5 Bagian Motor Yang Rentan Karatan di Musim Hujan

Asalasah ~
Hujan, iya hujan merupkan salah satu musuh utama pada beberapa bagian motor. Sifat asam yang ada pada air ujan ternyata dapat mengakibatkan beberapa komponen cepat mengalami korosi/karat. Selain membuat motor menjadi rapuh, karat sejatinya dapat mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal.
http://asalasah.blogspot.com/2014/11/5-bagian-motor-yang-rentan-karatan-di.html
Karenanya, sebagai pemilik sepeda motor, ada baiknya matickers memperhatikan betul secara ekstra beberapa komponen-komponen yang berpotensi menjadi karat tadi. Untuk menghindari korosi akut, sebaiknya juga matickers persiapkan cairan penghilang karat.

Ini adalah beberapa bagian dari komponen motor yang berpotensi cepar menjadi karat di kala musim hujan :

1. Swing arm / box CVT
swing arm karat
Bagian ini boleh dibilang cukjup rentan terkena karat. Kenapa perlu perhatian ekstra, karena bagian ini salah satu penopang keseimbangan motor. Sudah banyak kecelakaan terjadi akibat patahnya atau bengkoknya swing arm akibat karat. Waspada deh matickers.

2. Rangka
rangka karat
Pada bagian rangka, karat sering ditemui pada bagian sambungan rangka bawah dan sambungan swing arm. Pada beberapa kasus kecelakaan juga menggambarkan rangka yang penyok atau patah akibat karat.

3. Monoshock

Karena letaknya persis dekat dengan ban, praktis bagian ini sering sekali terkena cipratan air. pastinya, motor yang memaka sistem monoshokperlu mendapat perhatian yang khusus.

4. Knalpot
knalpot karat
Bagian ini juga rawan terkena korosi. Terutama di bagian leher knalpot yang sering terkena cipratan air dari ban depan.

5. Rantai
rantai karat
Salah satu komponen yang bergerak secara simultan untuk memutar ban ini memang selalu mendapat suplai pelumas, namun jika terkena air hujan dan matickers telat memberi pelumas, maka rantai adalah salah satu bagian yang paling cepat terkena efek karat. Selain membuat laju motor terhambat, kondisi ini dapat mengakibarkan rantai putus di tengah jalan.

Asalasah | Sumber: http://www.matickita.com/5-bagian-motor-rawan-karat-di-musim-hujan/