Seperti Jubah Harry Potter, Kini Ilmuwan Bisa Buat Alat Serupa

Asalasah ~ Sejumlah ilmuwan dari Universitas Rochester telah menemukan cara untuk menyembunyikan benda besar dari pandangan dengan menggunakan lensa murah dan mudah didapat yang bisa dibuat di rumah dengan biaya kurang dari Rp 1,2 juta.

Dalam proses penyembunyian tersebut, sebuah objek menjadi tembus pandang sementara benda-benda lain di sekitarnya masih tetap bisa dilihat tanpa berubah tempat.

"Sudah banyak orang yang mengerjakan aspek-aspek tertentu dalam penyembunyian optik sepanjang beberapa tahun terakhir," kata John Howell, profesor fisika dari Universitas Rochester pada Sabtu (29/7) dikutip metro.

Meskipun demikian, jubah tembus pandang bernama "Rochester Cloak" itu jauh berbeda dengan jubah yang biasa dipakai oleh tokoh utama novel J.K. Rowling, Harry Potter.

"Rochester Cloak" lebih mirip dengan peralatan rumit yang sering dipakai oleh dokter mata. Untuk membuat sebuah benda tembus pandang, objek tersebut harus ditempatkan di belakang sejumlah lapis lensa.

Sebelum ilmuwan Rochester menemukan jubahnya, sejumlah fisikawan lain pernah melakukan hal yang sama. Namun Rochester, proses itu biasanya sangat rumit, mahal, dan tidak dapat menyembunyikan benda tiga dimensi dari berbagai sudut pandang.

"Dari apa yang kami ketahui, ini adalah peralatan tembus pandang yang dapat menyembunyikan benda tiga dimensi secara multi-direksi," kata Joseph Choi, seorang mahasiswa strata dua yang membantu pengembangan metode di Rochester.

Dalam sejumlah uji coba, para peneliti itu bisa menghilangkan tangan, wajah, dan penggaris. Objek-objek tersebut menjadi tak terlihat sementara benda di belakangnya masih terlihat.

Lantas, apa implikasi penemuan ini dalam kehidupan sehari-hari?

http://asalasah.blogspot.com/2014/10/seperti-jubah-harry-potter-kini-ilmuwan.html
Implikasi dari penemuan tersebut bisa tak-terbatas, kata para ilmuwan.

"Peralatan ini bisa digunakan untuk menyembunyikan trailer truk sehingga sang sopir bisa melihat secara langsung apa yang terjadi belakangnya. Ini juga bisa digunakan untuk membantu operasi pasien, dalam teknologi militer, ataupun desain interior bangunan," kata Choi.

Howell mengatakan bahwa "Jubah Rochester" tidak akan menimbulkan distorsi bagi objek-objek di bagian belakang.

Pembuatan peralatan tersebut juga tidak akan menghabiskan banyak biaya. Howell hanya menghabiskan sekitar USD 1.000 atau sekitar Rp 12 juta untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

Howell dan Choi bahkan yakin peralatan tersebut bisa dibuat dengan biaya lebih murah. Mereka telah merilis instruksi sederhana mengenai bagaimana membuat "Jubah rochester" di rumah dengan dana kurang dari USD 100 atau sekitar Rp 1,2 juta. 

Sumber: http://www.merdeka.com/dunia/ilmuwan-temukan-jubah-tembus-pandang-seharga-rp-12-juta.html

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari
EmoticonEmoticon