Macam-Macam Aplikasi Web Server Yang Sering Digunakan

http://1.bp.blogspot.com/_9yTdMafUFuQ/TNWiGDXxdsI/AAAAAAAAAWs/Skww5NiR1P0/s1600/webserver.gif
AsalasahWeb Server merupakan salah satu layanan Internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ). Web server saat ini merupakan inti dari server – server di internet selain FTP, Mail Server dan lainnya. Web Server saat ini telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, mulai dari Teks, Gambar, Suara, Video dan lain sebagainya. Web Server pada umumnya melayani data dalam bentuk HTML ( Hypertext Markup Language ). Dari file HTML ini kemudian dapat dikaitkan ke file HTML lainnya, ke file gambar dan file yang lainnya.

Sebenarnya, tanpa menggunakan Web server pun kita sudah dapat menjalankan file HTML, hanya saja file HTML tersebut hanya dapat di lihat di komputer kita sendiri. Maka dari itu kita membutuhkan suatu Aplikasi Server yang dapat membagikan atau mempublikasikan file – file HTML ( Web ) kita agar komputer lain dapat melihat file HTML ( Web ) kita. Tapi itu semuanya masih merupakan Aplikasi Web Statis, artinya informasi yang berada di Web kita hanya bersifat statis alias tidak dapat berubah – ubah dan tidak dapat berinteraksi dengan user yang membuka Web kita. Untuk itu di Aplikasi Server kita harus di Install juga Aplikasi Server Side dan juga Database Server. Dengan adanya Web Server yang sudah lengkap dengan Aplikasi Server side serta Database server, Aplikasi Web kita akan dapat berinteraksi dengan pengunjung sehingga Aplikasi Web kita akan terkesan lebih Dinamis.
Terdapat beberapa aplikasi Web Server yang semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini merupakan aplikasi-aplikasi web server :

  • Apache 
    Merupakan aplikasi Web Server yang paling banyak digunakan saat ini, selain kompatibel dengan  banyak sistem operasi seperti Windows, Linux dan lainnya, Apache juga bersifat gratis. Secara default Apache menggunakan Script PHP dan menggunakan MySQL sebagai database nya dan semuanya itu dapat digunakan secara gratis. Selain gratis, Apache juga memudahkan pengguna dalam proses penginstalannya, dan konfigurasinya tidak susah.
  • Tomcat
    Server web berbasis open source yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk men-deploy aplikasi web melalui file .war dari java web. Jika dibandingkan dengan Apache, Tomcat memiliki performansi yang lebih tinggi, stabil, dan memiliki bayak fitur.
  • Web Server IIS
    Merupakan sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). Karena IIS ini merupakan produk Microsoft maka lebih kompatibel dengan sisop Windows.
  • Web Server LIGHTTPD
    Web server bersifat open source yang ditulis dalam bahasa pemrograman C  dan dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan Unix-like lainnya, serta dapat pula dijalankan pada sistem operasi Windows.
  • Sun Java System Web Server
    Merupakan web server yang aman, handal, dan mudah menggunakan server Web yang dirancang untuk situs menengah dan besar. Tersedia di sistem operasi paling utama, Java System Web Server menyediakan organisasi dengan platform penyebaran tunggal untuk layanan Web, JavaServer Pages (JSP), Java Servlet teknologi, NSAPI dan CGI.
Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis web server yang ada tetapi setau ane yang biasa digunakan adalah jenis-jenis yang dijelaskan diatas. Demikian sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis web server semoga bermanfaat.

Sumber: http://riamasitorus.wordpress.com/2013/11/27/276/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Aplikasi Web Server Yang Sering Digunakan"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel