may someday be possible to refine voice-stress analysis so that it is capable of distinguishing among various sources of stress and accurately identifying those that are directly related to deception. However, all the research that I’ve seen thus far suggests that it’s wishful thinking, at best, to suggest that current voice-stress analysis systems are capable or reliably detecting deception.”

Baca Juga:  
Read More

Foto Latihan Militer Amerika dan Korsel di Salju

Asalasah ~ Tentara Amerika Serikat dan Tentara Korea Selatan berlatih perang bersama di hamparan salju. Latihan ini menyikapi ancaman perang Pemerintah Korea Utara .
     Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

Prajurit Marinir Amerika Serikat dan Korea Selatan berlatih perang di atas hamparan salju di Pyeongchang yang jaraknya dua ratus kilometer dari kota Seoul, Korea Selatan, 7/02. Latihan tersebut didesain untuk menghadapi ancaman perang dari Korea Utara.

          Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

        Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

                                           Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

           Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

        Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

        Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

        Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)

         Latihan Perang (© EPA/JEON HEON-KYUN)


Baca Juga:  
Sumber: http://risalahatiku46.blogspot.com/2013/02/foto-latihan-perang-di-hamparan-salju.html
Read More

Cara Wildan berhasil Meretas Situs Presiden SBY

Begini Cara Wildan Membobol Situs Presiden SBY
Asalasah ~ Pada November 2012, Wildan Yani Ashari mulai mengakses laman www.jatirejanetwork.com yang telah diretasnya. Selanjutnya, melalui serangkaian upaya, ia berhasil memasuki situs pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menjalankan aplikasi backdoor yang telah dia tanam sebelumnya, Wildan menggunakan perintah command linux: cat/home/tech/www/my/configuration/.php, hingga akhirnya berhasil mendapatkan username dan kata kunci dari basis data WebHost Manager Complete Solution (WHMCS) yang dikelola CV Techscape.

Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, dengan mekanisme backdoor yang ditanamkannya, hacker bisa melakukan compromise, yakni melakukan bypass atau menerobos sistem keamanan komputer yang diserang tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Setelah itu, anak bungsu pasangan Ali Jakfar- Sri Hariyati itu menjalankan program WHMKiller dari laman www.jatirejanetwork.com untuk mendapat username dan kata kunci dari setiap domain name yang ada.

Dia pun memilih domain dengan username: root, dan password: b4p4kg4nt3ngTIGA dengan port number: 2086.

Dengan username dan kata kunci tersebut, Wildan lantas menanamkan pula backdoor di server www.techscape.co.id, pada pukul 04.58.31 WIB pada 16 November 2012.

Agar backdoor tersebut tidak diketahui admin, Wildan mengubah nama tools menjadi domain.php dan ditempatkan pada subdirektori my.techscape.co.id/feeds/, sehingga Wildan bisa leluasa mengakses server www.techscape.com melalui URL: my.techscape.co.id/feeds/domain.php.

Kemudian pada 8 Januari 2013 Wildan mengakses laman www.enom.com, sebuah laman yang merupakan domain register www. techscape.co.id, hingga berhasil melakukan log in ke akun techscape di domain register eNom. Inc yang bermarkas di Amerika Serikat. Perlu diketahui Wildan Yani Ashari tidak merusak ataupun mencuri data dari website presidensby.info Yang diretasnya. Ia hanya membelokkan DNS (Domain Name Server) situs Presiden SBY.

Hal itu membuat pengguna internet tidak bisa mengakses laman berisikan infromasi tentang kegiatan Presiden SBY. Ketika mengklik www.presiden­sby.info, maka akan muncul tampilan hitam bertuliskan 'Jember Hacker Team' dalam logonya.

Sementara itu diketahui wildan asri hanyalah lulusan STM jurusan Teknik Bangunan. dia adalah operator sebuah warnet di jember, jatim.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.2mata.net/index.php/spy-article/3-spy-article/215-begini-cara-wildan-membobol-situs-presiden-sby
Read More

Ternyata Ikan Hiu Takut Pada Sinar Bulan Purnama

Asalasah ~ Ilmuwan dari University of Western Australia meneliti 39 hiu karang abu-abu (Carcharhinus amblyrhynchos) yang hidup di Palau, Micronesia, sebelah timur Filipina. Peneliti mendapatkan fakta menarik tentang pola selam hiu tersebut.

Salah satu yang menarik, hiu ternyata "takut" purnama. Saat bulan purnama, hiu spesies tersebut menyelam lebih dalam di lautan. Sebaliknya, pada saat bulan baru, hiu cenderung berenang di dekat permukaan.

Hiu bukan satu-satunya jenis ikan yang pola pergerakannya dipengaruhi oleh purnama. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa pola gerak ikan pedang, tuna sirip kuning dan tuna mata besar juga dipengaruhi oleh Bulan.

Selain dipengaruhi oleh Bulan, pola gerak hiu juga dipengaruhi oleh Matahari. Di siang hari, hiu menyelam lebih dalam. Sementara, mulai sore hingga malam, hiu mulai berenang mendekati wilayah permukaan.

"Ini sesuai dengan bagaimana intensitas cahaya di karang berubah secara harian," kata Gabriel Vianna dari University of Western Australia yang terlibat riset, seperti dikutip Livescience, Jumat (19/4/2013).

Berdasarkan musim, hiu berenang di wilayah dekat permukaan pada musim dingin, pada kedalaman 35 meter. Sementara, pada musim panas, hiu berenang lebih dalam. Kedalaman selam saat musim panas 60 meter lebih dalam dari biasanya.

Para ilmuwan percaya, pola gerak hiu dipengaruhi oleh suhu dan upaya menghemat energi. Hiu menghindari suhu lebih tinggi agar energi yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu, hiu juga berenang lebih dalam untuk menghindari hiu lain yang lebih besar.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, 10 April 2013 lalu. Pengetahuan tentang pola gerak hiu bisa menjadi dasar dalam upaya pelestariannya. saat ini, hiu adalah salah satu golongan ikan dengan ancaman terbesar. Kurang lebih 100 juta hiu dibunuh tiap tahunnya. Hiu karang abu-abu sendiri belum menjadi perhatian utama.

Baca Juga:  
Sumber: http://forum.viva.co.id/iptek/862230-sains-ikan-hiu-ternyata-takut-pada-sinar-bulan-purnama.html
Read More

Foto Indahnya Seni Lukisan Debu Kaca Mobil

http://www.didunia.net/
Asalasah ~ Kebanyakan orang suka geram melihat jendela mobil yang kotor dan akhirnya menuliskan angka lucu atau pesan pintar seperti "Cuci Donk Mobilnya","Mobilmu adalah otakmu" dan lain-lain. Tapi ada satu seniman dari San Marcos Texas, memanfaatkan Kaca mobil yang tertutup debu kanvas ke tingkat seni yang tinggi.

Scott Wade menggunakan jendela mobil kotor seperti kanvas untuk menciptakan karya yang luar biasa tetapi bersifat sementara. Dia bisa menghabiskan sampai empat jam menyempurnakan gambar kotoran nya tapi satu hujan lebat sudah cukup untuk menghancurkan kerja kerasnya.

http://www.didunia.net/

http://www.didunia.net/








http://www.didunia.net/ 


Baca Juga:  
Sumber: http://risalahatiku46.blogspot.com/2013/02/debu-kaca-mobil-paling-indah-di-dunia.html
Read More

Cerita Doraemon Telah Berumur 44 Tahun

Asalasah ~  La la la... aku sayang sekali... Doraemon..., Siapa yang enggak tau dengan lirik lagu tersebut? Dari anak-anak hingga dewasa banyak yang tau itu sepenggal lirik film kartun "Doraemon". Sebenarnya siapa sih tokoh yang paling berjasa atas kartun fenomenal yang banyak disukai orang ini?

Doraemon merupakan tokoh kartun yang berasal dari Jepang yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969 yang berarti sekarang umur Doraemon sendiri adalah 44 tahun??? Hemm, walaupun usianya sudah lumayan tapi tetep menggemaskan ya.

Doraemon sendiri lahir pada tanggal 3 September 2112, dan memiliki berat 129.3 kg, tinggi 129.3 cm, serta dapat melompat hingga 129.3 cm juga dapat berlari sejauh 129.3 km/jam.

Pertama kali hadir dalam serial komik pada tahun 1974 dan kemudian pada tahun 1979 mulai diserialkan ditelevisi. Sedangkan pertama kalinya hadir di Indonesia, di TVRI Yogyakarta pada tahun 1974, kedua di TVRI pada tahun 1979-1989 dan yang ketiga di RCTI pada tahun 1989 hingga saat ini. Makanya dari anak-anak sampai orang dewasa pasti kenal Doraemon.

Robot kucing berwarana biru ini berasal dari abad ke 22 yang ditugaskan untuk membantu Nobita, dalam menghadapi segala masalah dalam kehidupannya. Eh asal tau aja, awalnya warna Doraemon adalah kuning. Saat itu telinga Doraemon digit tikus hingga habis dan membuat dia depresi yang setelahnya dia meminum ramuan berlabel "Kesedihan" dan kemudian menangis hingga warna kuningnya luntur menjadi warna dasar, yaitu biru dan suaranyapun juga ikut berubah seperti sekarang ini karena ramuan tersebut.

Nobita yang selalu meminta bantuan pada Doraemon dalam menyelesaikan masalahnya, kerap kali salah menggunakan kebaikan Doraemon tersebut. Alhasil ia sendiri yang menanggung akibatnya. Bersama teman-teman nobita, seperti Giant, Suneo dan Shizuka mereka sering berpetualang ke Negeri Awan, Negeri Matahari, Negeri Angin, dan yang tempat-tempat seru lainnya.

Dan hal yang gak ketinggalan dari Doraemon adalah Kantong Ajaibnya yang bisa ngeluarin alat-alat canggih seperti Pintu Kemana Saja, Baling-Baling Bambu, Senter Pembesar dan Pengecil, Mesin Waktu, Selimut Waktu, dan banyak lainnya.

Tapi akhir dari cerita Doraemon ini banyak sekali versinya, ada versi Doraemon kehabisan baterai, sehingga harus menggantinya dengan resiko semua ingatan Doraemon akan hilang, termasuk kenangan bersama nobita. Ada versi Nobita yang jatuh terbentur kepalanya hingga koma dan semua alat Doraemon dijual untuk biaya operasinya, dan banyak versi lainnya.

Hemm bagaimanapun akhirnya, yang jelas Doraemon akan tetap menjadi tontonan dan juga serial kartun yang sangat menghibur semua kalangan usia.

Baca Juga:  
Read More

Perbedaan Sosialita Orang Indonesia Dengan Negara Lain

Apa Beda Sosialita Indonesia dan Sosialita Dunia  
Asalasah ~ Pengamat budaya Veven Sp Wardhana berpendapat sosialita di Indonesia berbeda dengan sosialita di negara-negara lain.

Menurut Veven, kegiatan sosialita di Indonesia lebih cenderung pada kelompok arisan barang mewah, rumpi, faktor kekayaan, dan profesi mentereng. "Sosialita di luar negeri menaruh perhatian pada pendidikan, menjadi filantropi, dermawan, peduli yatim-piatu," kata Veven kepada Tempo, Kamis 25 April 2013.

Sosialita di luar negeri juga ada yang menjadi duta-duta untuk kegiatan sosial di dunia. Tak dipungkiri, di Indonesia pun ada sosialita yang terlibat dalam kegiatan sosial. Tapi, di mata Veven, keterlibatan kaum elit Indonesia tersebut di kegiatan sosial lebih karena ada faktor kedekatan dan pengalaman. "Misalnya mereka peduli pada penyakit lupus karena ada orang dekat atau saudara yang menderita penyakit lupus," kata Veven.

Di Indonesia, mereka yang disebut sosialita ini adalah dari kalangan glamor dan punya profesi mentereng. Para sosialita ini membentuk kelompok-kelompok arisan yang beragam jenisnya. Mulai dari arisan berlian, barang-barang mewah, hingga pria berondong alias lelaki muda.

Kata Veven, kelompok borjuis ini sudah ada sejak zaman orde baru Presiden Soeharto. Hanya saja, segala aktivitas kaum elit ini masih cenderung tertutup. Beda halnya dengan masa sekarang, kaum sosialita tak lagi malu-malu mengumbar kegiatannya di publik.

Istilah sosialita, menurut Veven, berasal dari bahasa Prancis, yang memiliki makna kelas borjuis. Gaya hidup elit ini kemudian ditiru negara-negara lain, termasuk Indonesia

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/04/26/108476154/p-Apa-Beda-Sosialita-Indonesia-dan-Sosialita-Dunia
Read More

Kisah Agen CIA yang Menyerang Indonesia

Asalasah ~ Belum banyak sejarah yang terungkap, dan tidak banyak yang tahu bahwa Allen Pope seorang agen CIA pernah ingin mencoba menyerang Indonesia dan mengobok-obok Indonesia kala itu. Allen Lawrence Pope adalah seorang tentara bayaran yang ditugasi CIA dalam berbagai misi. Beberapa misinya dilakukan di Asia Tenggara di antaranya saat pertempuran di Dien Bien Phu, Vietnam dan pada saat pemberontakan PRRI/Permesta di Indonesia. Dia tertangkap oleh tentara Indonesia ketika usahanya mengebom armada gabungan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan pesawat pembom B-26 Invader AUREV gagal dan tertembak jatuh.



Diduga dia tertembak jatuh oleh pesawat P-51 Mustang Angkatan Udara Republik Indonesia yang diterbangkan oleh Ignatius Dewanto namun kesaksian lain mengatakan dia tertembak jatuh oleh tembakan gencar yang dilakukan armada laut Angkatan Laut Republik Indonesia. Buku-buku yang menuliskan sepak terjang CIA di berbagai kancah konflik tidak lupa menyebut-nyebut nama Allen Pope.

Pope kemudian ditugasi sebagai pilot AUREV (Angkatan Udara Revolusioner) yang berpangkalan utama di Mapanget, Sulawesi Utara (sekarang Bandara Sam Ratulangi) di bawah pimpinan Mayor Petit Muharto. AUREV sendiri berkekuatan tidak kurang sekitar 10 pesawat pengebom-tempur di antaranya adalah pesawat pengebom sedang/ringan B-26 Invader dan P-51Mustang.


CIA sendiri sebenarnya sudah menyediakan 15 pesawat pengebom B-26 untuk PRRI/PERMESTA dari sisa-sisa Perang Korea, setelah dipergunakan di berbagai konflik di Kongo, Kuba dan Vietnam. Pesawat-pesawat itu disiagakan di sebuah lapangan terbang di Filipina, tempat yang juga digunakan untuk melatih para awak sebelum dikirim ke wilayah PERMESTA.

Sejumlah modifikasi dilakukan agar tidak terlalu kelihatan bahwa mereka disiapkan oleh Amerika Serikat yang memiliki teknologi maju. Di antara modifikasi yang dilakukan adalah mengubah jumlah senapan mesin yang semula memiliki enam laras pada hidung pesawat, menjadi delapan laras.

Pada tanggal 18 Mei 1958, Gugus Tugas amfibi (Amphibius task force) ATF-21 Angkatan Laut Republik Indonesia yang berkekuatan dua kapal angkut dan lima kapal pelindung type penyapu ranjau cepat, dipimpin oleh Letnan Kolonel (KKO/sekarang Korps Marinir) Hunholz dengan Kepala Staf Mayor Soedomo berlayar dengan posisi dekat Pulau Tiga lepas Ambon guna melaksanakan Operasi Mena II dalam rangka menuntaskan konflik PERMESTA dengan sasaran Morotai guna merebut lapangan terbang.


Operasi itu didukung oleh P-51 Mustang dan B-26 Angkatan Udara Republik Indonesia serta Pasukan Gerak Tjepat (PGT, sekarang Kopaskhas TNI AU). Pasukan yang turun antara lain gabungan Marinir, Pasukan Angkatan Darat KODAM BRAWIJAYA dan Brigade Mobil (BRIMOB). Di atas kapal disiagakan senjata penangkis udara berbagai type.

Tiga minggu sebelum Allen Pope ditembak jatuh, sebagai upaya cuci tangan Amerika Serikat (AS), maka Menteri Luar Negeri AS, John Foster Dulles lantang menyatakan bahwa apa yang terjadi di Sumatera adalah urusan dalam negeri Indonesia. AS tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri negara lain. Mengenai senjata-senjata yang terbilang mutakhir di tangan PRRI dan di Pekanbaru, Presiden AS, Dwight David Eisenhower mengadakan jumpa pers dengan memberi keterangan bahwa AS akan tetap netral dan tidak akan berpihak selama tidak ada urusannya dengan AS.

Dikatakannya bahwa senjata-senjata yang ditemukan oleh ABRI adalah senjata-senjata yang mudah ditemukan di pasar gelap dunia. Di samping itu, sudah biasa di mana ada konflik pasti akan ditemukan tentara bayaran. Apa yang dikatakan Eisenhower kemudian jadi arahan. Ketika kemudian terdengar ada penerbang AS tertangkap di Ambon dan bagaimana ia tertangkap, Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta cepat-cepat menimpali bahwa orang itu tentara bayaran.

Setelah John F. Kennedy menjadi Presiden Amerika Serikat, hubungan Amerika Serikat dengan Presiden Soekarno mengalami perbaikan. Presiden Soekarno sendiri mengatakan bahwa hanya dialah presiden AS yang mengerti jalan pikirannya. Pemerintah Amerika Serikat berusaha juga untuk membebaskan Allen Pope.Menurut Harry Rantung, suatu hari menjelang subuh pada Februari 1962 pope di bebaskan.

Baca Juga:  
Sumber: http://forum.viva.co.id/misteri/861972-allen-pope-kisah-agen-cia-yang-menyerang-indonesia.html
Read More

Handschar, Barisan Tentara Nazi Yang Beragama Islam

Asalasah ~ Apa yang anda pikirkan ketika mendengar Nazi? mungkin Adolf Hitler,Holocaust,dan lainya.Tapi yang akan saya jelaskan pada pembahasan kali ini adalah sebuah Divisi yang terdiri dari orang orang Muslim Bosnia yang bukan merupakan orang German alias non-German.Rencana ini sudah disetijui oleh Adolf Hitler sendiri,atas usulan dari Heinrich Himmler yang menganggap bahwa Islam menciptakan pejuang yang tanpa takut karna Islam menjanjikan bahwa tewas dalam perang adalah jalan menuju surga.Pada April 1943,seorang Mufti Jerusalem dipanggil untuk membantu seleksi dan mengatur untuk masuk ke Waffen-SS.


seorang Mufti bernama Mohammad Amin al-Husayni menyambut sukarelawan Bosnia yang akan ikut serta dalam perang
Akhirnya setelah rekruitmen selesai,didapati sekitar %60 adalah Muslim dan sisanya adalah orang German yang menetap di Bosnia yang terhitung ada sebanyak 23,200 Muslims dan 2,800orang Kroasia.Dan,setiap divisi memiliki imam imam di setiap batalion.

Pada tanggal 9 Oktober,barulah nama amereka ditetapkan sebagai 3. Waffen-Gebirgsdivision der SS"Handschar" Division..Dan pada 15 February 1944 selesailah latihan mereka di Neuhammer dan siap kembali NDH alias Kroasia.


Prajurit "calon Handschar" yang sedang sholat di tempat pelatihan mereka,Neuhammer tahun1943

Tujuan utama dibentuknya divisi ini adalah mengamankan wilayah seluas 6000Km2 disekitar bosnia dan Kroasia yang menjadi "wilayah Aman" dan melakukan operasi operasi khusus yang sebagian besar adalah pembersihan anti-partisan di cakupan wilayah aman tersebut.

Salah satu Operasi Anti-Partisan pada tahun 1943 adalah Operasi Wegweiser yaitu operasi pembersihan anti partisan sekaligus operasi pertama handschar division yang terbilang cukup sukses dalam membersihkan wilayah Syrnia.Terhitung 573 anti-partisan tewas dan 82 lainya ditangkap.


Singkat cerita,pada akhir perang tahun 1944-1945 divisi ini bertempur melawan pasukan Rusia dan Bulgaria yang sudah merangsek masuk jauh menuju jerman.para prajurit yang tersisa banyak yang berusaha kembali ke bosnia,maupun menuju kearah barat untuk menyerah pada pasukan Inggris dan Amerika karna mendekam dipenjara russia dinilai lebih kejam dan pada akhirnya mereka akan menjadi pekerja paksa ditengah dinginya cuaca russia dan penyiksaan oleh para sipir penjara russia yang terkenal kejam.Diakhir perang sendiri sekitar 38 perwira diekstradisi ke Yugoslavia untuk menjalani pengadilan dan 10 diantaranya dieksekusi mati!


Baca Juga:  
Sumber: http://forum.viva.co.id/sejarah/865618-handschar-barisan-tentara-muslim-nazi.html
Read More