Stella, Mobil Tenaga Surya Yang Sekali Isi Bisa Tempuh 800 Km

http://asalasah.blogspot.com/2014/10/stella-mobil-tenaga-surya-yang-sekali.html
Asalasah ~ Sebuah mobil tenaga surya cerdas buatan Solar Team Eindhoven, dari University of Technologi di Belanda menarik perhatian pengguna jalan di Los Angeles. Sebagai purwarupa, pemakaian teknologi tenaga surya mungkin sudah biasa. Namun Stella, nama mobil tersebut, terbilang punya intelijensia tinggi.

Sekali pengisian daya, Stella mampu melaju sejauh 800 km. Bayangkan jarak tersebut hampir setara antara Jakarta-Surabaya. Syaratnya tentu saja sinar matahari.

Ketika mobil-mobil tenaga surya hasil eksperimen terpaku pada cara meningkatkan kecepatan, sehingga hanya membuat mobil berpenumpang satu orang, Stella malah tampil sebagai mobil keluarga bertenaga surya. Mobil ini diciptakan untuk menampung empat orang, termasuk bagasi, serta ruang menyimpan bahan makanan.

Soal kecepatan, Stella sanggup mencapai batas maksimum 120 km per jam. Lumayan menjanjikan untuk sebuah mobil bertenaga surya. Bandingkan dengan mobil listrik keluaran terbaru BMW i8, kecepatan maksimumnya juga 120 km per jam, namun mobil Jerman tersebut khusus untuk dua penumpang saja.

Stella diciptakan untuk merasakan sensasi berkendara yang aman. Saat kecepatan mobil melampaui batas kecepatan, stir kemudi akan mengembang sedikit sebagai sinyal agar menurunkan laju kendaraan.

Kecerdasan Stella lainnya, mobil ini dilengkapi chip NXP yang memberi tanda bila pengemudinya terlalu dekat dengan mobil lain. Hebatnya, Stella akan memberitahu kapan lampu lalu lintas berubah merah atau hijau.

Tim penguji yang melakukan perjalanan dari San Fransisco ke Los Angeles terkejut ketika Stella memberitahu bahwa "Lampu lalu lintas di depan akan berubah menjadi hijau dalam enam detik". Di lain kesempatan, Stella memberitahu bahwa sedang ada perbaikan di jalan yang akan dilalui.

"Kami sedang berusaha membawa sebanyak mungkin kecerdasan ke dalam mobil ini," ungkap Lars Reger, Wakil Presiden peneliti dan pengembangan NXP.

Stella memang masih perlu dirancang ulang agar desainnya lebih 'menjual'. Dengan berat 387 kilogram dan panjang 5 meter tampaknya harus dipermak lagi. Bagaimanapun, Team Eindhoven berharap Stella bisa diproduksi massal.

"Kami pikir mungkin mobil ini bisa diproduksi dan untuk mendapatkannya bisa ke showroom dalam lima sampai sepuluh tahun mendatang," harap Lex Hoefsloot, Manajer Solar Team Eindhoven

Sumber: http://harnas.co/2014/09/25/stella-yang-cerdas-sekali-pengisian-800-kilometer

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Stella, Mobil Tenaga Surya Yang Sekali Isi Bisa Tempuh 800 Km"

  1. Sepertinya mobil inilah yang akan sangat laris.. Mudah-mudahan harganya tidak terlalu mahal biar kalangan bawah bisa merasakannya..

    BalasHapus

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel