5 Vitamin Yang Jangan Terlalu Sering Dikonsumsi

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/5-vitamin-yang-jangan-terlalu-sering.html
Asalasah ~ Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tubuh. Suplai vitamin dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan baik. Meski begitu, vitamin sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tepat melalui makanan yang dikonsumsi.

Tak ada vitamin yang berbahaya untuk dikonsumsi, namun jika dikonsumsi terlalu banyak tentu ada vitamin yang bahaya untuk tubuh. Anda harus selalu memperhatikan jumlah vitamin dan suplemen yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah tepat dan tidak terlalu banyak didapatkan melalui suplemen, seperti dilansir oleh Boldsky (16/10).

1. Vitamin C
Vitamin C meningkatkan kinerja sistem dalam tubuh. Namun mengonsumsi terlalu banyak vitamin C bisa memberikan efek buruk pada tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C akan memicu diare, mual, kram perut, dan bisa menyebabkan batu ginjal. Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi zat seng.

2. Vitamin B
Tubuh memiliki batasan untuk menerima vitamin B. Meski vitamin ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun mengonsumsi vitamin B dalam jumlah yang banyak bisa merusak tubuh. Vitamin B memang larut dalam air dan bisa cepat dikeluarkan tubuh, namun terlalu banyak vitamin B bisa memicu masalah saraf.

3. Vitamin A dan D
Vitamin A dan D dalam tubuh diikat oleh lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua vitamin ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. Vitamin A yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan pada janin. Sementara itu, vitamin D cukup kontroversial karena tubuh tak bisa menerima terlalu banyak vitamin ini.

4. Vitamin E dan K
Vitamin E dan K juga terikat dalam lemak, karena itu sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak. Vitamin E yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko pendarahan otak. Sementara terlalu banyak mengonsumsi vitamin A akan mempengaruhi proses pembekuan darah pada tubuh.

5. Suplemen
Suplemen vitamin dibutuhkan oleh orang yang membutuhkan nutrisi tambahan. Jika suplemen dikonsumsi oleh orang normal bisa berbahaya. Ini bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh yang justru bisa membahayakan kesehatan.

Itulah beberapa jenis vitamin yang sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya setiap orang mengetahui jumlah vitamin yang mereka butuhkan setiap harinya sehingga tahu kapan asupan vitamin tersebut sudah cukup.

Asalasah | Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/jangan-terlalu-sering-konsumsi-5-vitamin-ini.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Vitamin Yang Jangan Terlalu Sering Dikonsumsi"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel