Alat Filter Kamera Yang Unik di Sekitar Kita

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/alat-filter-kamera-yang-unik-di-sekitar.html
Asalasah ~ Alat Filter Kamera Yang Unik di Sekitar Kita - Untuk menghasilkan hasil foto yang lebih dramatis, seorang fotografer membutuhkan filter khusus.

Misalkan untuk meningkatkan kontras dan pencahayaan objek fotonya, atau hanya sekedar menambahkan polarizer untuk memotong kesilauan.

Untuk itu seorang fotografer membutuhkan beberapa filter yang tentunya tak murah harganya.
Namun fotografi kreatif bisa mengakalinya dengan filter buatan dari benda-benda yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Bahkan seorang fotografer profesional bisa menghasilkan foto yang lebih sempurna dari filter-filter buatan ini.

Berikut ini 6 filter buatan dari benda-benda sehari-hari yang bisa membuat hasil foto Anda lebih dramatis:

Alat Filter Kamera Yang Unik di Sekitar Kita


1. Plastik



Untuk menghasilkan efek pencahayaan, Anda bisa menggunakan plastik untuk menutupi lensa kamera Anda. Sesuaikan warna plastik dengan warna pencahayaan yang diinginkan. Misalkan ingin membuat pencahayaan matahari terbit, Anda bisa menggunakan plastik berwarna kuning.

Untuk penggunaannya pun cukup mudah, gunakan karet gelang untuk menutupi lensa kamera, Anda bisa menutupi lensa dengan plastik sepenuhnya atau sebagian saja. Untuk menghasilkan warna-warna yang berbeda, Anda bisa menggunakan spidol untuk mewarnai plastik bening sebelum Anda gunakan sebagai filter.

2. Stoking


Untuk menciptakan efek DIY soft-focus, Anda bisa menggunakan stoking. Masih sama dengan metode sebelumnya, renggangkan kain stoking di depan lensa kamera dan ikat dengan menggunakan karet gelang. Pastikan Anda masih bisa mengakses zoom dan fokus ring pada kamera.

Pilihlah model stoking dengan denier lebih dari 15 agar dapat benar-benar melihat objek dari filter tersebut.
Stocking dapat bertindak sebagai diffuser besar dalam situasi cahaya terang, atau menciptakan efek kabur dan nostalgia pada hari mendung.

3. Gelas Wine


Dengan menggunakan gelas wine yang berbentuk membulat, Anda bisa menciptakan efek dramatis 180 derajat.
Berkat efek rafraksi dari air yang dituangkan di dalam gelas membuat semua objek yang terpantul menjadi terbalik 180 derajat.

Caranya sangat mudah, ambilah sebuah gelas dan letakkan di depan objek fotografi Anda dan posisikan kamera Anda pada aperture priority mode. Tuangkan air di dalam gelas lalu ambillah gambar dengan menggunakan angka-f kecil pada mode aperture untuk mengaburkan latar belakang dan menciptakan kedalaman dangkal efek medan.

4. Kacamata hitam


Untuk menciptakan efek polarisasi, Anda bisa menggunakan kacamata hitam.Dimana kacamata hitam mampu menghalau cahaya dan mengubah sifatnya sehingga menghasilkan efek polarisasi.

Anda bisa mengatur peletakan kacamata Anda sesuai dengan ukuran lensanya.
Ukuran kacamata hitam (sunglas) rata-rata mampu menutupi seluruh bagian lensa kamera.

5. Lotion


Untuk menciptakan efek blur atau foggy (berkabut) yang membuat hasil jepretan terlihat vintage, Anda bisa mengoleskan lotion pada lensa Anda. Sebelumnya, pastikan Anda telah melapisi layar Anda dengan screen guard, jika tidak Anda bisa menggunakan plastik yang diikat kuat di depan lensa dan mengoleskan lotion pada lapisan plastik tersebut.

Oleskan lotion sesuai dengan bagian foto yang ingin terlihat blur. Sebelum mengoleskan lotion, sebaiknya Anda telah mengetahui angel yang tepat.

6. Glowstick


Anda bisa menambahkan efek pelangi dari glowstick warna-warni. Pilihlah glowstick ukuran mini yang dapat dengan mudah didapatkan. Nyalakan tongkat tersebut kemudian letakkan di lensa Anda.
Pastikan memasang glowstick dengan bahan yang mudah di lepas seperti lakban.  Dengan efek ini Anda bisa menggunakan konfigurasi lensa apapun. terima kasih telah membaca Alat Filter Kamera Yang Unik di Sekitar Kita

Baca Juga :
Asalasah | Sumber:http://forum.viva.co.id/showthread.php?p=4866690#post4866690