Tahapan Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidur

http://asalasah.blogspot.com/2014/10/tahapan-yang-terjadi-pada-tubuh-ketika.html
Asalasah ~ Kebanyakan orang tidak mengetahui hal-hal yang terjadi dalam tubuh mereka ketika mereka tertidur. Hal yang mereka tahu adalah mereka merasa mengantuk, tidur, dan kemudian bangun lagi. Padahal tidur sendiri merupakan proses tubuh yang memiliki beberapa tahapan.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah beberapa tahapan yang terjadi dalam tubuh ketika Anda tidur.

Falling asleep
Tahap ini adalah tahap awal dari tidur dan merupakan masa transisi. Biasanya berlangsung antara 5-10 menit pertama. Di tahap ini Anda akan merasa seperti terjatuh dan lemas namun masih bisa dibangunkan.

Light sleep
Tahap kedua berlangsung di 20 menit. Selama tahapan ini mata Anda tidak bergerak, penurunan denyut jantung, dan suhu tubuh juga ikut turun. Selain itu, otot tubuh akan menjadi rileks sehingga Anda siap untuk tidur nyenyak.

Deep sleep
Tahap ketiga ini adalah tahapan tidur nyenyak. Saat di tahapan ini aktivitas otak Anda melambat karena terjadi perpindahan darah dari otak ke tubuh untuk diregenerasi. Jika dibangunkan pada tahap ini, Anda sulit untuk sadar dan merasa bingung.

REM sleep
Jika sudah mencapai tahap ini, pernapasan Anda menjadi ringan namun terjadi peningkatan denyut jantung. Di tahap ini biasanya Anda akan bermimpi.

Selain tahapan tersebut, ada 2 jenis proses tidur yang terjadi. Pertama adalah REM atau Rapid Eye Movement Sleep. Dalam proses ini terjadi perbaikan tulang, otot, jaringan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan jenis kedua adalah Non-REM Sleep dimana terjadi perbaikan otak dan peningkatan memori.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/ini-yang-terjadi-pada-tubuh-ketika-tidur.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidur"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel