Foto-Foto Terbang Menggunakan Jetpack Seharga Rp 1,5 Miliar

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/jp1.jpg
Asalasah ~ Pembuat Jetpack ini bernama Glenn Martin asal Selandia Baru. Dia menghabiskan waktu sampai 30 tahun untuk merancangnya sampai dinyatakan mumpuni membawa manusia terbang. (kredit foto:newscom)
 http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/jp2.jpg
 Pilot mengendalikan Jetpack ini dengan dua alat kontrol yang dia pegang. Menggunakannya, manusia dapat terbang sampai ketinggian 8000 kaki. (kredit foto:newscom) 

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/jp3.jpg 
Otoritas New Zealand Civil Aviation Authority telah mengizinkan Jetpack ini diterbangkan dalam uji coba. (kredit foto:newscom)  

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/foto-foto-terbang-menggunakan-jetpack.html
Saat dijual anti, harganya di kisaran 90 ribu poundsterling atau kurang lebih Rp 1,5 miliar dan menjadi sekitar 127 ribu poundsterling jika dipesan militer karena akan ditambahkan dengan alat-alat khusus. (kredit foto: newscom) 

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/jp6.jpg 
"Saat terbang, rasanya adalah campuran rasa takut dan perasaan luar biasa," sebut James Bowker, pilot pengujinya. (kredit foto: newscom) 

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/readfoto/2013/08/23/144257/2338770/1146/5/mengangkasa-dengan-jetpack-seharga-rp-15-miliar#
Read More

Wanita Jepang Mengungkap Ukuran Payudara Cukup 'C-Cup'

Ukuran Payudara Wanita Jepang Diungkap, `Cup C` Dianggap Cukup
Asalasah ~ Setiap wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda. Di Jepang, ada berbagai ukuran payudara wanita mulai dari cup A hingga G. Namun, tampaknya ukuran payudara terbesar paling sedikit jumlahnya.


Produsen lingerie Triump merilis cup bra yang dikenakan wanita di Jepang seperti dikutip Rocketnews24, Jumat (23/8/2013). Entah apa manfaat dari pengungkapan ukuran tersebut. Dari hasilnya, ukuran cup yang cenderung dikenakan wanita Jepang cenderung sedikit lebih kecil dibandingkan wanita yang ada di Amerika Serikat.

1. Cup A sebanyak 8 persen

Sebanyak 8 persen wanita Jepang berada dalam kategori paling mungil. Kadang-kadang wanita dengan cup A disebut memiliki binyuu atau payudara miskin.

2. Cup B sebanyak 23,8 persen
Ini memang satu ukuran di atas A, tapi jumlahnya lumayan tinggi. Dalam kata Jepang, payudara ini adalah mune, yang di kamus Inggris juga digunakan untuk membicarakan potongan ayam.

3. Cup C sebanyak 26,7 persen

Jumlah ini lebih banyak ketimbangkan dua ukuran sebelumnya. Orang Jepang menanggap cup C sebagai ukuran yang cukup. C untuk Chichi yang arti lainnya payudara. Chichi dalam bahasa Jepang untuk ayah.

4. Cup D sebanyak 22 persen
Ukuran ini menjadi favorit anak-anak nakal dan pria hidung belang. Ini setara dengan boobs dan boobies dalam bahasa Inggris.

5. Cup E sebanyak 12,8 persen

Ukuran ini hanya setengahnya dari kelompok D. Ini berlawanan dari payudara kecil, yakni payudara berlimpah.

6. Cup F sebanyak 4,8 persen

Semakin besar ukurannya, semakin sedikit wanita yang memilikinya. Di Jepang, ukuran ini disebut dengan Kyonyuu yang artinya payudara raksasa.

7. Ukuran G sebanyak 1,5 persen
Ukuran payudara alami tampaknya yang diharapkan. Pada ukuran G, jumlahnya yang paling kecil. Payudara ukuran G digambarkan benar-benar kebesaran atau payudara meledak.

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/673145/ukuran-payudara-wanita-jepang-diungkap-cup-c-dianggap-cukup
Read More

Perbesar Payudara Secara Alami Dari Bahan Rumahan

Perbesar Payudara Secara Alami dari RumahAsalasah ~ Ukuran payudara setiap wanita bervariasi. Wanita yang ingin payudaranya lebih besar, daripada membuang-buang uang untuk operasi, Anda bisa mencoba beberapa perawatan di rumah agar tumbuh secara alami.

Seperti dikutip Boldsky, Selasa (20/8/2013), perawatan di bawah ini bisa memperbesar ukuran payudara:

1. Anda bisa makan makanan yang bisa meningkatkan ukuran payudara
Kurangnya nutrisi seperti miskinnya kandungan lemak pada akhirnya tak meningkatkan ukuran payudara

2. Kurangnya estrogen dan testosteron merupakan salah satu penyebab ukuran payudara yang lebih kecil
Jadi, makanan seperti ayam, barley, kacang merah, kacang, telur, serta beberapa makanan lain meningkatkan ukuran payudara.

3. Brom dan mangan juga meningkatkan produksi hormon seks dalam tubuh
Apel, kenari, almond, pir, kerang, jagung, jahe, bawang putih, udang, kaya bromin dan mangan. Bahkan biji wijen bisa membantu meningkatkan ukuran payudara secara alami.

4. Herbal perbesar payudara
Anda bahkan dapat mencoba herbal seperti fenugreek, adas, adas bintang, licorice dan ubi liar. Selain memiliki pola makan yang sehat, Anda dapat mencoba pijat payudara dengan minyak alami untuk meningkatkan ukuran payudara.

Cobalah cara ini agar payudara meningkat secara alami. Jika Anda mengalami masalah hormonal atau genetik di belakang ukuran payudara, berkonsultasilah ke dokter.

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/669700/perbesar-payudara-secara-alami-dari-rumah/?related=pbr&channel=h
Read More

Alasan Kenapa Banyak Orang Indonesia Jatuh Sakit

Inilah Kenapa Makin Banyak Orang Indonesia Sakit
Asalasah ~ Pelaksana Harian Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan M Nasir mengatakan bahwa masyarakat perlu meningkatkan gaya hidup sehat melalui perbaikan pola konsumsi makan.

"Kita harus memerhatikan apakah makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang dan berkualitas atau tidak?" kata Nasir di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (24/8/2013).

Dikatakan bahwa pola konsumsi makanan berimbang juga menjadi perhatian pemerintah dengan menuangkan ke dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Menurut Nasir, kecenderungan masyarakat Indonesia mulai mengarah kepada gaya hidup tidak sehat. Hal itu dapat dilihat dari data konsumsi lemak mencapai 116 persen berbanding terbalik dengan konsumsi kacang-kacangan, sayuran, dan buah yang masih rendah.

Sedangkan di sisi lain aktivitas fisik masih rendah hanya mencapai 84,9 persen, jelas Nasir.

Akibatnya terjadi berbagai kasus kegemukan atau obesitas dan munculnya penyakit degeneratif pada usia produktif seperti hipertensi, jantung, diabetes dan sebagainya, paparnya.

Lebih jauh, anggota bidang Kemitraan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Marudut Sitompul mengatakan kelebihan gizi juga dapat mengganggu kesehatan bahkan mengakibatkan kematian.

Marudut mengatakan, kemampuan metabolisme seseorang berbeda-beda sehingga perlu mengukur diri sendiri terhadap konsumsi makanan.

Dijelaskan bahwa kelebihan makanan dapat mengganggu proses metabolisme yang seharusnya bisa diubah menjadi energi.

"Kondisi demikian pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, bahkan dapat menimbulkan radikal bebas yang mengganggu pertumbuhan sel," jelas Marudut.

Tekanan atau stres dalam pekerjaan juga dapat menjadi pemicu gangguan metabolisma di dalam tubuh sehingga muncul berbagai penyakit tersebut, katanya.

Obesitas, ujarnya, saat ini menjadi persoalan masyarakat perkotaan sebagai akibat pola makan salah dan kurangnya aktivitas. Karena itu perlu disiplin dari diri sendiri untuk menjaga konsumsi makanan dan minuman.

Berawal dari makanan
Sedangkan ahli kesehatan Lia Listiawaty mengatakan, bagi masyarakat yang telanjur mengalami obesitas sebenarnya dapat diturunkan sampai ke berat ideal dengan aman.

Lia mengatakan, bagi penderita obesitas untuk mendapatkan bobot ideal adalah dengan mengonsumi nutrisi yang cukup. Kalau kekurangan nutrisi akibat diet yang tidak mengikuti aturan maka energi untuk beraktivitas akan diambil dari organ tubuh.

Kegemukan atau obesitas berawal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari dari pagi sampai malam.

"Kita harus dapat mengukur kalori yang dikeluarkan dalam beraktivitas dengan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kalau kelebihan atau kekurangan akan berdampak buruk bagi tubuh," ujar dia
 
Sumber: http://health.liputan6.com/read/673694/inilah-kenapa-makin-banyak-orang-indonesia-sakit
Read More

Ilmuwan Jepang: Cara Membedakan Kopi Luwak Ama Kopi Biasa

Ilmuwan Jepang Temukan Cara Bedakan Kopi Luwak dan Kopi BiasaAsalasah ~ Kopi Luwak yang terkenal enak dan berharga mahal ini memang luar biasa. Tak heran bila banyak orang penasaran kenapa kopi ini begitu luar biasa.

Peneliti dari Universitas Osaka, Jepang mengungkapkan rahasia Kopi Luwak. Mereka telah mengidentifikasi sebuah bahan kimia yang unik dalam kopi yang dikeluarkan lewat kotoran musang. Musang memilih kopi yang paling enak menurut penciuman dan penilaian rasanya sebagai binatang. Setelah beberapa saat, musang itu mengeluarkan kotoran bersama biji kopi. Biji kopi yang masih kotor itu dibersihkan dan kemudian dikeringkan dan dipanggang untuk kemudian digiling halus dan bisa dinikmati.

Temuan ini juga membawa mereka menemui kejelasan kenapa rasa kopil luwak itu sungguh luar biasa dibanding kopi biasa, padahal kopi ini sudah melewati perut dan bercampur feses musang.

Eiichiro Fukusaki, yang memimpin penelitian ini seperti dikutip dari Huffingtonpost, Sabtu (24/8/2013) menyebutkan, "meskipun terkenal sebagai kopi yang paling mahal di dunia, tak ada jaminan bahwa kopi ini benar-benar kopi luwak. Karena itu kami meneliti juga bagaimana membedakan kopi luwak dan kopi biasa."

Menurut Eiichiro, penelitian ini merupakan yang pertama melaporkan bagaimana menyeleksi dan membedakan kopi luwak yang otentik dan yang tidak.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Agricultural and Food Chemistry ini juga memaparkan kadar perbedaan perubahan asam dalam kopi luwak dibanding kopi biasa.

Para peneliti enemukan bahwa sejumlah asam sitrat, asam malic, asam inositol dan asam pygoglutamik semuanya mengalami perubahan kadar dalam Kopi.

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/673854/ilmuwan-jepang-temukan-cara-bedakan-kopi-luwak-dan-kopi-biasa
Read More

Sebelum Latihan Muay Thai, Andien Sit Up 500 Kali!

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/sebelum-latihan-muay-thai-andien-sit-up.html
Asalasah ~ Agar tak terjadi cedera pada saat melakukan Muay Thai, Andien tidak pernah melewatkan pemanasan sebelum latihan dan pendingin setelah latihan dengan cara melakukan sit up. Terhitung, Andien mampu melakukan 500 kali sit up.


"Enak banget rasanya. Sekarang goal-nya segitu," ungkap Andien, kepada tim Health Liputan6.com, yang menemuinya di Muay Thai Training Camp yang terletak di kawasan Panglima Polim 2, Jakarta Selatan, Sabtu (24/8/2013)

Bahkan pada saat latihan dirinya tidak mampu melakukan sit up sebanyak itu, Andien merasa seperti ada yang kurang, dan seperti ada penyesalan dalam dirinya, kalau sebenarnya dirinya mampu melakukan itu."Kalau kurang dari segitu, pas pulang selalu mikir, 'Pasti tadi bisa ya segitu'," tambah dia.

Pemilik tembang 'Bernyanyi Untukmu' ini mengungkapkan, kalau apa yang dilakukannya kini membutuhkan proses dengan bentang waktu yang tidak sebentar. Pertama kali Muay Thai, Andien mengatakan, kalau dia hanya mampu melakukan sit up 100 kali.

"Iya, pertama kali cuma mampu 100 kali, naik lagi jadi 200 kali, lalu naik lagi jadi 300 kali. Tapi terkadang itu bisa turun lagi. Semua itu tergantung staminannya bagaimana," ungkapnya. "Kalau sekarang sih, sudah melewati masa goal," tambah Andien.

(Adt/Abd)

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/673790/hebat-sebelum-latihan-muay-thai-andien-sit-up-500-kali
Read More

Bahaya Kesehatan Akibat Kecanduan Internet

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/bahaya-kesehatan-akibat-kecanduan.htmlAsalasah ~ Internet sangat akrab dengan masyarakat sekarang ini, khususnya kaum muda, bahkan termasuk anak-anak. Banyak dari mereka yang tidak bisa lepas dari internet walau hanya sehari. Hal inilah yang perlu untuk diperhatikan, karena kecanduan internet pastinya bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, salah satunya adalah radiasi.

Dilansir dari Asiaone, Sabtu (24/8/2013), terjadi jumlah peningkatan kaum muda yang sangat terobsesi menggunakan smartphone dan komputer. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan di Singapura, sekitar 520.000 pelajar SMP dan SMA mengalami kecanduan internet, terutama untuk game online dan e-mail.

Survei menunjukkan bahwa 9 persen dari pelajar SMP dan 14 persen dari pelajar SMA mengakses internet lebih dari lima jam setiap hari kerja.

Apa yang tidak boleh diabaikan dalam survei ini adalah bahwa persentase yang signifikan dari siswa yang diyakini begitu terobsesi untuk 'online' tak dapat menahan dirinya untuk tidak mengakses internet. Mereka merasa seperti terkena iritasi jika mereka harus berhenti menggunakannya.

60 persen dari kaum muda yang mengikuti survei juga menderita gangguan tidur pada malam hari, waktu siang hari dan malam mereka pun cenderung terbalik akibat daya serap mereka di internet pada larut malam. Dalam beberapa kasus, mereka melewati sekolah dan membatasi diri mereka di kamar.

Kecanduan kaum muda ini terhadap internet selama masa pertumbuhan mereka merusak pikiran dan tubuh mereka. Situasi ini sangatlah serius.

Beberapa pecandu internet memiliki gangguan gizi karena kebiasaan makan yang tidak teratur. Mereka juga menunjukkan gejala penyumbatan pembuluh darah serta penggumpalan darah akaibat berjam-jam mempertahankan postur duduk yang sama. Semakin kecanduan dengan internet, semakin besar kemungkinan mereka akan merasa tertekan.

Perhatian medis dibutuhkan untuk orang yang mengalami kecanduan serius terhadap internet. Terus berjam-jam menghabiskan waktu menggunakan internet bisa membuat pecandu lebih sadar dengan masalah mereka. Pada beberapa rumah sakit, dokter dan psikolog klinis memberikan konseling.

Namun hanya beberapa lembaga medis yang memiliki departemen yang mampu menyediakan perawatan khusus. Hal ini diperlukan untuk memelihara spesialis dengan keahlian yang cukup untuk menyembuhkan orang kecanduan internet dan menciptakan pusat-pusat untuk menyediakan layanan konsultasi bagi pecandu.

Memang tidak bisa dipungkiri, sekarang ini internet merupakan sarana yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti belajar dan bekerja. Smartphone tersebar dengan cepat. Ada kemungkinan kuat jumlah pecandu internet akan meningkat.

Tapi jika digunakan secara berlebihan tentunya tidak bagus. Oleh karena itu, diharapkan dalam menerima pelajaran dengan bantuan komputer di sekolah, siswa tidak hanya diajarkan bagaimana menggunakan perangkat elektronik. Mereka juga harus didorong untuk menyadari bahaya penggunaan internet secara berlebihan.

Bagi orang tua, dalam membeli smartphone untuk anak-anak mereka, sebaiknya meletakkan aturan-aturan pada mereka berapa banyak jam mereka boleh menggunakannya setiap hari.

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/08/24/164001/2339560/398/hati-hati-bahaya-kesehatan-kecanduan-internet
Read More

Foto-Foto Kantor Line Di Shibuya

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line1.jpg
Asalasah ~  Empat lantai yang ada di Shibuya Hikarie Office, Tokyo, telah menjadi kantor pusat Line untuk menampung 650 karyawan yang mereka miliki.

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line2.jpg
 Sayangnya, media yang diundang Line hanya diberi kesempatan melakukan pemotretan di satu lantai saja, yang terdiri dari kafe, perpustakaan, observation room dan user research room.

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/foto-foto-kantor-line-di-shibuya.html 
Di cafe ini, karyawan Line boleh mengambil cemilan apa saja yang mereka inginkan.  

Di dalam kantor juga terdapat toko yang menjual merchandise Line dan Naver. Selain mengoperasikan Line, Line Corp juga mengoperasikan layanan Naver.
http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line5.jpg 
Ini adalah perpustakaan untuk karyawan dengan berbagai macam buku yang tersusun rapi di rak-rak.


http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line6.jpg

 Di sinilah karyawan Line memonitor behaviour dan mendapatkan feedback dari orang-orang yang diberikan fitur atau game baru Line dalam rangka uji coba.  

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line8.jpg
Beberapa orang yang tengah mencoba game baru Line yang belum dirilis di ruangan user research room.

http://images.detik.com/content/2013/08/23/1146/Line10.jpg 

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/readfoto/2013/08/23/081646/2338247/1146/1/yuk-main-ke-kantor-line-di-shibuya?
Read More

Kisah Akibat Tidak Peduli Seruan Azan

Azan (ilustrasi)
Asalasah ~ Sudah setahun Anwar sekolah di kota, di sebuah madrasah tingkat Aliyah. Dia bangga sekali, karena tidak semua anak lulusan Tsanawiyah di desanya dapat melanjutkan pendidikan menengah atas di ibu kota propinsi.

Sebagian besar hanya melanjutkan sekolah di ibu kota kabupaten atau malah berhenti sekolah dan mulai bekerja di sawah atau ladang membantu orang tua yang umumnya petani.
  
Liburan setelah ujian smester dua kali ini dia manfaatkan untuk pulang ke desa berkumpul dengan teman-teman sebaya.

Berbagai macam agenda sudah tersusun di kepalanya, salah satunya yang paling menarik adalah makan bersama dengan teman-teman sebaya.

Mereka iyuran membeli bahan-bahan masakan yang diperlukan, bisa berupa uang atau bahan mentahnya langsung. Mereka akan masak sendiri, dengan kemampuan sekadarnya, yang penting tidak asin.

Bekal ilmu memasaknya paling-paling dari sekali-sekali memperhatikan ibu atau kakak perempuannya memasak di dapur.

Membayangkan acara makan bersama itu, Anwar tidak sabar segera sampai di desa. Perjalanan 60 km dengan mobil dirasakannya terlalu lama.
  
Pada hari H, sepuluh anak remaja sudah berkumpul di bawah sebuah pohon, tidak jauh dari pinggir sungai. Itulah tempat favorit mereka.

Pada saat azan Zhuhur berkumandang, mereka tengah sibuk-sibuknya memasak sambil bercanda penuh tawa. Sebenarnya Anwar ingin segera ke masjid melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah seperti yang sudah biasa dilakukannya sejak kecil.

Ayahnya selalu membimbingnya shalat berjamaah ke masjid. Sejak sekolah dasar sampai tamat Tsanawiyah dia sudah terbiasa shalat di masjid. Sebenarnya motif utamanya shalat berjamaah di masjid adalah karena takut ayahnya.

Kalau ketahuan tidak shalat di masjid, ayahnya pasti marah besar. Ingat ayahnya, Anwar ingin segera shalat ke masjid meninggalkan teman-temannya. Tetapi dia merasa tidak enak, apalagi masakan hampir matang.
  
Sedang bimbang begitu, ayahnya lewat menuju masjid dan mengingatkan Anwar untuk segera ke masjid. Dia mengangguk, tetapi tidak melaksanakannya.

Begitu ayahnya kembali dari masjid dan melihat Anwar masih  bersama teman-temannya di bawah pohon, beliau marah dan segera memanggil puteranya dengan suara keras: "War, apabila acaramu selesai, segera ke rumah!"

Untunglah ayahnya masih memberinya kesempatan menikmati hidangan yang sudah mereka siapkan susah payah. Tetapi hati Anwar sudah tidak tenang, ayahnya pasti marah besar. Dia siap menerima hukuman yang akan diberikan.
  
Setelah benar-benar menerima hukuman, Anwar kaget bukan kepalang. Hukumannya benar-benar di luar dugaannya. Dengan tenang ayahnya memutuskan: "Anwar, kamu tidak boleh kembali ke kota. Kamu harus berhenti sekolah. Tinggal saja di desa bertani, lalu menikah!''

''Tidak ada gunanya kamu sekolah tinggi di kota, kalau hasilnya kamu mengabaikan panggilan azan. Ayah tidak ingin kamu sekolah tinggi tetapi tidak peduli dengan panggilan shalat. Baru setahun kamu di kota, kamu sudah berani meninggalkan shalat berjamaah di masjid."
  
Anwar tahu watak bapaknya. Jika sudah memutuskan sesuatu, sukar untuk mengubahnya. Dia minta maaf sambil menangis, tetapi keputusan tetap tidak berubah.

Liburan sekolah sudah habis seminggu yang lalu, tetapi dia belum juga diberi izin kembali ke kota. Anwar betul-betul sangat menyesal telah mengabaikan panggilan shalat Zhuhur di masjid. Walaupun sebenarnya, baru sekali itu dia lakukan. Tapi penyesalan tidak ada gunanya.
  
Untunglah kemudian, pamannya membantu membujuk ayahnya dan menjamin pelanggaran itu tidak akan terulang kembali. Akhirnya ayahnya membolehkannya kembali sekolah ke kota atas jaminan pamannya itu.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/08/24/ms09tm-akibat-tidak-peduli-seruan-azan
Read More

Kisah Pria Atheis Yang Akhirnya Memeluk Agama Islam

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/kisah-pria-atheis-yang-akhirnya-memeluk-agama-islam.html
Asalasah ~ Bagi Laurence, Islam sangatlah sesuai dengan keyakinannya.
Orangtua mana yang tak merasa bahagia atas kelahiran anak mereka? Perasaan itulah yang membuncah di dalam hati Laurence Brown saat bayi perempuan kecilnya terlahir. Kebahagiaan Laurence luntur seketika dan berubah menjadi ketakutan, karena bayi mungilnya divonis mengalami kelainan di arteri besar jantungnya.

Akibat kelainan itu, jantung Hanna --  nama anak perempuan Laurence itu -- tak bisa memasok oksigen ke seluruh tubuh mungilnya. Akibatnya tubuh bagian bawah sang gadis kecil terlihat membiru, seolah mati.

Dokter pun segera membawa Hanna ke ruang rawat intensif untuk menanganinya lebih lanjut. Laurence menyadari, penyakit yang diderita anaknya adalah masalah kecil yang banyak membuat orang meninggal. Dan mereka meninggal dengan cara yang tidak menyenangkan. Mereka harus menjalani operasi dan mengkonsumsi obat. Lalu beberapa tahun kemudian dioperasi lagi, dan terus begitu sampai ajal menjemput.

Menyaksikan kondisi putrinya yang lemah tak berdaya itu membuat lulusan tiga perguruan tinggi terkemuka, Cornell University, Brown Medical School, dan George Washington University itu tidak bisa mengontrol diri. Untuk pertama kalian, Laurence tak mampu menyelesaikan kesulitan yang dihadapinya.

Sebelumnya, Laurence selalu berupaya mengatasi kesulitannya yang dihadapinya. Ketika  membutuhkan lebih banyak uang, ia akan bekerja lebih keras agar memperoleh lebih banyak uang. Kali itu, ia benar-benar terpojok. Tak mampu berbuat apapun untuk menyelamatkan buah hatinya.

‘’Untuk pertama kalinya dalam hidup saya membutuhkan pertolongan,” ujar Laurence dalam The Deen Show, sebuah talkshow yang mengisahkan perjalanan hidup para mualaf. Laurance yang atheis alias tak mempercayai Tuhan baru tersadar. Ia membutuhkan bantuan Dia yang Maha Agung.

Laurence dibesarkan tanpa agama. Dia tidak pernah mengenal Tuhan. Kejadian ini justru membuatnya berkenalan dengan sosok yang dipercayai menjadi Pencipta. Melihat kondisi anaknya, ia melangkahkan kaki untuk pertama kalinya ke dalam ruang doa.

Dengan cara seorang atheis, ia berdoa kepada Tuhan.  “Tuhan, jika Engkau memang ada, maka selamatkanlah jiwaku — jika aku mempunyai jiwa. Aku butuh pertolongan-Mu.”
Ia lalu bernazar, ‘’Apabila Tuhan dapat menyelamatkan anak gadisnya dan menuntunnya pada agama yang paling Dia senangi, maka ia akan menjalankan agama tersebut.’’ Janji yang menurutnya cukup sederhana.

Tuhan pun mendengarkan doanya. Tuhan menyelamatkan anaknya dari kelainan jantung yang dideritanya. Hanna tidak harus dioperasi dan tidak lagi mengkonsumsi obat-obatan. Ia dapat tumbuh dewasa seperti anak-anak seumurnya.

Tentulah Laurence amat bahagia. Tim medis pun memberikan penjelasan yang logis bagi Laurence dan diri mereka sendiri mengenai kesembuhan Hanna. Tapi bagi Laurence, tidak ada penjelasan yang lebih logis daripada kuasa Tuhan atas kesembuhan Hanna.

Tuhan telah melaksanakan janjinya. Maka Laurence pun harus melaksanakan janjinya, yaitu menjalankan agama Tuhan. Pertama ia mempelajari Yahudi, namun kemudian ia berpindah ke Kristen. “Saya pikir saya menemukannya di dalam Kristen,” katanya ketika menceritakan pengalaman spiritualnya dalam mencari kebenaran.

Selama bertahun-tahun Laurence mencari kebenaran di dalam Kristen. Ia mengikuti berbagai jenis kebaktian, sekte, dan gereja Kristen. Ia ikut serta dalam sekte Quaker (perkumpulan agama sahabat, muncul di Inggris pada abad ke-17), Mormon, Katolik Roma, Yunani Ortodoks dan masih banyak lagi. Namun tidak satu pun yang dapat memuaskan pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal di hatinya.

Pensiunan perwira Angkatan Udara Amerika Serikat dengan pangkat mayor ini sering berdiskusi dengan pendeta mengenai beberapa hal tentang Kristen, namun pendeta tersebut tidak memberinya jawaban yang memuaskan. “Saya menyukai beberapa ajaran di dalam Kristen, tapi ada juga beberapa yang saya tidak mengerti dan mereka tidak bisa menjawabnya.”

Salah satu pertanyaan yang diajukannya kepada pendeta adalah mengenai fondasi agama itu sendiri. Seperti halnya trinitas. Setelah menelusuri Alkitab, ia tidak menemukan pernyataan yang mengatakan konsep trinitas. Tuhan, seperti yang tertulis dalam Perjanjian Lama, adalah satu.

Ketika ia membicarakan hal itu, pendetanya malah berkata, “Oh itu, saya lupa.” Laurence sangat terkejut. Bagaimana mungkin hal sepenting itu dan  menjadi landasan dalam agama dilupakan begitu saja.

Hal lain yang mengganggunya adalah keberadaan Yesus Kristus sebagai seorang Anak Tuhan. Penulis buku MisGod’ed, God’ed, dan The Eighth Scroll ini percaya bahwa Yesus adalah seorang manusia yang diutus sebagai nabi bagi umatnya. “Saya meminta kepada pendeta agar mereka membuktikan kepada saya bahwa Yesus adalah Tuhan atau anak Tuhan,” cetus Laurence.

Sebanyak 88 kali Yesus menyebut dirinya sebagai Anak Manusia di dalam Alkitab. Laurence tidak menemukan satu kalimat pun di dalam Alkitab yang menyatakan Yesus mengklaim dirinya sebagai anak Tuhan. Yesus yang merupakan pendeta Yahudi itu tidak pernah mengajarkan kepada setiap umatnya untuk menanggung dosa-dosa yang dilakukan Adam.

Setiap ayah tidak menanggung dosa anaknya, dan setiap anak tidak menanggung dosa ayahnya. Hal inilah yang selama ini menjadi pedoman setiap umat Kristen, yang diajarkan oleh Paulus. Namun kenyataannya, Yesus tidak pernah mengajarkan hal itu. “Setiap orang menanggung dosanya masing-masing,” kata Laurence mengutip dari Alkitab.

Karena ada dua ajaran yang ditemukannya, ajaran Yesus dan Paulus, Laurence harus membuat pilihan. Ia lebih nyaman dengan ajaran Yesus.  Ia pun mengikuti ajaran Yesus sang Nabi Allah. Laurence berhenti mempelajari Kristen karena agama tersebut tidak sesuai dengan keyakinannya.

Ia mempercayai Yesus adalah seorang Nabi, alih-alih seorang anak Tuhan. Semakin mempelajari Kristen dan berusaha untuk menjadi Kristiani yang taat, kian ia menyadari agama ini tidaklah cocok. Tidak satu sekte pun yang merepresentasikan keyakinannya, sampai ia menemukan Islam.

Ia menemukan dalam Alkitab Yesus berkata akan ada Nabi terakhir setelah dirinya. Muhammad datang membawa agama yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya, yaitu Islam. Dan bagi Laurence Islam sangatlah sesuai dengan keyakinan yang ia miliki. Ia pun mulai membaca Alquran dan buku-buku tentang Islam.

Dan setelah itu tidak ada lagi keraguan baginya untuk tidak memeluk Islam. “Buku-buku tersebut menjelaskan dengan jelas mengenai keyakinan yang saya anut. Dan karena itulah saya memilih Islam,” ujarnya bahagia.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/mualaf/13/08/15/mrfyp7-pria-atheis-ini-akhirnya-menemukan-sang-pencipta-dalam-islam
Read More

Ramadhan Selesai, Banyak Efek Positif Jika Dilakukan dengan Benar

`Puasa Berselang` Banyak Efek Positif Jika Dilakukan dengan Benar
Asalasah ~ Dampak buruk dari Intemittent Fasting (IF) tampaknya tidak terlalu banyak dialami oleh para pelakunya. Selain minusnya, diet dengan metode ini juga ada sisi positifnya yang bermanfaat untuk tubuh. Syaratnya, asal dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Jika diet ini dengan benar dan sungguh-sungguh dilakukan oleh para pelakunya, menurut pakar nutrisi dan diet dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MnD, akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

"Jadi, kalau kita benar-benar batasi makanan sewaktu jam puasanya, tetap olahraga dan pas jam makan dijaga enggak kalap, itu akan bagus," kata Leona, saat diwawancarai tim Health Liputan6.com, Jumat (23/8/2013)

Pada saat pelaku berpuasa, tambah dia, yang dibakar sebenarnya antara protein (otot) ini yang utama dan lemak. Kalau si pelaku diet tetap berolahraga, terutama weight training, itu berarti menjaga supaya jangan otot yang hilang sebagai sumber energi, tapi lapisan lemak.

"Dengan olahraga, kita menjaga metabolisme otot sebagai jaringan aktif yang tidak bisa digunakan sebagai sumber energi," tambah Liona.

Jadi, apabila ini dilakukan dengan sebaik-baiknya yang akan terjadi ketika berpuasa adalah lemak yang terbakar. Selain itu, pelaku diet akan terhindar dari dehidrasi, karena masih diperbolehkan untuk minum.

Selain itu, sewaktu makan bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian yang baik untuk otak.

"Minimum 50-60 gram karbo per hari itu bisa dipenuhi waktu makan tiba," terang dia.

"Untuk bisa memenuhi semua kebutuhan harian di jam yang terbatas, dibutuhkan pengetahuan lebih, atau info tentang nutrisi yang baik," tambah dia.

Karena bila ini tidak dilakukan, bisa saja si pelaku diet makannya tidak komplet dengan makan malam dan goreng-gorengan sampai kenanya.

"Atau cuma makan nasi dan lauk, sayurnya dilupakan karena dianggap nggak penting," tutupnya.

Baca Juga:  
Sumber: health.liputan6.com/read/673233/puasa-berselang-banyak-efek-positif-jika-dilakukan-dengan-benar
Read More

Rupiah Melemah. Harga Laptop Naik Rp 300 Ribu

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/rupiah-melemah-harga-laptop-naik-rp-300.htmlAsalasah ~ Menguatnya nilai dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah ternyata ikut berimbas pada harga barang-barang elektronik. Di pasar Glodok Jakarta Pusat, harga sejumlah laptop setidaknya sudah naik.

Pemilik Toko Laptop Pegasus, Ahua mengatakan, kenaikan harga produk elektronik seperti laptop sekitar 10%-20% sudah terjadi sejak rupiah mengalami pelemahan di awal pekan ini.

"Naiknya bisa mencapai rata-rata Rp 200 ribu-Rp 300 ribu dari harga Rp 4 juta per unit. Ini terjadi untuk semua merek dan tipe laptop, diantaranya Asus, Hp, Accer, Toshiba, Axioo, Sony dan lainnya," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Glodok, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Ahua mengatakan, produk elektronik memang berpatokan pada nilai tukar dolar AS. Jika kurs dolar AS menguat, maka harga barang elektronik pasti akan mengalami kenaikan.

"Walaupun bukan kami yang impor karena memang kami beli langsung dari supplier di Indonesia, tapi harga beli dari supplier juga sudah naik. Jadi mau tidak mau, kami terpaksa menaikkan harga jual," jelasnya.

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap penjualan laptop. Ahua mengaku, biasanya dalam kondisi rupiah stabil, pihaknya bisa menjual 10-12 unit per bulan.

"Tapi sekarang diperkirakan turun menjadi hanya 5-6 unit saja. Karena daya beli konsumen menurun akibat pelemahan mata uang rupiah dan penguatan dolar AS," papar dia.

Hal yang sama juga dirasakan Hari, salah satu Karyawan Toko Agen Jakarta di Pasar Glodok. Dia mengeluhkan kenaikan harga laptop, kamera dan handycam rata-rata sebesar 5%.

"Laptop dari yang harganya Rp 3,4 juta menjadi Rp 3,65 juta per unit. Kamera digital dari Rp 800 ribu menjadi Rp 950 ribu per unit dan handycam menjadi Rp 2,05 juta dari sebelumnya Rp 1,8 juta per unit," pungkas dia.

Sebelumnya, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bachrul Chairi juga telah memperkirakan pelemahan rupiah terhadap dollar AS bakal ikut mengerek harga jual ponsel. (Fik/Dew)

Baca Juga:  
Read More

Bocah China Ini Dapat Melihat dalam Gelap

Bocah Cina Bisa Melihat dalam GelapAsalasah ~ Generasi baru dengan perkembangan dan bakat yang luar biasa bermunculan di muka bumi, salah satunya, Nong Yousui. Bocah asal Cina ini memiliki kemampuan untuk melihat di dalam kegelapan. Tidak hanya itu, matanya pun memiliki warna yang unik, yakni berwarna biru cerah.

“Ini terjadi sejak ia lahir. Tim dokter mengatakan, matanya akan berhenti menyala saat ia tumbuh besar nanti dan akan berubah berwarna hitam seperti orang kebanyakan,” ujar ayah Nong dalam sebuah video, seperti dilansir laman Medical Daily, Rabu, 21 Agustus 2013.

Tidak hanya mampu melihat dalam gelap, mata Nong yang cerah akan semakin menyala jika disinari lampu senter. Meski memiliki kemampuan khusus, nyatanya Nong seringkali merasa tidak nyaman jika terpapar sinar matahari yang terlampau cerah.

Untuk menguji kemampuannya, seorang wartawan Cina menyiapkan satu set kuesioner yang harus diisi Nong dalam ruangan tanpa cahaya. Hasilnya mengejutkan, Nong mampu mengisi kuisinoer itu. Ia memiliki penglihatan di malam hari sebaik penglihatan siang hari pada kebanyakan orang.

Menurut laporan Real News 24, World Record Academy (organisasi internasional terkemuka yang mencatat rekor dunia) menetapkan Nong sebagai manusia pertama yang bisa melihat dalam gelap.

Penglihatan di malam hari (night vision) umumnya dimiliki oleh hewan, seperti kucing atau macan tutul. Kondisi ini disebabkan adana lapisan sel-sel yang tipis yang disebut tapetum lucidium. Belum diketahui secara pasti mengapa kondisi ini bisa terjadi pada manusia.

Kepada Live Science, James Reynolds, seorang dokter spesialis mata anak di Universitas New York, menuturkan bahwa Nong mungkin mengalami mutasi genetik tunggal yang membentuk tapetum lucidium pada manusia.

Kemampuan Nong ini memicu minat para ilmuwan di dunia, mulai dari ahli biologi evolusi hingga insinyur genetik. Jika ini benar-benar terjadi karena mutasi genetik, peneliti mungkin bisa menggunakan teknologi genetik untuk menciptakan kondisi ini secara sengaja pada manusia agar bisa melihat dalam gelap.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/29/060508486/Bocah-Cina-Bisa-Melihat-dalam-Gelap
Read More

Zahnrader, Wadah Himpunan Muslim di Jerman

Muslim Jerman (Illustrasi)
Asalasah ~ Anak-anak muda Muslim Jerman berhimpun. Mereka masuk pada sebuah wadah, Zahnrader (Gear Wheels). Mereka berpendidikan dan berlatar dari berbagai mazhab Islam. Pekerjaan anak-anak muda itu ada yang di pemasaran, insinyur, dan perusahaan teknologi informasi.

Mereka menyebut dirinya sebagai pembuat perubahan dan para social entrepreneur. Gerakan mereka memang ingin menawarkan beragam perubahan. Proyek-proyek, utamanya memberikan layanan bagi masyarakat. Termasuk, meningkatkan kesempatan belajar.

Menurut laporan laman berita Deutsche Welle, Kamis (22/8), Zahnrader sekarang sudah beroperasi lebih dari tiga tahun. Pada 2012, organisasi ini pernah bermitra dengan Ashoka, sebuah organisasi sosial entrepreneur terbesar di dunia.

Mereka pun menuai dukungan British Council dan Islamic Relief. “Zahnrader juga menjawab pertanyaan soal integrasi,” kata Ali Aslan Gumusay, anggota Dewan Direktur Zahnrader. Ia menambahkan, jaringan kerja yang luas sangat dibutuhkan.

Muslim, kata Gumusay, selama ini ingin berintegrasi. Namun, terkadang bingung sejauh mana integrasi dilakukan dan bagaimana caranya. Ia mengatakan, Zahnrader adalah sarana yang sesuai untuk membuat langkah integrasi lebih efektif.

Menurut calon doktor di Said Business School of Oxford University ini, Zahnrader memiliki 90 anggota aktif. “Kami menggerakkan proyek-proyek yang berdampak positif bagi masyarakat luas.” Biasanya ada lembaga yang mengajukan proyek ke Zahnrader.

Sejumlah proposal kegiatan dibahas dalam konferensi tahunan Zahnrader. Dari konferensi inilah ditetapkan kegiatan kemanusiaan apa yang pantas didukung dan memperoleh penghargaan.

Salah satu program yang masuk berasal dari Deaf Islam Association (DIA), yang didirikan tahun 2010 oleh Ege Karar dari Aachen.

DIA, yang mengadvokasi Muslim tunarungu, dipilih dari 50 proyek yang diajukan konferensi Zahnrader tahun 2013. Pertimbangannya, aktivitas DIA melahirkan manfaat positif. Mereka memberi perhatian kepada kelompok imigran tunarungu yang selama ini terabaikan.

Saat ini, masih sedikit penerjemah bahasa Arab dan Turki bagi 2.300 Muslim tunarungu yang hidup di Jerman. Seperti bahasa percakapan, bahasa isyarat bagi tunarungu berbeda dari satu negara dibandingkan negara lainnya.

Selain itu, sudah ada serangkaian diskusi di Hamburg. Isinya mengenai upaya pelatihan bagi penerjemah bahasa isyarat. Nantinya, penerjamah itu dipekerjakan di masjid-masjid. Karar mengatakan, butuh perhatian besar untuk para tunarungu itu.

“Masih banyak Muslim di Jerman yang kurang peduli dengan kebutuhan saudara Muslim yang tunarungu ini,” ujar Karar. Padahal, organisasi Islam di Inggris dan AS telah lama memberikan perhatian pada masalah tersebut.

Karar menambahkan, setelah dipilih oleh Zahnrader sebagai program kegiatan, kepedulian semakin meningkat. Banyak pemuda Muslim, ia mengungkapkan, yang terdorong untuk mempelajari bahasa isyarat. Mereka ingin membantu saudara mereka yang tak bisa mendengar itu.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/13/08/23/mrz5k2-zahnrader-jejaring-sosial-muslim-jerman
Read More

Olahraga Itu Harusnya Menyenangkan, 'No Pain Feel Gain'

Olahraga Itu Mestinya Menyenangkan,  Harus 'No Pain Feel Gain'
Asalasah ~ Banyak orang beranggapan olahraga itu kurang menyenangkan karena bikin sakit, pegal, capek dan sebagainya. Padahal jika dilakukan dengan benar, olahraga sangat menyenangkan.

Begitu disampaikan dokter spesialis olahraga dr Michael Triangto, Sp.KO. Menurutnya, masyarakat umum seharusnya mendapat perhatian yang sama seperti atlet dalam hal mengatasi dampak dari olahraga.

"Sayangnya dokter olahraga saat ini masih sedikit. Tapi sekarang coba perhatikan, masyarakat mendengar bahwa olahraga itu menyehatkan. Kemudian latihan terus tanpa tahu ternyata lutut atau bagian tubuhnya rusak," jelas Michael saat berbincang mengenai cedera para atlet di Gran Melia Hotel, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Michael menyontohkan, misalnya ada orang gemuk dan ingin sehat, ia lalu olahraga. Namun, tanpa sadar lututnya rusak.

"Jika hal ini terjadi, siapa yang menangani? mungkin ini yang menyebabkan masyarakat beralih ke terapi seperti fisioterapis atau bahkan tukang urut dan lainnya. Saya sendiri memasukkan sport therapy agar olahraga bisa menyenangkan dan mengurangi cedera," ungkapnya.

Michael berharap dengan sport therapy, masyarakat seharusnya diperkenalkan istilah 'No Pain Feel Gain' bukannya 'No Pain No Gain'.

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/673257/olahraga-itu-mestinya-menyenangkan-harus-no-pain-feel-gain
Read More

Rupiah Melemah, banyak Orang Menukarkan Dolar di Money changer

Asalasah ~ Sejumlah tempat penukaran uang atau money changer di Jakarta ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menukarkan uang saat harga dolar Amerika Serikat (AS) mencapai Rp 11.050.

Situasi di tempat penukaran uang di Jakarta/ilustrasi
Marketing PT Indo Multi-Valasindo, Yuni kepada Antara di Jakarta, mengatakan alasan mereka umumnya untuk kebutuhan pribadi maupun keperluan investasi. "Kalau di sini tetap saja banyak pelanggan yang ingin menukarkan uang walaupun harga dolar AS naik. Kebanyakan pelanggan yang datang menukarkan dolar ke rupiah, dan rata-rata mereka untuk investasi," ujarnya.

Harga dolar AS saat ini di PT Indo Multi-Valasindo kawasan Sabang, Jakarta Pusat sebesar Rp 11.050 untuk kurs beli, sementara Rp 11.250 untuk kurs jual. Hal itu dimanfaatkan oleh salah satu pelanggan di PT Indo Multi-Valasindo, Tanti, untuk menjual uang dolar AS yang dimilikinya agar mendapatkan keuntungan.

"Saya memang suka menyimpan uang dolar untuk investasi. Saya lihat harga dolar menguat dan cukup tinggi jika dibandingkan waktu pertama kali saya beli, sekitar Rp 9.000. Berarti kalau saya tukar saat ini, saya untung," kata Tanti.

Kondisi serupa juga terjadi di money changer PT Prima Sentral Dinamika, Tangerang yang terlihat ramai dikunjungi oleh para pelanggan yang ingin menukarkan uangnya. "Kalau di sini, jual atau beli sama saja, seimbang. Masih banyak yang mau beli dolar, yang jual juga banyak," kata Marketing PT Prima Sentral Dinamika, Soleh.

Selain digunakan sebagai investasi, masyarakat juga membutuhkan dolar AS sebagai kebutuhan mereka untuk bertransaksi saat berada di luar negeri. "Sebenarnya harga dolar saat ini memang sangat tinggi, tapi saya memang butuh, karena mau pergi keluar negeri. Oleh karena itu, mau tidak mau walau tinggi saya tetap harus beli," kata seorang wiraswasta, Hengky.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/13/08/24/mrz5em-ini-dampak-rupiah-melemah
Read More

Saat Hampir Mati, Manusia Melihat Cahaya Terang?

cahaya terang
Asalasah ~ Orang yang mengalami mati suri atau mendekati kematian sering kali melaporkan bahwa dirinya melihat cahaya terang. Ilmuwan terus bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi. Benarkah cahaya terang itu terkait hal-hal di luar nalar?

Dalam studi terbaru, seperti diberitakan kompas.com, ilmuwan mengungkapkan bahwa cahaya terang yang dilihat saat mendekati kematian mungkin saja dipicu oleh lonjakan aktivitas elektrik pada zona otak yang bertanggung jawab untuk penglihatan.

"Banyak orang mengira otak tidak aktif atau ada dalam aktivitas rendah (hipoaktif) setelah seseorang dinyatakan meninggal secara medis. Kami menunjukkan jika bukan hal tersebut yang terjadi," ujar Dr Jimo Borjigin dari University of Michigan yang menjadi penulis utama studi ini.

"Justru, maka otak menjadi lebih aktif saat menjelang kematian daripada ketika seseorang masih hidup," tambah Borjigin  yang memublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Borjigin dan rekannya memonitor aktivitas otak sembilan ekor tikus yang sekarat. Tiga puluh detik setelah jantung berhenti berdetak, gelombang otak frekuensi tinggi yang disebut osilasi gamma ternyata melonjak.

Gelombang tersebut adalah salah satu dari fitur saraf yang diduga mendukung dengan kesadaran pada manusia, terutama saat berperan menggabungkan informasi dari bagian otak yang berbeda. Pada tikus, aktivitas otak ini justru lebih tinggi sesaat setelah jantung berhenti daripada saat sadar.

Menurut Borjigin, hal yang sama mungkin juga terjadi pada manusia. Peningkatan aktivitas otak dan kesadaran bisa memicu penglihatan-penglihatan saat menjelang kematian atau ketika mengalami mati suri.

"Ini dapat memberikan kerangka untuk membantu menjelaskan (pengalaman melihat cahaya saat mendekati kematian). Fakta bahwa seseorang melihat cahaya sebelum meninggal mengindikasikan bahwa korteks visual dalam otak memiliki aktivitas yang tinggi," kata Borjigin.

Menanggapi hasil riset ini, Jason Braithwaite dari University of Birmingham berpendapat bahwa fenomena ini semacam "perayaan terakhir" yang dilakukan oleh otak. Temuan ini mendemonstrasikan pendapat yang diyakini sejak lama, yakni dalam kondisi tak biasa, aktivitas otak bisa melonjak.

Dr Chris Chambers dari Cardiff University menyatakan, masih sangat sedikit yang diketahui tentang kematian pada manusia. Temuan menarik ini dapat membuka pintu untuk studi lebih jauh pada manusia sendiri.

"Namun kita juga harus sangat berhati-hati sebelum menarik kesimpulan tentang pengalaman mendekati kematian pada manusia. Perlu dilakukan pengukuran aktivitas otak pada tikus selama proses jantungnya berhenti berdetak untuk mengetahui hubungan dengan pengalaman pada manusia," tambahnya.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.wartainfo.com/2013/08/saat-mendekati-kematian-mengapa-manusia.html
Read More

Penjelasan Tentang Koma, Tidur Panjang yang Dapat Mematikan

Koma, 'Tidur' Panjang yang Mengancam Nyawa
Asalasah ~ Koma terjadi akibat adanya gangguan pada otak dan menyebabkan penderitanya 'tertidur' dalam waktu yang lama. Pada kasus ini, 'tidur' tidak memberikan efek yang menyenangkan, namun malah memberikan ketakutan tersendiri. Sebab, penyakit ini dapat berujung pada kematian. Berikut penjelasan lengkap mengenai penyakit koma seperti dilansir Mayo Clinic, Jumat (23/8/2013):

Deskripsi
Koma merupakan sebuah keadaan di mana seseorang tidak sadarkan diri dalam waktu yang relatif lama. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada kepala. Selain itu, beberapa hal lain, seperti riwayat penyakit tertentu dan penggunaan obat atau alkohol turut meningkatkan risiko dari penyakit ini.

Umumnya, seseorang akan mengalami koma selama beberapa minggu dan jarang lebih dari itu. Namun, ada pula yang mengalami koma hingga waktu berbulan-bulan. Jika hal itu terjadi, kemungkinan untuk meninggal dunia lebih besar. Koma merupakaan keadaan darurat medis. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk melakukan pengobatan dengan cepat guna memulihkan fungsi otak dan mempertahankan hidup.

Bila penderita berhasil sembuh dari penyakit ini, mereka mungkin mengalami kecacatan dalam beberapa hal. Pengobatan yang lambat akan menyebabkan penderita mengalami komplikasi selama koma, seperti infeksi pada kandung kemih, tekanan pada luka, dan masalah lainnya.

Gejala
Tanda dan gejala yang umumnya dialami oleh orang yang mengalami koma, antara lain:
• Mata tertutup
• Pupil mata tidak menanggapi cahaya
• Tidak ada tanggapan dari anggota badan, termasuk ketika diberikan rangsangan yang menyakitkan, kecuali untuk gerakan refleks
• Pola napas tidak teratur

Penyebab
Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda mengalami koma, seperti:
• Stroke. Penyakit stroke akan mengganggu suplai darah ke otak. Akibatnya, otak akan kekurangan darah. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, seperti pembuluh darah tersumbat atau bahkan pecah. Bila tidak segera ditangani, penyakit ini dapat mengarah pada risiko koma.
• Diabetes. Penyakit diabetes menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi (hiperglikemia) dan bisa juga menjadi terlalu rendah (hipoglikemia). Hal ini dapat menimbulkan penyakit stroke atau bahkan koma.
• Tumor. Tumor pada otak atau batang otak dapat menyebabkan koma.
• Cedera pada otak. Tabrakan lalu lintas atau tindak kekerasan adalah penyebab umum dari koma. Sebab, kedua hal tersebut sangat berpotensi mengakibatkan cedera pada kepala bahkan otak.
• Kurangnya kadar oksigen. Penyakit jantung ataupun hal lain yang mungkin mengakibatkan kadar oksigen dalam otak berkurang berpotensi mengarah ke risiko koma.
• Infeksi. Infeksi seperti ensefalitis dan meningitis akan menyebabkan pembengkakan (inflamasi) pada otak, sumsum tulang belakang, atau pada jaringan yang mengelilingi otak. Bila infeksi tersebut sudah pada tahapan yang parah, hal itu dapat merusak otak dan kemudian menyebabkan koma.
• Kejang. Jika seseorang sering mengalami kejang, jangan sepelekan hal itu. Sebab, kejang dapat menyebabkan koma.
• Racun. Sering terkena paparan racun, seperti karbon monoksida atau timbal, dapat menyebabkan otak menjadi rusak dan hal itu mengarah pada koma.
• Obat-obatan dan alkohol. Penggunaan obat atau alkohol dengan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan koma.

Pengobatan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengobatan untuk penderita koma harus dilakukan dengan cepat. Penanganan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan nyawa Anda. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan untuk menentukan apa yang menyebabkan koma sehingga pilihan pengobatan yang dapat ditentukan dengan tepat. Berikut jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan oleh dokter:

1. Pemeriksaan fisik
Awalnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan kemudian meminta informasi dari keluarga dan rekan-rekan terdekat dari pasien. Biasanya dokter akan meminta rincian tentang kejadian yang dialami oleh pasien, seperti riwayat kesehatan, penggunaan obat-obatan dan narkoba, tanda dan gejala sebelum mengalami koma, dan lain sebagainya.

Setelah itu, dokter akan memeriksa gerakan dari pasien dan ukuran dari pupil matanya. Dokter juga akan memeriksa pola pernapasan dari si pasien di mana hal itu dapat membantunya untuk mendiagnosa penyebab koma. Tak hanya itu saja, dokter mungkin akan menyemprotkan air es dingin atau hangat ke bagian telinga pasien untuk mengamati reaksi mata.

2. Tes laboratorium
• Tes darah
Dokter akan mengambil sampel darah pasien untuk menghitung sel darah dengan lengkap, mengukur kadar elektrolit, glukosa, tiroid, dan melihat fungsi hati. Dengan melakukan jenis pemeriksaan ini, dokter dapat melihat apakah pasien mengalami keracunan karbon monoksida atau overdosis dari penggunaan obat-obatan dan narkoba.

• Tes pencitraan
Jenis pemeriksaan ini dilakukan untuk membantu dokter melihat apakah ada area pada otak yang mengalami cedera. Berikut beberapa jenis tes pencitraan yang biasanya dilakukan oleh dokter:

1. Computerized tomography (CT) scan
Pada pemeriksaan ini, dokter menggunakan serangkaian sinar-X untuk membuat gambaran rinci dari otak pasien. CT scan dapat menunjukkan apakah pasien mengalami pendarahan pada otak, tumor, stroke, atau kondisi lain yang menyebabkan koma.

2. Magnetic resonance imaging (MRI)
MRI menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat untuk memberikan tampilan rinci dari otak. MRI dapat mendeteksi apakah otak mengalami kerusakan akibat stroke, pendarahan otak, dan kondisi lain. Selain itu, MRI juga sangat berguna untuk memeriksa batang otak dan struktur otak bagian dalam.

3. Electroencephalography (EEG)
Jenis pemeriksaan ini digunakan untuk mengukur aktivitas listrik di dalam otak. Dokter akan menggunakan elektroda berukuran kecil dan ditempelkan pada kulit kepala si pasien. Kemudian, dokter mengirimkan arus listrik bertegangan rendah melalui elektroda tersebut. Impuls listrik dalam otak kemudian direkam. Dengan begitu, dokter dapat mengetahui apakah koma yang dialami pasien diakibatkan oleh kejang.

Selain melakukan pemeriksaan seperti di atas, dokter mungkin akan memberikan ketukan pada tulang belakang si pasien (pungsi lumbal). Selama melakukan prosedur ini, dokter akan memasukkan jarum kecil ke kanal tulang belakang dan mengumpulkan sejumlah kecil cairan untuk analisis. Dengan melakukan hal itu, dokter dapat melihat tanda-tanda infeksi pada sistem saraf.

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter tetap menjaga pernapasan (respirasi) dan pola sirkulasi dari pasien. Dokter mungkin akan memberikan bantuan pernapasan, transfusi darah, dan perawatan suportif lainnya. Tak hanya dokter saja, personil darurat juga akan membantu dokter untuk mengatur glukosa atau antibiotik intravena.

Hal ini mungkin akan dilakukan walaupun laboratorium belum memberikan hasil dari tes darah pasien. Pilihan pengobatan untuk koma sangatlah bervariasi di mana hal ini bergantung pada penyebab koma itu sendiri. Jika penyakit koma yang dialami pasien merupakan hasil dari overdosis obat, dokter akan memberikan obat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Namun, jika koma diakibatkan oleh kejang, dokter akan memberikan obat untuk mengontrol kejang terlebih dahulu. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan kepada penderita koma untuk melakukan pengobatan lain, seperti terapi, untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga:  
Read More

Kayak di Indonesia, Di China Juga Susah Larang Orang Merokok

Kayak di Indonesia, Larang Orang Merokok Juga Susah di China
Asalasah ~ Sebuah survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan China mengungkapkan tidak mudahnya melarang merokok di tempat umum di ruang tertutup apalagi bila tak diawasi secara ketat, kata seorang pejabat senior kesehatan di Beijing, Rabu 21 Agustus.

Wang Suyang, Direktur Pusat Nasional bagi Pengawasan dan Pemeriksaan Kesehatan di Kementerian Kesehatan, mengatakan selama program survei tersebut, pusat itu telah memantau pelaksanaan larangan merokok di 144 restoran dan 140 hotel serta tempat penginapan di Provinsi Heilongjiang, Shandong dan Gansu serta Wilayah Otonomi Uygur Xinjiang selama satu tahun belakangan.

"Di semua tempat itu, pelaksanaan antimerokok lemah. Terlebih lagi, hanya 6,1 persen tempat usaha telah merancang daerah merokok, dan hanya 1,4 persen memiliki tanda peringatan larangan merokok untuk mengingatkan perokok," kata Wang seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (22/8/2013).

China memberlakukan larangan merokok di ruang tertutup di tempat umum mulai Mei 2011.

Para ahli menyatakan pelaksanaan peraturan tersebut menghadapi tantangan sebab peraturan itu tak memiliki klausul khusus tentang prosedur pelaksanaan dan hukuman bagi perokok di dalam ruangan.

Wang menyatakan 90 persen perokok di daerah yang disurvei mengakui mereka akan mematikan rokok mereka, kalau saja mereka diberitahu untuk tidak merokok.

China adalah negara pengkonsumsi dan produsen terbesar tembakau di dunia. China memiliki lebih dari 300 juta perokok dan sebanyak 740 juta orang lagi terpengaruh sebagai perokok pasif, demikian data resmi. Sebanyak satu juta orang China meninggal akibat penyakit yang berkaitan dengan tembakau setiap tahun.

Wang mengatakan pemantauan merokok pada masa depan di negeri itu mesti menjelaskan bahwa pemilik tempat usaha akan diperiksa jika ada laporan bahwa orang merokok di dalam ruang di tempat usaha mereka.

Baca Juga:  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/672234/kayak-di-indonesia-larang-orang-merokok-juga-susah-di-china
Read More

Mencari Tau Gen Adam dan Hawa

Menyingkap Gen Adam dan Hawa
Asalasah ~ Penelitian terbaru menyebutkan, hampir semua pria dapat melacak asal muasalnya dari leluhur yang hidup sekitar 135 ribu tahun lalu. Leluhur tersebut kemudian menghasilkan keturunan bersama seseorang yang menjadi ibu dari seluruh wanita di dunia.

Penemuan yang dipublikasikan Kamis lalu oleh jurnal Science ini merupakan hasil riset dari analisis lengkap mengenai kromosom seks pria, atau dikenal dengan kromosom Y. Riset tersebut menjadi pembaruan dari penelitian sebelumnya yang menyimpulkan, pria pertama hidup sekitar 50 ribu hingga 60 ribu tahun lalu.

Meski terdapat tumpang tindih kapan waktu Adam dan Hawa hidup, ada kemungkinan keduanya tidak hidup berdekatan. "Adam dan Hawa tidak mengenal satu sama lain," kata pakar genetik dari University of California, Berkeley, Melissa Wilson Sayres, yang terlibat dalam studi ini.

Para peneliti percaya bahwa manusia modern meninggalkan Afrika antara 60 ribu hingga 200 tahun lalu. Kemudian, wanita pertama di dunia diperkirakan berasal dari Afrika Timur. Namun, lebih dari itu, detil mengenai kesimpulannya masih kabur.

Kromosom Y menurunkan sifat identik ayah kepada anak laki-lakinya. Jadi, mutasi atau perubahan titik pada kromosom seks pria dapat melacak garis keturunan pria pertama di dunia.

Sebaliknya, DNA dari mitokondria, yang menjadi sumber energi bagi sel, dibawa oleh sel telur. Sehingga, hanya wanita yang dapat menurunkan kepada anak-anaknya. DNA ini tersembunyi di dalam mitokondria dan dapat menarik garis keturunan dari Hawa.

Ilmuwan lainnya dari Stanford University, Carlos Bustamante mengatakan, sepanjang waktu, kromosom pria terduplikasi dan tercampur aduk dengan DNA yang terurai. Hasilnya, menyatukan seluruh frakmen DNA dari gen yang terpisah, sama halnya seperti menyusun puzzle tanpa ada gambaran gambar apa yang akan dibentuk.

Bustamante bersama koleganya menyusun potongan puzzle yang lebih besar dengan memisahkan kromosom Y dari 69 sampel pria dari tujuh populasi di wilayah San Bushmen di Afrika hingga Yakut di Siberia. Dengan memperkirakan tingkat mutasi atau perubahan secara arkeologis, seperti misalnya migrasi di sepanjang Selat Bering, tim ilmuwan menyimpulkan bahwa pria di seluruh dunia memiliki gen yang berasal dari Afrika yang ada sekitar 125 ribu hingga 156 ribu tahun lalu.

Sebagai tambahan, mitokondria DNA dari pria, memiliki kemiripan dengan sampel yang diperoleh dari 24 wanita. Gen wanita tersebut jika ditarik garis keturunan, berasal dari mitokondria Hawa yang tinggal di Afrika antara 99 ribu tahun hingga 148 ribu tahun. Artinya, waktu tersebut sama dengan asal kromosom Y saat Adam Hidup.

Pakar evolusi genetik dari University of Arizona, Michael Hammer menyatakan, hasil penelitian tersebut mencengangkan. Meski dia tidak terlibat dengan penelitian tersebut, namun Hammer turut melakukan penelitian yang sama. Studi itu menunjukkan bahwa Adam diperkirakan hidup antara 180 ribu hingga 200 ribu tahun lalu.

Studi yang dilakukan Hammer dipublikasikan lewat Journal of Human Genetics, yang emnunjukkan bahwa sejumlah pria di Afrika memiliki sifat genetik yang unik. Kromosom Y yang berbeda, jika ditarik garis keturunannya, diperkirakan berasal dari pria pertama di dunia yang dhidup antara 237 ribu hingga 581 ribu tahun lalu.

"Ini bahkan tidak cocok dengan grafik pohon keluarga yang disusun oleh tim penelitian yang dilakukan oleh Bustamante," ujar Hammer kepada situs LiveScience. Dia menyebutkan, Adam hidup di waktu yang lebih lama.

Studi genetik selalu bergantung dari sampel DNA, yang mengembangkan gambaran yang sering kali belum lengkap mengenai sejarah manusia. Secara singkat, tim Hammer menguji sampel kelompok pria yang sebelumnya diuji oleh tim Bustamante. Hal ini untuk melakukan estimasi mengenai kapan tepatnya manusia pertama hidup.

Manusia yang diteliti ini tidak dapat disejajarkan dengan Adam dan hawa menurut kepercayaan yang tertuang di Injil. Disebutkan bahwa keduanya bukanlah manusia modern pertama di bumi. Hammer mengatakan, genom yang terdapat pada manusia mengandung potongan DNA dari banyak turunan, sehingga potongan DNA tersebut tidak muncul melalui mitokondria atau kromosom Y. Dia menyebutkan, jika wanita purba pertama hanya memiliki anak laki-laki, kemudian mitokondria DNA miliknya akan menghilang. Bahkan jika anak laki-lakinya menurunkan seperempat DNA ibunya melalui genom.

Menanggapi sanggahan Hammer, Bustamante bersama timnya sedang memisahkan kromosom Y dari hampir 2 ribu laki-laki. Data itu diharapkan dapat menentukan secara tepat waktu hidup manusia pertama di bumi.

"Ini sangat menarik," kata Wilson, menanggapi dua pendapat berbeda mengenai Adam dan Hawa. Dia mengatakan, semakin banyak populasi di dunia, maka secara fisik akan semakin mudah memastikan kapan waktu hidup manusia pertama

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/04/061502184/Menyingkap-Gen-Adam-dan-Hawa
Read More

Tulisan Tangan Akan Jadi Jelek Jika Keseringan Mengetik

Sering Mengetik Bikin Seni Tulisan Tangan Hilang
Asalasah ~ Terlalu banyak memencet tombol di ponsel untuk mengetik SMS dan keyboard komputer menyebabkan kita mengabaikan tulisan tangan. Tanpa disadari, keindahan tulisan kita akan hilang dengan sendirinya.

Dalam tulisannya di The Guardian, Rin Hamburgh menyatakan sangat menyayangkan hilangnya seni tulisan yang ia miliki. "Saya sangat mencintai masa kecil saya yang terus belajar menulis 'a' dengan satu lengan di atas lingkaran," tulis Rin.

Padahal dia sangat menyadari kalau teknologi merusak kemampuan menulis seseorang. Era digital telah meninggalkan kebiasaan seseorang untuk membuat catatan sederhana dengan tulisan tangan.

Mungkin kebanyakan orang menganggap tidak penting. Namun ada beberapa yang memperhatikan itu, salah satunya Asosiasi Tulisan Tangan Nasional. Asosiasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya tulisan tangan. Bahkan tanggal 23 Januari ditetapkan sebagai hari tulisan tangan nasional di Amerika.

Ada beberapa argumen untuk tetap mempertahankan tulisan tangan, yakni menganggap menulis menjadi sebuah bentuk seni, tradisi sejarah dan sebagai alat berekspresi.

Namun alasan penting untuk tetap mempertahankan tulisan tangan adalah dengan menulis kita mampu melatih koordinasi antara tangan dan mata serta melatih keterampilan motorik. Bahkan beberapa ahli menunjukkan adanya hubungan antara tulisan tangan dan kemampuan belajar.

Baca Juga:  
Read More