Siswa SMA Ini Mengubah Cangkang Telur Jadi Pasta Gigi

Sikat gigi
Asalasah ~ Siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta mengubah cangkang telur bebek menjadi pasta gigi yang diklaim lebih sehat dibanding pasta gigi pabrikan yang banyak mengandung fluoride.

Karya siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, Fransisca Maria dan Fadillah Zahra itu, menjadi salah satu dari 56 kelompok peserta Lomba Teknologi Tepat Guna antarsiswa SMA dan sederajat yang digelar di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (19/9).

"Cangkang telur bebek memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok bila digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta gigi. Cangkang telur juga tidak mengandung polutan," kata Fransisca Maria siswa SMA 6 Yogyakarta yang membuat pasta gigi dari cangkang telur.

Kulit telur bebek yang telah dibersihkan dan dikeringkan kemudian dihancurkan hingga lembut. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan minyak peppermint, gliserin, dan ekstrak daun sirih, serta air jeruk nipis untuk memberikan rasa segar pada pasta gigi yang dibuat.

"Rasa yang diberikan bisa berbeda-beda, tergantung dari selera masing-masing," kata Fransisca yang sudah memakai produk pasta gigi buatannya tersebut. Ia dan Zahra berharap, dengan mengikuti lomba tersebut produk yang dihasilkannya bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

Selain karya tersebut, juga ditampilkan karya inovatif lainnya seperti helm dari serat pandan, generator CO2 untuk mengawetkan buah-buahan, obat nyamuk dari sereh dan kemangi, pembangkit listrik dari air hujan pada talang air, keripik bunga mawar, dan tempe dari biji nangka.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/13/09/19/mtd87o-siswa-ubah-cangkang-telur-jadi-pasta-gigi
Read More

Lift Yang Dibuat Menggunakan Sepeda, Unik Kreatif

Asalasah ~ Capek memanjat tangga rumah pohonya setinggi 30 kaki, Ethan Schlussler memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang dapat membawanya ke atas dalam waktu yang singkat.

Sang inovatif berumur 22 tahun yang berasal dari Sandpoint, Idaho ini dengan cepat mendapatkan ide membuat lift dengan menggunakan sepeda, dimana dapat membawanya ke atas pohon hanya 30 detik.

Pada awalnya lift sepeda ini terlalu cepat naik ke atas, sehingga Ethan harus mengurangi kecepatan dengan menyingkirkan de-railers dan membuat tensioner rantai baru dan pengelasan sproket depan dan belakang.

Setelah mengembangkan ide dasar di kepalanya, Schlussler mengatur memodifikasi sepedanya dengan potongan pengelasan besi tua ke frame sehingga ia bisa melampirkan poin dan katrol.

"Setelah tahap pertama dijalankan, rasio gigi hampir tidak cukup rendah karena saya bahkan tidak bisa mengayuh pedal itu sama sekali.'

"Pertama saya mengubah rasio gigi pada sepeda dengan menukar sproket depan yang besar ke belakang , tapi masih belum cukup mudah untuk mengayuh pedal, jadi saya menambahkan katrol ke dalam sistem untuk mendapatkan sedikit [mekanik] keuntungan,' katanya.

" Setelah saya seimbangkan dan disesuaikan, lift ini bekerja lebih baik daripada yang aku harapkan."

Untuk penyeimbang sepeda, Schlussler menggunakan tangki pemanas air tua yang telah dibuang airnya.

Proses membangun lift sepeda tersebut memakan waktu kurang dari seminggu .



Ethan Schlusser duduk di sepeda dan mulai menjajakan karyanya ini

Saat ia mulai pedal Schlusser dengan cepat naik ke rumah pohon setinggi 30 kaki di udara

Jauh lebih mudah daripada menaiki tangga

Perangkat cerdik Ethan ini menggunakan tangki pemanas air tua sebagai penyeimbang

Sepeda harus dirantai ke batu besar bila tidak digunakan atau gravitasi lain akan menyebabkan ia langsung naik lagi



Baca Juga:  
Sumber: http://forum.republika.co.id/showthread.php?100648-Lift-buatan-dari-sepeda-Ini-baru-kreatif!&p=319171#post319171
Read More

Otak Manusia Yang Satu Ini Sangat Mulus

Aneh, Otak Manusia Ini Sangat Mulus
Asalasah ~ Ada yang aneh dengan spesimen otak manusia yang dipajang di museum Universitas Texas di Austin, Amerika Serikat. Permukaan otak itu sangat mulus, tidak seperti lazimnya otak manusia yang penuh lekukan dan lipatan untuk mendukung kinerja yang sangat kompleks.

Satu hal yang terlintas dalam pikiran saat melihat otak "aneh" itu: seperti apa hidup si pemilik otak? 

Fotografer Adam Voorhes mengatakan otak itu adalah milik bekas pasien sebuah fasilitas kesehatan mental yang kini bernama North Texas State Hospital. Pasien itu--belum diketahui pasti jenis kelaminnya--meninggal di sana pada 1970. 

Yang juga aneh adalah tabung awetan untuk menampung otak itu dilabeli dengan nomor referensi. Sedangkan mikrofilm yang berisi catatan medis si pasien telah hilang.

Voorhes menghabiskan satu tahun mencoba untuk melacak informasi detail tentang otak "aneh" itu dan hampir 100 spesimen otak manusia lain yang diawetkan dan menjadi koleksi Universitas Texas. "Namun usaha saya sia-sia," ujarnya, Rabu, 18 September 2013. 

Label pada tabung awetan menyatakan bahwa si pasien pemilik otak "aneh" menderita agyria--kelainan otak akibat kekurangan gyri dan sulci, lekukan dan lipatan yang dibentuk oleh korteks serebral yang umumnya berkerut. Kelainan yang juga dikenal sebagai lissencephaly ini terbilang sangat jarang, namun sering menyebabkan kematian sebelum si penderita berusia 10 tahun. Lissencephaly dapat menyebabkan kejang otot, kram otak, dan secara cepat mengurangi luas permukaan dari bagian utama otak, mengakibatkan berbagai kesulitan belajar.

David Dexter, yang menjalankan Parkinson's UK Brain Bank di Imperial College London, mengatakan belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. "Kami pernah menjumpai individu yang aneh dengan sulci yang hilang, tapi kondisinya tidak sedrastis otak ini," ucap dia, seperti dikutip Newscientist. Ia tidak terkejut si pemilik otak "aneh" ini bisa selamat sampai dewasa karena otak sangat adaptif, meskipun hal itu akan memicu efek yang merusak.

Awal tahun ini Universitas Texas telah melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) untuk mendokumentasikan struktur seluruh otak yang ada dalam koleksi. Hasil pemindaian diharapkan dapat menguak misteri tentang otak itu sendiri serta identitas orang yang memiliki otak itu, meskipun rincian hidupnya telah hilang selamanya.

Baca Juga:  
Read More

Bumi Mampu Bertahan 1,75 Miliar Tahun Lagi

Bumi Bisa Bertahan 1,75 Miliar Tahun Lagi
Asalasah ~ Riset ilmiah menunjukkan bahwa Bumi diperkirakan sudah berusia 4,5 miliar tahun. Planet Biru ini menyokong beragam evolusi makhluk hidup dan mengalami berbagai peristiwa mulai dari bencana alam hingga tabrakan asteroid selama periode itu. Penasaran sampai kapan planet biru ini mampu bertahan?

Penelitian terbaru menunjukkan planet ketiga dalam sistem tata surya ini bisa mendukung kehidupan hingga 1,75 miliar tahun lagi. Itulah kalkulasi usia habitat di Bumi selama tidak ada bencana nuklir hebat, tabrakan asteroid atau intervensi alam lainnya yang mampu menghancurkan planet.

Meski Bumi bisa bertahan dengan segala macam skenario bencana terdahsyat, kekuatan astronomi yang luar biasa tetap saja membuat planet itu tak bisa ditinggali lagi. Di masa datang, antara 1,75 hingga 3,25 miliar tahun dari sekarang, Bumi diprediksi keluar dari jalurnya di tata surya dan masuk ke "zona panas" mendekati matahari.

Perubahan suhu ekstrim adalah ancaman besar bagi kehidupan manusia dan bentuk kehidupan kompleks lainnya. “Manusia sudah kesulitan dengan adanya perubahan kecil suhu. Sementara dalam kondisi ekstrim hanya mikroba tertentu yang bisa bertahan,” kata Andrew Rushby, peneliti dari Universitas East Anglia di Inggris.

Keberadaan air menjadi kunci penting sebuah habitat layak atau tidak. Habitat layak sebuah planet seperti Bumi, dalam sistem tata surya mana pun, dipengaruhi oleh jarak planet dari mataharinya agar bisa memiliki air cair. Semakin dekat ke matahari lautan di Bumi akan menguap karena perubahan suhu ekstrim. Tentu saja kehidupan di Bumi termasuk manusia akan musnah sebelum planet masuk ke zona panas.

Rushby dan koleganya mengembangkan perangkat untuk mengukur usia evolusi kehidupan planet. Dalam riset yang dimuat di jurnal Astrobiologi pekan ini, mereka mengukur Bumi dan delapan planet yang masuk dalam zona habitat yang bisa dihuni termasuk Mars. Usia habitat Bumi diperkirakan mencapai 7,79 miliar tahun. Sementara usia habitat planet lain berkisar antara satu hingga 54,7 miliar tahun.

Fokus utama peneliti kini bagaimana mencari kehidupan di planet lain dan bukan cuma menentukan kapan Bumi mati. Ini berhubungan dengan proses evolusi di Bumi yang sangat kompleks dan terjadi dalam waktu yang panjang. Sel sederhana pertama muncul empat miliar tahun lalu. Serangga muncul baru 400 juta tahun yang lalu disusul oleh kehadiran dinosaurus 100 tahun kemudian. Tanaman berbunga sendiri baru muncul sekitar 130 juta tahun yang lalu.

"Manusia modern saja baru ada dalam 200 ribu tahun terakhir ini, jadi butuh waktu yang sangat panjang bagi satu bentuk kehidupan untuk berkembang," kata Rushby.

Hingga saat ini belum ada planet lain yang kualitasnya sama dengan Bumi untuk menyokong kehidupan. "Jika kita harus pindah ke planet lain, Mars adalah opsi terbaik," kata Rushby. "Planet itu dekat dan akan tetap berada dalam zona aman hingga masa aktif matahari berakhir, sekitar enam miliar tahun dari sekarang."

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/09/20/061515037/Bumi-Bisa-Bertahan-175-Miliar-Tahun-Lagi
Read More

Ternyata Inti Bumi Berputar ke Arah Timur

Inti Bumi Berputar ke Arah Timur
Asalasah ~ Jakarta--Para ilmuwan di Universitas Leeds berhasil memecahkan teka-teki berusia 300 tahun tentang ke arah mana inti bumi sebenarnya berputar. Hasil penelitian mereka menjelaskan bahwa inti bumi, yang terbuat dari logam solid, sebenarnya berotasi ke arah timur. Sementara selubung inti bumi yang merupakan logam cair berputar ke arah barat dengan kecepatan yang lebih rendah.

Gerakan rotasi ke arah barat akibat medan geomagnet sebenarnya sudah dikemukakan Edmund Halley, ilmuwan yang juga menemukan komet terkenal itu, pada tahun 1962. Namun baru kali ini para ilmuwan berhasil menemukan hubungan antara putaran inti bumi dan gerakan selubung inti bumi sebagai akibat dari pengaruh medan geomagnet bumi.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences edisi 16 September itu membantu para peneliti untuk menjelaskan dinamika inti Bumi yang merupakan sumber medan magnet planet. Dalam beberapa dekade terakhir, seismometer mengidentifikasi putaran ke arah timur dan hal itu menunjukkan inti Bumi yang solid itu melakukan gerakan super-rotasi.

“Kasus ini bisa dijelaskan secara sederhana dengan teori aksi dan reaksi. Medan magnet mendorong inti bumi padat berputar ke timur, lebih cepat dari putaran Bumi dan pada saat yang sama mendorong selubung inti bumi yang cair berputar ke arah sebaliknya,” kata Philip Livermore, peneliti dari Lembaga Kajian Bumi dan Lingkungan di Universitas Leeds.

Inti padat Bumi yang berukuran sebesar bulan itu dibungkus oleh selubung cairan logam. Medan magnet internal Bumi sebenarnya berubah secara perlahan-lahan, dalam skala dekade, yang menyebabkan daya elektromagnetik mendorong inti dalam dan luar untuk berubah seiring waktu. Hal ini yang menyebabkan terjadinya fluktuasi dalam gerakan rotasi inti Bumi ke arah timur, sebuah fenomena yang sudah dilaporkan sejak 50 tahun terakhir oleh para ilmuwan.

Penelitian lain yang berfokus pada artefak arkeologi dan bebatuan berusia ratusan hingga ribuan tahun menyimpulkan bahwa gerakan rotasi tidak ke arah barat. Gerakan rotasi ke arah timur sebetulnya sudah ada dalam 3000 tahun terakhir. Dari model inilah terlihat bahwa inti Bumi ada yang berputar ke arah barat pada periode itu.

Sebuah model inti Bumi dibuat dengan menggunakan super-komputer raksasa Monte Rosa di Pusat Super-komputer Nasional di Lugano, Swiss. Dengan model terbaru ini, para peneliti bisa melakukan simulasi inti Bumi dengan tingkat akurasi 100 kali lebih baik ketimbang model lainnya.

Baca Juga:  


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/09/18/061514284/Inti-Bumi-Berputar-ke-Arah-Timur
Read More

Asia dan Timur Tengah Juara Pertumbuhan Pencakar Langit

Asalasah ~ Laporan baru The Built Asset Wealth Index (Indeks Kekayaan Aset Terbangun) yang dikutip  Constructionweek Online, Senin (2/9/2013), memperkirakan Asia dan Timur Tengah merupakan wilayah dengan pertumbuhan gedung-gedung baru paling pesat, dalam satu dekade ke depan.

Meski dalam hal nilai keseluruhan aset terbangun, Amerika Serikat masih merupakan pasar terbesar di seluruh dunia dengan stok bangunan senilai 39,7 triliun AS, diikuti oleh China senilai  35,4 triliun dollar AS, Uni Emirat Arab (UEA) dinilai paling prospektif.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Qatar saat ini berada di antara negara-negara dengan kekayaan (koleksi) bangunan terendah. Negara ini diperkirakan memiliki "hutan beton" senilai 300 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 3.267 triliun.

Tak sebanding dengan tingkat kekayaan bangunan per kapitanya yang mencapai 143.000 dollar AS (Rp 1,5 miliar). Tepat di belakang Singapura dengan nilai 156.000 dollar AS (Rp 1,6 miliar), Jepang dan Australia. Padahal, Qatar juga memiliki pasar yang tumbuh paling cepat pada tahun lalu, yakni sebesar 8,4 persen.

Selama sepuluh tahun ke depan, pasok aset properti yang dibangun di Timur Tengah akan melejit sebanyak 63 persen menjadi 8,7 triliun dollar AS. Pasar aset terbangun di Uni Emirat Arab diperkirakan juga mengalami pertumbuhan dengan tingkat PDB tahunan mencapai 6-7 persen.

UEA paling prospektif karena negara jazirah ini telah memiliki tingkat kekayaan aset terbangun lebih tinggi ketimbang PDB-nya. Mereka menempati urutan ke-25 dengan pencapaian 1 triliun dollar AS. Sangat penting untuk dicermati bahwa ekspansi aset terbangun dengan pengelolaan hati-hati berhasil memaksimalkan manfaat ekonomi dari kapasitas yang meningkat secara produktif.

Di atas UEA, ada Arab Saudi yang bertengger di posisi 20 dengan nilai 2,1 triliun dollar AS dan  Qatar di peringkat 30 (300 miliar dollar AS) .

Head of Property and Social Infrastructure EC Harris's Middle East, Terry Tommason, mengatakan, mengingat ukuran relatif negara-negara seperti Qatar dan UEA dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat dan China, tidak mengherankan bila Timur Tengah saat ini tidak memiliki nilai aset terbangun tertinggi di panggung global.

"Namun yang mengejutkan adalah bahwa Timur Tengah tumbuh melebihi pesaing globalnya, dan sudah mengalahkan banyak negara lain," ujar Terry.

Di saat keseimbangan kekuatan ekonomi tengah bergeser, terlihat negara-negara di Timur dengan cadangan kas yang besar berinvestasi di kawasan-kawasan tertentu pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sedangkan negara-negara di Barat memiliki kawasan yang sudah "menua", dan tak memiliki banyak uang untuk mengubahnya secara signifikan. Ini merupakan konsekuensi bahwa telah terjadi keseimbangan kekuatan ekonomi dan politik di negara-negara berkembang dan kesenjangan pun terjembatani.

Baca Juga:  
Read More

Akibat Narsis Foto Diri Sendiri, Kekacauan Fatal Terjadi

http://images.detik.com/content/2013/09/18/398/hongkongdaleminii.jpg
Asalasah ~ Jakarta - Selfie atau memotret diri sendiri jika dilakukan di waktu dan tempat yang salah, bisa berakibat fatal. Inilah yang terjadi di gelaran Hongkong Marathon sehingga memicu pihak penyelenggara untuk melakukan sebuah kampanye.

Aksi selfie yang salah tempat ini dilakukan oleh salah satu pelari wanita di kompetisi lari tersebut. Foto narsis inipun berujung pada kecelakaan dimana para pelari saling bertubrukan.

Dikutip dari AFP, Rabu (18/9/2013), wanita ini melakukan selfie saat dimulainya perlombaan lari 10 kilometer itu. Apesnya, ia tak sengaja menjatuhkan handphone, yang menjadi awal mula dari 'kecelakaan'.

Nah, untuk mengantisipasi hal serupa terulang, pihak penyelenggara mulai melakukan kampanye anti-selfie pada 16 Februari mendatang. Mereka menilai, jika hanya memblokir penggunaan ponsel saat marathon berlangsung, akan percuma.
http://asalasah.blogspot.com/2013/09/akibat-narsis-foto-diri-sendiri.html

(Selfie/GettyImages)

"Masalahnya adalah ada sejumlah pelari yang mencoba mengambil foto diri sendiri dengan memakai smartphone. Apa yang coba kami lakukan adalah mendorong orang-orang untuk tidak melakukannya," ujar Benjamin Hung Oi-cheng, chief executive Standard Chartered, yang mensponsori acara itu.

Adapun kampanye anti-selfie yang mereka lakukan akan melibatkan Facebook, televisi dan radio. Selfie sendiri cukup populer di kalangan pecinta foto, sampai-sampai kata ini dimasukkan ke kamus Oxford, Agustus silam.

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/09/18/181618/2362683/398/dilarang-foto-narsis-saat-lomba-lari?i991102105
Read More

'Mesin Uang' Bill Gates Bukan Cuma Dari Microsoft

http://asalasah.blogspot.com/2013/09/mesin-uang-bill-gates-bukan-cuma-dari.htmlAsalasah ~ Semua juga tahu bahwa Bill Gates adalah salah satu orang paling kaya di kolong bumi. Tapi tak banyak yang tahu bahwa Gates menghasilkan kekayaannya justru tak cuma dari Microsoft.

Selama kurun waktu 20 tahun, majalah Forbes menahbiskan pendiri Microsoft tersebut sebagai pemuncak daftar orang paling kaya di dunia. Tercatat Gates mempunyai uang tak kurang dari USD 72 miliar.

Tapi sumber uang tersebut seluruhnya bukan cuma berasal dari Microsoft, namun justru dihasilkan dari perusahaan lain yang diinvestasikan oleh Gates.

Dikutip detikINET dari Bussines Insider, Selasa (18/9/2013), Microsoft memang memberikan Gates pundi-pundi kekayaan. Termasuk saat Steve Ballmer mengundurkan diri, saham Microsoft mengalami kenaikan. Akan tetapi Gates menyisihkan sebagian besar uangnya dari Microsoft untuk kegiatan amal.

Seperti diketahui, Bill Gates dikenal sebagai pribadi yang dermawan. Yayasan yang dibangunnya bersama sang istri, Melinda Gates, tak segan-segan menggelontorkan dana yang tak sedikit.

Yayasan Gates ini berfokus pada pengembangan ilmu dan teknologi untuk memerangi penyakit yang menjangkit negara miskin di benua Afrika. Kendati sudah menghabiskan hartanya untuk amal, Bill Gates nyatanya tetap kaya raya.

Hal ini lantaran sosok yang pernah drop-out dari Harvard itu menangguk keuntungan dari perusahaan yang diinvestasikannya seperti di perusahaan pembuat traktor Deere & Co., perusahaan kereta api Canadian National Railway dan perusahaan pembuatan botol coke di Meksiko Femsa.

Memang tak diketahui berapa detil pemasukan yang didapatkan Gates dari perusahaan yang diinvestasikannya tersebut. Tapi yang jelas, berkat caranya itu dia bisa memperkaya diri sekaligus beramal.

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/09/18/085836/2361732/398/mesin-uang-bill-gates-tak-cuma-microsoft?topnews
Read More

Karena Beli GTA V, Remaja Selamatkan Korban Kebakaran

http://images.detik.com/content/2013/09/18/654/original.jpg
Asalasah ~ Tidak cuma cerita minor yang mengiringi kehadiran GTA v. Game bergenre open world action adventure ini ternyata juga memiliki imbas positif, bahkan sampai menyelamatkan nyawa seseorang.

Kisah ini dialami oleh kedua remaja asal Toronto, Kanada. Mereka pasti tak pernah menyangka bakal menjadi pahlawan bagi seorang kakek berusia 70 tahun, setelah mengantre hingga larut malam untuk mendapatkan keping disk GTA V.

Sepulang membeli GTA V, kedua remaja berusia 16 dan 17 tahun tersebut menemukan sebuah rumah yang terbakar tanpa ada satupun orang sekitar yang mengetahuinya. Lebih buruknya lagi, ada seorang kakek yang terjebak di dalamnya yang tengah meminta tolong.

Seperti detikINET kutip dari Kotaku, Rabu (18/9/2013), untungnya tidak butuh lama bagi pemadam kebakaran untuk datang ke lokasi. Setelah sebelumnya kedua remaja tersebut menghubungi 911 sekaligus berusaha mendobrak pintu yang menjebak sang kakek.

GTA V sendiri merupakan game open world action adventure yang paling dinanti. Berbagai hal unik rela dilakukan penggemarnya untuk dapat memainkannya, mulai dari berpura-pura menjadi polisi agar tak perlu mengantre hingga menjadi korban perampokan selepas membeli game anyar Rockstar tersebut.

Baca Juga:  
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/09/18/141738/2362219/654/berkat-gta-v-remaja-selamatkan-korban-kebakaran?i991103105
Read More

5 Kelebihan iPhone Dibanding Android

Asalasah ~ Android dan iOS merupakan dua platform mobile terbesar saat ini. Platform besar lain, seperti Windows Phone dan BlackBerry, masih tertinggal cukup jauh untuk sekadar mendekati jumlah pangsa pasar keduanya.

Sebagai dua platform besar, sangat wajar apabila penggemar masing-masing kubu gemar menyombongkan kemampuan kedua produk ini.

Nah, berikut lima hal yang bisa "disombongkan" oleh pengguna iPhone kepada pengguna Android:

1. Aplikasi terbaik selalu datang lebih awal ke iOS
Aplikasi-aplikasi terbaik, seperti Instagram, Vine, dan Plants vs Zombies 2, biasanya datang lebih awal ke aplikasi iOS. Aplikasi-aplikasi tersebut akan tersedia secara eksklusif terlebih dahulu di platform ini, sampai akhirnya pihak developer memutuskan untuk menghadirkannya di Android.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi untuk platform lain biasanya tidak sebentar. Lamanya ketersediaan sebuah aplikasi di Android disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan desain agar bisa berjalan optimal dan penggunaan fitur-fitur dasar Android.

2. Bisa langsung update software dari Apple secepatnya saat sudah tersedia
Pengguna Android harus bersabar cukup lama, kadang sampai berbulan-bulan, untuk mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Google. Sebagai contoh, Google telah merilis Android 4.3 pada akhir bulan Juli 2013. Namun, para pengguna perangkat Android, seperti HTC One, baru bisa mendapatkan update tersebut pada akhir bulan September 2013 mendatang.

Mengapa update software perlu menunggu lama? Setelah Google merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka, pihak pengembang akan menguji coba apakah versi baru ini dapat berjalan dengan baik di perangkat buatan mereka. Para vendor yang memiliki theme atau tampilan antarmuka sendiri, juga harus menguji, apakah fitur baru di sistem operasi ini tidak konflik dengan yang sudah ada.

3. Tidak seperti kebanyakan ponsel Android, iPhone terbuat dari bahan metal dan kaca
Beberapa perangkat Android memang tidak dipersenjatai dengan bahan kelas atas. Kebanyakan dari mereka masih menggunakan bahan plastik. Bahan tersebut memang dipilih karena mampu menjaga keringanan dan juga memberikan kemampuan tahan bentur.

Berbeda dari kebanyakan perangkat Android, Apple menggunakan bahan metal yang dilindungi dengan kaca. Hal tersebut memberikan kesan premium dan juga high-end.

4. Android terfragmentasi
Sistem operasi buatan Google ini memang sudah terfragmentasi (digunakan di berbagai macam perangkat yang berbeda) dan sering ditemuinya sebuah aplikasi Android yang tidak bekerja dengan baik di perangkat Android tertentu.

Banyak aplikasi Android yang tidak kompatibel pada perangkat dengan ukuran layar dan resolusi yang berbeda, terutama pada smartphone Android berlayar kecil atau yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Hal semacam ini bisa menyebabkan menyebabkan inkonsistensi pada perangkat Android.

Berbeda dari Android, Apple tidak perlu bekerja terlalu keras untuk masalah ini. Meski iPhone sudah memiliki 6 generasi, resolusi dan ukuran tidak terlalu berubah. Aplikasi akan secara konsisten bekerja di berbagai seri.

5. iTunes
Apple memiliki gudang musik, acara televisi, dan film yang sangat lengkap di iTunes. Para penggunanya tidak perlu menyediakan waktu khusus pergi ke toko untuk berbelanja kebutuhan hiburan. Pengguna hanya perlu mengunjungi iTunes, mencari apa yang dibutuhkan, dan saat itu juga mereka bisa langsung menikmatinya.

Baca Juga:  
Read More

Peneliti Bikin Robot Ular Untuk Jelajahi Planet Mars

Robot Ular Akan Dikirim Untuk Jelajahi MarsAsalasah ~  Bisakah robot ular dikirim untuk menjelajahi planet Mars? Itulah teori yang sedang diteliti para peneliti di Foundation for Scientific and Industrial Research (SINTEF). Mereka berencana mengirim robot ular untuk mengeksplorasi planet merah itu.

Para peneliti percaya bahwa robot ular bisa membantu mengatasi tantangan utama dalam menjelajahi Mars. Robot ular bisa merayap dengan baik seperti memanjat batu dan berpindah melalui lubang kecil. Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk mengumpulkan sampel berharga dari planet Mars yang selama ini sulit atau tidak mungkin untuk diperoleh.

Namun ukuran robot yang kecil masih dianggap sebagai rintangan. Karena itulah peneliti berencana memasangkan robot ular itu dengan rover agar bisa melintasi jarak lebih efisien.

"Salah satu opsinya adalah menjadikan robot itu menjadi salah satu lengan kendaraan, dengan kemampuan melepaskan diri dan menyambungkan dirinya kembali, sehingga dapat diturunkan ke tanah dan merangkak secara independen," kata salah sat peneliti Aksel Transeth.

Menurut yang dilansir laman The Verge, Jumat (20/9/2013), robot ular ini juga berpotensi membantu membebaskan rover jika terjebak di permukaan Mars.

Penelitian ini masih sangat awal, SINTEF saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk European Space Agency (ESA). "Kami memulai studi pada bulan Juni lalu dan rencananya akan berakhir pada bulan Desember mendatang," ujar Transeth lagi.

"Ada banyak tantangan yang masih harus kami atasi. Kami masih kesulitan mencari tahu bagaimana membuat robot ini bekerja dalam ruang bergelombang dan sangat terbatas," jelas Profesor robotik Howie Choset.

ESA berencana mengirim rover sendiri, ExoMars, pada tahun 2016 dan 2018. NASA yang saat ini masih mengandalkan Curiosity, juga berencana untuk mengirim rover lain ke Mars pada tahun 2020.

Baca Juga:  
Read More

7 Kelebihan Android Dibanding iPhone

http://asalasah.blogspot.com/2013/09/7-kelebihan-android-dibanding-iphone.htmlAsalasah ~ Tidak bisa dipungkiri, Android dan iPhone merupakan platform ponsel pintar paling populer saat ini. Platform mobile lain, seperti Windows Phone dan BlackBerry, masih tertinggal cukup jauh untuk sekadar mendekati jumlah pangsa pasar keduanya.

Tentu, baik Android maupun iPhone, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, ada beberapa fitur yang dimiliki Android yang hingga saat ini masih belum ada di iPhone.

Apa saja? Berikut 7 fitur eksklusif yang hanya ada di Android, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Layar yang lebih besar
Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Android dan iPhone adalah pihak yang mengembangkan perangkat. Hanya Apple sendiri yang mengembangkan iPhone, sedangkan Android tampak seperti proyek "keroyokan" semua vendor.

Hal tersebut tentu mendatangkan keuntungan bagi Android dari sisi desain perangkat. Dengan begitu banyaknya vendor yang mengembangkan perangkat berbasis Android, akan semakin banyak pula model-model ponsel Android yang dilahirkan.

Ponsel-ponsel ini pun akhirnya hadir dalam berbagai ukuran layar. Ponsel berbasis Android memiliki ukuran layar yang variatif, antara 3 inci hingga 7 inci. Sebagian besar perangkat Android sudah dirilis dengan bentang layar lebih dari 4 inci.

Sementara itu, iPhone hingga saat ini hanya memiliki dua ukuran layar, yaitu 3,5 inci (iPhone generasi pertama hingga 4S) dan 4 inci (iPhone 5).

Untuk urusan layar, Android memang bisa menyombongkan diri dengan mengatakan, "Perangkat-perangkat kami memiliki layar dengan ukuran lebih besar dari iPhone".

2. Dukungan terhadap kartu SD
Hanya ada empat kapasitas yang tersedia untuk perangkat iPhone, yaitu 8, 16, 32, dan 64 GB. Keempat kapasitas tersebut adalah harga mati karena iPhone tidak menyediakan slot kartu SD. Artinya, pengguna tidak bisa menambahkan kartu memori untuk memperluas kapasitasnya.

Berbeda dari iPhone, mayoritas perangkat berbasis Android sudah dilengkapi dengan dukungan kartu memori ini. Misalnya, apabila kapasitas media internal sebuah perangkat sebesar 64 GB dan ia mendukung kartu memori 64 GB, produk tersebut secara total memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB.

3. Bisa ganti baterai
Desain unibody iPhone memang keren. Namun, desain ini membuat komponen baterai tidak bisa dibongkar pasang. Artinya, apabila ada kerusakan atau baterai mulai "bocor", pengguna tidak bisa mengganti sendiri komponen tersebut.

Sebagian besar produk Android dilengkapi dengan kemampuan untuk menukar baterai. Ya, memang ada beberapa perangkat yang tidak bisa ditukar baterainya karena menggunakan desain unibody. Namun, desain tersebut hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat.

4. Kustomisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper animasi
iOS, sistem operasi yang digunakan di perangkat iPhone, telah memiliki pakemnya sendiri. Pengguna tidak bisa mengutak-atik layar home dengan menambahkan shortcut aplikasi di bagian tersebut. Pengguna juga tidak bisa memasukkan wallpaper bergerak alias animasi.

Sementara pengguna Android memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Pengguna bisa menambahkan widget, semacam shortcut yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya, di layar home. Ia juga mendukung wallpaper dalam bentuk animasi dan layar home bisa ditambahkan dengan berbagai shortcut aplikasi.

5. Aplikasi peta digital yang lebih baik
Tidak bisa dipungkiri, aplikasi Google Maps jauh lebih baik dibandingkan Apple Maps. Google Maps dapat menampilkan data yang lebih akurat dibandingkan aplikasi peta buatan Apple ini.

Memang para pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi Google Maps melalui App Store. Namun, pengguna Android sudah langsung menikmati aplikasi tersebut, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

6. Android menggunakan charger USB standar
iPhone 5 hadir dengan port charger yang berbeda dari generasi pendahulunya, dari 30 pin menjadi hanya 8 pin. Hal ini akan merepotkan orang yang memiliki berbagai perangkat mobile Apple. Bayangkan, bagaimana jika pengguna ini membawa iPhone generasi lama, iPad generasi 2, dan juga iPhone 5. Tentunya, ia harus membawa dua jenis charger sekaligus.

Hal tersebut berbeda dari pengguna Android. Rata-rata, jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Pengguna hanya perlu membawa satu jenis charger untuk mengisi daya berbagai jenis ponsel.

7. Sinkronisasi data Google yang sangat mudah
Para pengguna Android cukup memasukkan akun Google mereka ke ponsel dan secara otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark secara langsung berpindah ke Chrome di ponsel, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Sementara itu, pengguna iPhone harus memasukkan data akun satu per satu ke masing-masing aplikasi Google.

Baca Juga:  
Read More

2013, Bill Gates Masih Tetap yang Terkaya (di AS)

Asalasah ~ Pendiri perusahaan teknologi Microsoft, Bill Gates, masih menyandang gelarnya sebagai orang terkaya di Amerika Serikat selama 20 tahun berturut-turut.

Majalah Forbes merilis data 400 orang terkaya di AS. Sebagian besar nama dan peringkatnya tidak berubah dibandingkan tahun lalu. Mayoritas kekayaan mereka tumbuh dibandingkan tahun lalu, berkat kepemilikan saham yang kuat dan bisnis lainnya.

Menurut data Forbes, kekayaan bersih Gates tahun 2013 ini mencapai 72 miliar dollar AS, naik dari 66 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Posisi kedua ditempati oleh investor Warren Buffet dengan kekayaan 58,5 miliar dollar AS. Sementara di peringkat ketiga ada pendiri dan CEO Oracle, Larry Ellison, dengan kekayaan 41 miliar dollar AS.

Para pendiri perusahaan teknologi lain di AS juga masuk dalam daftar 20 orang terkaya. Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos, berada di peringkat 12 dengan kekayaan 27,2 miliar dollar AS.

Posisi 13 dan 14, ditempati oleh dua pendiri Google, yaitu Larry Page dengan total kekayaan 24,9 miliar dollar AS, dan Sergey Brin dengan 24,4 miliar dollar AS.

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, berada di peringkat 20 dengan kekayaan 19 miliar dollar AS. Kekayaannya di tahun ini naik 9,6 miliar dollar AS, berkat sukses Facebook dalam menggarap bisnis iklan di perangkat mobile.

Tepat di belakang Zuckerberg, ada CEO Microsoft Steve Ballmer, yang kini memiliki kekayaan 18 miliar dollar AS.

Baca Juga:  
Read More

Facebook Ditinggal Jutaan Penggunanya

Facebook mulai ditinggalkan pengguna [ilustrasi]Asalasah ~ Situs jejaring sosial dunia milik Mark Zuckerberg mulai ditinggalkan oleh penggunanya.

Hal itu tampak dari sebuah penelitian baru yang mengungkapkan bahwa kurang lebih 11 juta penggunanya di AS dan Inggris sudah tidak pernah lagi mengakses jejaring sosial fenomenal itu pada awal tahun 2013.

Penyebabnya diduga masalah privasi dan ketakukan akan kecanduan menggunakan Facebook.

Melansir Daily Mail, 18 September 2013, tim peneliti dari University of Vienna, Austria, mengumumkan saat ini semakin banyak orang yang mulai melakukan 'virtual identity suicide', istilah untuk bunuh diri secara virtual dengan menghapus akunnya di Facebook.

Berdasarkan analisis sampel 600 orang, tim peneliti menemukan alasan utama dari orang-orang meninggalkan Facebook adalah isu-isu perlindungan data, tekanan sosial dari teman-teman yang sudah banyak meninggalkan Facebook, dan ketidakpuasan akan fitur Facebook.

"Skor tertinggi adalah karena orang-orang lebih peduli dengan privasinya, daripada ketakutan akan kecanduan Internet," kata Stefan Stieger, Psikilog dari University of Vienna.

Dari penelitian tersebut diketahui beberapa alasan seseorang berhenti menggunakan Facebook, seperti masalah privasi (48,3 persen), ketidakpuasan umum (13,5 persen), tekanan sosial (12,6 persen), dan perasaan ketakutan kecanduan Internet (6,0 persen).

Sementara itu, menurut Brenda Wiederhold, Editor Jurnal Cyberpsychology, alasan orang berbondong-bondong meninggalkan Facebook adalah berdasarkan laporan WikiLeaks mengenai tindakan Badan Keamanan Nasional (NSA) AS yang memata-matai data pengguna jejaring sosial.

"Sekarang semua orang semakin waspada terutama mengenai masalah privasinya di Internet," kata Wiederhold. (umi)

Baca Juga:  
Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/445190-facebook-ditinggal-11-juta-penggunanya
Read More

Ilmuwan Kondang Stephen Hawking Setuju Gagasan Bunuh Diri

Stephen Hawking
Asalasah ~ Fisikawan kondang dunia Stephen Hawking mencetus gagasan yang cukup mencengangkan.

Profesor yang menderita penyakit saraf neuron motorik sejak umur 21 tahun itu secara terbuka mendukung gagasan bunuh diri dengan alat bantu bagi penderita terminal stadium III atau penyakit yang sudah masuk tahap ganas.

Gagasan itu tentunya butuh syarat, yaitu keinginan untuk mengakhiri hidup harus benar-benar muncul dari sang penderita penyakit.

"Saya pikir mereka yang memiliki penyakit terminal dan mereka yang kesakitan harus memiliki hak untuk memilih mengakhiri hidup mereka," jelas Hawking saat bincang-bincang dalam acara peluncuran film dokumenternya.

"Tentu saja, mereka yang membantu penderita mengakhiri hidupnya harus bebas dari tuntutan," ujar Hawking.

Ide kontroversial Hawking itu bukan tanpa alasan. Ia merasa empati dengan penderitaan orang yang mengidap penyakit ganas tersebut. Dia sendiri juga pernah mengalami ujian, ia pernah ditawari agar segera mati untuk mengakhiri penderitaannya.

"Kami tidak membiarkan hewan menderita, jadi demikian halnya dengan manusia. Kenapa tidak?," ujarnya saat wawancara dengan BBC.
Hawking menekankan, meski opsi bunuh diri bisa dilakukan, tapi ia menekankan harus ada perlindungan hukum guna mencegah penyalahgunaan hak.

"Harus dipastikan bahwa yang akan melakukan bunuh diri tidak sedang mengalami tekanan atau di luar persetujuan penderita," tegasnya.

Gagasan bunuh diri dengan bantuan atau euthanasia memang menimbulkan kontroversi.

Dilansir Huffingtonpost, bunuh diri dengan bantuan orang atau mesin di wilayah Inggris merupakan opsi yang ilegal dan mengundang perdebatan serius.

Pendukung hak untuk mengakhiri hidup berkilah, orang atau penderita yang ingin memutuskan bunuh diri seharusnya diizinkan mati dengan cara yang bermartabat.

Sedangkan penentang gagasan kontroversial itu membantah bahwa liberalisasi hukum bisa mengakibatkan orang rentan dengan risiko bunuh diri.

Beda tempat beda aturan. Jika di Inggris dilarang, di Swiss dan beberapa negara bagian AS, euthanasia dianggap sah tapi khusus untuk kondisi tertentu.

Meski mendukung gagasan bunuh diri itu, Hawking tetap berharap penderita penyakit akut atau ganas tetap bisa bertahan dan tak menyesali apa yang telah terjadi pada mereka.

"Teori fisika merupakan salah satu bidang yang mengatakan bahwa menjadi cacat itu bukan rintangan. Itu semua tergantung pikiran," kata ilmuwan yang masih aktif di Universitas Cambridge. (umi)

Baca Juga: 
Read More

Bukan Cuma Pesawat, Kini Ada Juga Black Box Untuk Sepeda

Asalasah ~ Bersepeda kini menjadi olahraga yang cukup populer, apalagi di kalangan pekerja kantor yang mulai banyak menggunakan sepeda. Namun bersepeda bukan berarti tidak memiliki risiko, karena kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja.
Apalagi, jika korban kecelakaan sepeda jadi korban tabrak lari. Tentu akan sulit mengindentifikasi pelakunya, namun kini risiko tersebut bisa dikurangi. Adalah Cedric Bosch, seorang insinyur mekanik dan pengendara sepeda, dia menciptakan sebuah alat perekan yang diberi nama Rideye.

Alat ini layaknya kotak hitam pada pesawat, yang dapat merekam kejadian selama bersepeda. Alat ini terinspirasi dari seorang temannya yang menjadi korban tabrak lari.  Rideye secara otomatis akan merekam, dan mengidentifikasikan pengendara yang melakukan tabrak lari, atau membantu mencegah klaim palsu.

Alat ini sangat dinanti-nanti pengguna sepeda, karena mampu mengurangi risiko di jalanan.

"Ini adalah salah satu produk yang diinginkan selama bertahun-tahun, terutama bagi mereka yang mencintai olahraga bersepada. Baik untuk ke kantor juga, yang mulai populer. Di mana pengguna sepeda ketakutan akan manjadi korban tabrak lari. Rideye memecahkan masalah tersebut, sehingga mereka merasa aman menggunakan sepeda,' ucap Bosch dikutip Mashable.

Untuk mengaktifkan fitur rekaman juga tidak sulit, cukup sekali sentuh, dengan daya tahan baterai hingga 24 jam. Alat ini cukup dipasang di stang. Rideye juga di bekali memori 4 GB atau sekitar 1,25 jam video full HD. Dengan dukungan kabel USB, rekaman dari kamera bisa dimasukkan ke dalam komputer.

Rideye menjadi proyek dari Kickstarter yang paling populer. Kamera sepeda ini akan dilepas ke pasaran dengan harga sekitar US$99 atau sekitar Rp1,1 juta, namun harga bisa berubah jika sudah berada di pasaran. Kamera ini diharapkan dapat diproduksi musim gugur ini, di mulai dari November atau Desember.

Kapan kamera sepeda ini masuk Indonesia? Layak kita tunggu nanti.

Baca Juga:  
Sumber: http://exspresiku.blogspot.com/2013/09/rideye-kotak-hitam-pengguna-sepeda.html
Read More

Tips Berbicara Ala Pembicara Hebat Dunia

5832764969_eedb64358d_o
Asalasah ~ Tulisan ini diambil dari blog dedehendrayana.com. Banyak teknik dapat digunakan oleh seorang pembicara agar bisa menarik perhatian audiens. Salah satu teknik yang bisa kita pelajari dan praktekkan serta diyakini bisa efektif dalam menarik perhatian audiens itu adalah teknik bercerita.

Siapapun akan memberikan perhatian pada cerita. Itulah kenapa buku cerita, dongeng, film, drama, bahkan sinetron bisa menarik perhatian karena kita semua menyukai cerita. Kita bisa duduk diam untuk membaca buku cerita berjam-jam atau duduk diam tanpa mau diganggu dan terganggu hanya karena sedang menyaksikan sinetron kesayangan kita sedang tayang di tv. Itu semua demi cerita yang bisa membawa kita berada dalam negeri khayalan masing-masing.

Tujuan dari bercerita adalah untuk memudahkan penyampaian pesan dan permintaan melakukan aksi. Seperti Peter Guber bilang, ”Orang tidak akan beraksi hanya karena melihat data, slide PowerPoint, atau spreadsheet dikemas dengan angka. Orang akan tergerak oleh emosi. Cara terbaik untuk menghubungkan agar orang terhubung secara secara emosional dengan maksud kita dimulai dengan “…Once upon a time …”. Inilah hakikat dari berbicara dengan bercerita karena itu kita harus tahu tekniknya.

Banyak tulisan perihal tips dari para pakar bercerita. Awalnya saya mengira bahwa bercerita itu akan baik kalau kita belajar pada para ahli stand up comedy. Namun, ada beberapa tips dari pakar lainnya yang bagus untuk kita perhatikan juga. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan pada kesempatan berbicara apapun itu baik presentasi, pidato, kuliah, seminar, pelatihan, training dan lain sebagainya:

1. Libatkan Audiens Anda


Anda tidak sedang bercerita sendiri karena ada audiens di hadapan Anda. Libatkan mereka atau minimal dengarkan respon dari mereka.

Contoh, bila Anda berkata: “Selamat pagi bapak ibu, pagi ini saya merasa senang karena bisa hadir di hadapan Anda.” Gaya seperti ini tidak akan melibatkan Audiens Anda, coba kalau Anda berkata: ”Selamat pagi bapak ibu, siapa yang hari ini merasakan semangat berbeda daripada hari sebelumnya, boleh angkat tangan?” atau, “Siapa dari bapak ibu yang tahu? Siapa yang pernah?… Siapa yang pernah mengalami …?” maka audiens Anda akan merasa terlibat dan diajak berdialog.

Beri kesempatan Audiens untuk terlibat. Tidak perlu terburu-buru melanjutkan cerita. Kita bisa diam sejenak untuk sekedar memberi waktu pada audiens menyelesaikan tawanya atau sekedar memberikan respon singkat. Balaslah respon tersebut sebagai tanda bahwa Anda juga mendengarkan mereka.

2. Detailkan Visualisasi, Suara dan Gerakan dalam Cerita Anda


Suatu kesalahan dalam bercerita bila Anda tidak melibatkan indera audiens dalam cerita Anda. Buatlah cerita Anda itu cukup detail sehingga audiens bisa membayangkannya, seakan-akan turut mendengarnya dan merasakan apa yang Anda ceritakan.

Contoh, alih-alih bilang,”Saya punya cerita saat saya sedang duduk sambil minum kopi.” Kita bisa ganti dan detailkan dengan,”Coba Anda bayangkan saat Anda sedang duduk di bangku kayu yang sudah tua tetapi tetap kokoh karena kayunya kayu jati asli. Anda duduk seorang diri dengan hanya ditemani secangkir kopi yang baru saja Anda seduh, aroma kopinya begitu harum dihidung Anda membuat semangat Anda kembali bergairah. Disamping itu Anda juga mendengar kicauan merdu burung begitu membuat suasana hati dan pikiran Anda menjadi sangat tenang…..”

Terlihat bedakan? Yang mana yang akan membuat Anda merasa mengalami langsung cerita itu? Pasti semua setuju di detail saat Anda melihat kursi kayu, saat Anda menghirup aroma kopi dan saat Anda mendengar kicauan burung. Lakukan detail untuk membawa Audiens terus mengikuti cerita Anda karena mereka ada dalam cerita Anda.

3. Detailkan Karakter, Lakukan Analogi dan Perbandingan


Semua audiens menyukai drama. Drama selalu memunculkan tokoh dengan karakter tertentu. Bila Anda harus bercerita dengan menampilkan tokoh maka detailkan karakter tokoh Anda. Cara mendetailkan karakter bisa Anda lakukan lewat postur, mimik, suara, gerakan tubuh dan lain sebagainya. Usaha ini ditujukan agar audiens Anda tahu dan bisa membayangkan karakter dari tokoh Anda dalam pikiran mereka.

Anda juga bisa memberikan analogi dan perbandingan perihal karakter tokoh Anda. Ini biasa dilakukan oleh para stand up comedy dalam memberikan detail karakter tokoh yang mereka bicarakan kepada audiens. Mereka bisa meniru mimik wajah, mengubah suara menjadi anak kecil, orang tua, kakek-kakek, perempuan dengan intonasi disesuaikan keadaan. Bila sedang gembira, sedih, galau, gembira semua bisa kita lihat bedanya. Mereka bisa menggambarkan bentuk wajah para karakter satu dengan lainnya lewat perbandingan bentuk wajah, watak dan sikap tubuh.

Analogi dan perbandingan tetap bisa Anda lakukan meskipun tidak ada tokoh dalam cerita Anda. Ini sangat bagus dilakukan bila Anda sedang memberikan presentasi dengan data, angka dan grafik karena angka dan grafik belum memiliki arti bila belum dihubungkan dengan contoh kehidupan sehari-hari.

Analogi dan perbandingan juga baik untuk bercerita saat presentasi produk karena pada hakekatnya Anda tidak sedang menjual produk, tetapi menjual manfaat, kegunaan dan pengalaman. Analogi dan perbandingan juga bisa Anda gunakan saat menyampaikan teori ilmu di suatu seminar, pelatihan atau dihadapan mahasiswa Anda karena analogi dan perbandingan akan memudahkan audiens mencerna ilmu baru dengan mudah.

Contoh detail perihal bagaimana bercerita dengan angka dan grafik kita bisa lihat dari cara mendiang Steve Jobs saat memberikan presentasi angka dan grafik yang pernah kita bahas disini. Contoh bagaimana menyampaikan produk bisa kita lihat juga dari cara mendiang Steve Jobs memberikan presentasi lengkap di tulisan lalu saat dia menyampaikan bagaimana arti tipis produk laptopnya dihadapan audiens disini.

4. Tinggalkan Pesan

Audiens akan selalu menduga adegan apa selanjutnya dari cerita Anda, bagaimana kelanjutan dengan karakter Anda dan bagaimana akhir dari cerita yang akan menimpanya. Audiens juga akan selalu mengingat cerita Anda kalau pesan diakhir cerita begitu mengena di hatinya.

Desainlah cerita yang akan membawa pesan khusus untuk audiens Anda, pentingnya kejujuran, usaha keras, kegigihan hidup, kemauan berprestasi, kesuksesan pada akhirnya, manfaat produk bagi hidup dan lain sebagainya dalam cerita Anda.

Sampaikanlah satu kalimat atau kutipan tertentu yang tidak harus panjang, tetapi sangat mudah diingat dan kena di memori mereka. Inilah inti dari cerita Anda.

5. Banyak Latihan

Semua harus setuju terhadap tips terakhir ini. Cerita Anda bagaimanapun juga akan tidak berarti bila tidak bisa disampaikan dengan baik dan natural. Banyak latihan dan diulang-ulang menjadi kunci kesuksesan menyampaikan pesan lewat bercerita.

Namun, tidak selalu bebicara didepan umum itu harus dilakukan dengan teknik bercerita. Apalagi kalau tidak tahu tekniknya. Yang ada adalah audiens merasa jenuh dan berkata apa si yang mau disampaikan? Kok dari tadi hanya cerita saja tanpa jelas karakter dan hubunganya dengan tema acara.

Itulah kenapa berbicara di depan umum lewat bercerita menurut para pakar dikatakan layaknya seperti seorang chef. Anda harus bisa menyusun dan mengatur cerita sesuai dengan tujuan Anda berbicara. Seorang karyawan marketing yang melakukan presentasi produk baru di depan calon pelanggan pasti berbeda cara berceritanya dari seorang dosen yang sedang menyampaikan ilmu manajemen dihadapan para mahasiswa.

Banyak bercerita malah akan menghilangkan tujuan bicara sang dosen yakni menyampaikan teori ilmu manajemen. Sebaliknya, banyak menyampaikan teori malah akan membuat calon pelanggan si karyawan marketing menjadi bosan dan mengurungkan niatnya untuk membeli.

Tidak mungkin kita pakai cara bercerita yang sama di semua kesempatan. Yang terutama adalah bahwa setiap kita punya cerita untuk disampaikan. Tinggal bagaimana caranya untuk bisa menyampaikannya kepada orang lain dengan baik dan tepat.

Alhamdulillah, saya dapat tips lagi. Minimal bisa saya latih buat belajar mendongeng buat anak. Semoga ini juga bisa bermanfaat buat sahabat semua. Silahkan bila ingin menambahkan tips lainnya. Silahkan juga bila berkenan untuk membagikannya. Semoga kita semua bisa jadi pembicara yang baik.

Baca Juga:  
Sumber: http://dedenhendrayana.com/2013/09/16/teknik-bercerita-ala-pembicara-dunia/
Read More

Perbandingan Hemat Penggunaan Pertamax dan Premium di Mio

Asalasah ~ Kutipan dari Situs Pertamina: "Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) beroktan tinggi hasil penyempurnaan produk Pertamina sebelumnya. Formula barunya yang terbuat dari bahan baku berkualtas tinggi memastikan mesin kendaraan bermotor anda bekerja dengan lebih baik, lebih bertenaga, “knock free”, rendah emisi, dan memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar."

Itulah kutipan mengenai pertamax, namun apakan Anda menyadarinya dari iklan-iklan yang terdapat di media massa, online dan televisi. Yang mana selalu memberitakan tentang kehematan bahan bakar pertamax tersebut? Nah di sini saya hanya memberikan opini dan pengalaman atas apa yang telah saya dapatkan.

Baik itu pertamax maupun premium merupakan pilihan bakan bakah bagi kendaraan kita, terutama saya sebagai karyawan yang menggunakan motor. Adakalanya kita selalu membandingkan keefisienan dan keefektifan terhadap bahan bakar. Baik itu dari segi volume bahan makar maupun segi nominal uang yang dibayarkan.

Namun pernahkah Anda membandingkan secara tepat, mana yang lebih efisien dan efektif? Sejak beberapa minggu yang lalu saya selalu berganti-ganti bahan bakar tersebut. Adakalanya saya menggunakan pertamax ada kalanya saya menggunakan premiun. Namun hasil yang tak terduga saya dapatkan.

Dengan memakai premium dengan volume (liter) yang sama dengan pertamax, premium malah lebih irit di bandingkan pertamax. Namun jika di tinjau dari masalah mesin, pertamax lebih unggul dengan kehalusan mesinnya. Mengutip dari pengertian pertamax dari pertamina. Di situ tertulis "memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar," di mana ada kata "memungkinkan" jadi tidak selamanya kita dapat menghemat bahan bakar dengan premiun. Namun dari segi perawatan saya sakin jika pertamax akan lebih mengawetkan mesin kendaraan.

Demikianlah perbandingan singkat yang saya sendiri lakukan pada kendaraan, khususnya mio yang saya gunakan. Jadi pilihan kembali ke tangan Anda segabai pengguna bahan bakar. Apakah mau menghemat mesin atau menghemat uang.

Baca Juga:  
Read More

5 Posisi Duduk Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Asalasah ~ Saat hamil banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk posisi duduk. Meski terdengar sepele, posisi duduk ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar pada ibu dan janin.

Posisi duduk yang salah bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. Bahkan bisa membahayakan keselamatan bayi yang Anda kandung. Dilansir Boldsky, berikut posisi duduk yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.

Posisi bungkuk
Saat posisi membungkuk, punggung Anda tidak akan terjaga lurus. Selain itu, berat badan akan dibebankan pada sumsum tulang belakang yang dapat membahayakan Anda dan janin yang ada dalam perut.

Duduk dengan kaki menggantung
Saat kaki Anda menggantung, aliran darah ke kaki akan meningkat. Alhasil, kaki akan mengalami pembengkakan.

Duduk tanpa sandaran
Tidak ada sandaran saat duduk, menyebabkan punggung dalam posisi tegang. Punggung juga akan lekas terasa nyeri dan pegal. Oleh karena itu, saat duduk pilih kursi yang memiliki sandaran agar punggung nyaman.

Membungkuk ke depan
Ini merupakan posisi yang paling berbahaya bagi ibu hamil. Saat Anda membungkuk ke depan, beban tubuh beralih menekan perut Anda. Apalagi jika masa kehamilan memasuki fase lanjut, tulang rusuk Anda dapat menekan tubuh bayi.

Posisi duduk setengah
Ibu hamil sering duduk dengan posisi seperti ini. Namun tahukah Anda bahwa pada posisi ini sumsum tulang belakang menahan berat tubuh Anda. Itulah sebabnya jika Anda duduk dalam waktu yang lama, punggung akan terasa nyeri dan pegal. (umi)

Baca Juga:  
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/443808-hindari-lima-posisi-duduk-ini-bagi-ibu-hamil
Read More

Lebah Aneh Yang Suka Mengincar Keringat Manusia

Asalasah ~ Ternyata ada sejenis lebah yang sukanya meminum air mata dan keringat manusia. Hal ini karena cairan tubuh manusia banyak mengandung garam dan protein yang bermanfaat sebagai nutrisi bagi lebah sehingga mereka sering "mencurinya" untuk dikonsumsi.



Sebuah artikel terbaru di Wall Street Journal mengenai lebah keringat mengatakan, "Lebah ini lebih memilih manusia yang berkeringat, dibandingkan dengan kebanyakan binatang, karena pola makan manusia biasanya sangat asin sehingga keringat mereka kaya dengan nutrisi penting."

Sebuah spesies baru dari jenis lebah ini (Lasioglossum gotham) ditemukan baru-baru ini di tengah kota Brooklyn.

Walaupun spesies baru ini termasuk dalam kategori lebah, tetapi mereka kecil dan jarang menyengat. Jadi, orang-orang sering tidak menyadari ketika lebah keringat mampir di tangan atau kaki mereka.

Para ilmuwan di Thailand mengambil langkah lebih jauh untuk meneliti jenis lebah baru ini. Mereka menggunakan mata mereka sendiri untuk memancing lebah.

Mereka juga menyiapkan daging, Ovaltine, keju, dan makanan lain untuk dipilih para lebah, tetapi ternyata lebah keringat tetap memilih air mata manusia untuk dikonsumsi.


Dalam penelitian yang berjudul "Lebah yang Meminum Air Mata Manusia", para ilmuwan menuliskan, "Saat mendarat, mata yang otomatis mengedip biasanya mencegah lebah untuk mendapatkan pegangan yang kokoh, sehingga ia akan jatuh dari bulu mata. Jika demikian, lebah akan terus-menerus mencoba lagi dan lagi sampai berhasil, atau akan menyerah dan terbang menjauh pada akhirnya."

Dalam beberapa kasus, lebah mendekat dengan sangat halus sehingga peneliti tidak menyadari bahwa ada beberapa ekor Lisotrigona yang melekat pada kelopak mata dan menghisap air mata.

Setelah mendarat dan menghisap air mata, peneliti sering tidak merasakan kehadiran lebah dan pada akhirnya menggunakan kaca untuk memastikan apakah ia masih di sana atau sudah pergi.

"Bagaimanapun, ketika beberapa lebah ikut terlibat, pengalaman ini menjadi agak tidak menyenangkan, menyebabkan air mata mengalir dengan kuat. Begitu seekor lebah menetap dan ada lebih banyak yang mendekat, mereka cenderung saling berdekatan satu sama lain."

"Menutup mata tidak selalu dapat mengusir lebah, malahan beberapa lebah masih terus menghisap pada celah mata. Mereka bahkan tetap dapat bertengger saat mata ditutup."


Ilmuwan akhirnya berhasil menangkap 262 lebah peminum air mata ini dengan menggunakan mata mereka sebagai umpan.


Hipotesa yang mereka simpulkan adalah para lebah ini memanfaatkan air mata manusia sebagai protein utama, walau kandungan garam pada air mata mungkin juga menjadi daya tarik bagi mereka.

Baca Juga:  
Sumber: forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/1224253-waspada-lebah-ini-mengincar-keringat-dan-air-mata-manusia.html
Read More

Uniknya Vending Machine Bra di Jepang

Vending Machine Bra Dari Jepang
Asalasah ~  Ada ada saja hal unik di Jepang ya, mungkin inilah salah satu yang menjadi daya tarik di Jepang, keunikannya dan keanehannya,. Namun dengan itu semua menjadikan merekas sebagai negara majau yang cangggih dan inovatif. Kali ini kita bahsa keunikan tentang :Vending Machine Bra di Jepang.  Untuk melihat artikel tentang Jepang lainnya silahkan kunjungi SUKAJEPANG.COM

Dengan mesin ini, diharapkan para pembeli tidak lagi malu untuk beli bra, dan tentunya sangatlah mudah. Jumat pekan lalu, perusahaan tersebut meluncurkan mesin penjual bra otomatis di bawah perusahaan Une Nana Cool, dengan nama â??Fun Fun Weekâ??, yang diletakkan di sebuah toko yang ada di Shibuya.

Setiap bra yang ada di mesin itu, dibanderol dengan harga 30 dollar Amerika (Rp 300 ribu) per pasang. Yang harus dilakukan calon pembeli adalah, memilih ukuran bra yang terdapat di tabel, memasukkan koin, dan menekan nomor. Tak lama kemudian, mesin pun mengeluarkan bra yang telah dipilih oleh para pembeli. Namun, beberapa orang berkomentar bahwa hal ini mencegah dirinya untuk memilih bra yang pas, dikarenakan calon pembeli tidak bisa mencobanya. Sedangkan yang lain berpikir, ini sangat cocok untuk para pria, untuk membelikan bra dan diberikan ke pasangannya.

Baca Juga:  
Read More

Dana China Terdapat Dimana-Mana di Dunia

Asalasah ~ China berjaya di mancanegara. Investasi properti yang dilakukan oleh investor dan perusahaan-perusahaan pengembangnya meroket 600 persen selama tiga tahun terakhir. Hal ini sekaligus menjadikan Negeri berpenduduk terpadat di dunia tersebut, dipandang memiliki peranan penting dan berpengaruh di panggung properti global.

Savills China melaporkan, jika pada 2010 nilai investasi properti mereka mencapai 900 juta dollar AS (Rp 10,1 triliun), hingga akhir 2012 menjadi 5,6 miliar dollar AS (Rp 62,9 triliun). Derasnya arus investasi China ke luar negeri dimulai dari individu yang mencari properti hunian dan pengembang yang melakukan ekspansi usaha.

"Investor China kini telah bergerak ke pasar lain di luar negara, jumlah mereka meningkat pesat," kata Head of Research Savills China, James MacDonald seraya menambahkan sejauh ini tren volume investasi terus meningkat 20 persen setiap tahun selama dekade berikutnya.

Selama bertahun-tahun, warga negara China secara individual telah berpaling ke negara-negara asing mencari akses pendidikan dan kesehatan, tempat tinggal permanen dan kewarganegaraan. Hal ini dipicu juga oleh kebijakan beberapa negara Eropa yang memperluas program visa bagi investor properti asing.

Demikian pula halnya dengan pengembang yang mengadopsi pendekatan investasi berbeda di luar negeri sebagai akibat dari pendinginan pasar China. Mereka bergabung dengan mitra lokal, membangun hunian dan ruang-ruang komersial di negara garapan.

Sementara itu, tak mau kalah, perusahaan asuransi juga mulai berinvestasi dan mengubah penghasilan pendapatan pembangunan komersial. CBRE memperkirakan bahwa perusahaan asuransi China memiliki setidaknya 14,4 miliar dollar AS (Rp 161,5 triliun) untuk membeli properti internasional.

Ping An Insurance merupakan perusahaan asuransi China pertama yang berinvestasi di pasar properti luar negeri dengan mengakuisisi Lloyds Building di London, Inggris senilai 392 juta dollar AS (Rp 4,4 triliun). Sedangkan dana kesejahteraan China saat ini memiliki aset senilai 1,2 triliun dollar AS dengan CIC dan SAFE berada di peringkat lima besar dunia.

CIC telah membeli portofolio industri dan pergudangan besar di Brasil, Australia dan Jepang serta kepemilikan saham di Songbird Estates, pemilik mayoritas Canary Wharf.

Meskipun saat ini, Dana Pensiun Publik dan Dana Jaminan Sosial Nasional China dilarang berinvestasi di sektor properti, namun deregulasi justru bisa menghasilkan investasi yang besar ke pasar properti.

Hingga saat ini, terdapat sepuluh pengembang teratas China yang menghasilkan penjualan sebesar 79,5 miliar dollar AS (Rp 893.7 triliun) dalam paruh pertama 2013 dari total 45,9 juta meter persegi properti. Para pengembang ini mengharapkan fluktuasi arus modal akan mengubah kondisi pasar.

"Aksi ekspansi para pengembang dan investor akan terus berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, menjadikan China memegang peranan penting di panggung global," ujar MacDonald.

Baca Juga:  
Sumber: http://properti.kompas.com/read/2013/09/11/0808081/Dana.China.Mencengkeram.Dunia
Read More