Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri Depok

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/masjid-kubah-emas-dian-al-mahri-depok.html

Asalasah ~Masjid Kubah Emas merupakan masjid yang berdiri di tanah Depok. Masjid ini dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten bernama Hj. Dian Djuriah al Rasyid. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2001 sampai 2006, dan mulai dibuka untuk publik pada tanggal 31 Desember 2006. Peresmian masjid ini bertepatan dengan perayaan Idul Adha.

Konsep awal masjid yang berdiri di atas lahan seluas 50 hektar ini merupakan bagian dari konsep pengembangan kawasan terpadu bernama kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri yang nantinya akan dilengkapi fasilitas-fasilitas lainnya seperti mini market, restoran, kios makanan, toko butik, rumah penginapan, gedung serbaguna, auditorium, gedung Islamic Center, dapur umum, dan toko suvenir.

Arsitektur Masjid Kubah Emas mengadaptasi masjid-masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), dan halaman dalam (plaza). Ciri Khas Timur Tengah lainnya juga bisa dilihat dari penggunaan detail hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislaman arsitekturnya.

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri memiliki daya tampung hingga 15 ribu jamaah. Pada halam parkirnya, disini bisa menampung hingga 300 kendaraan roda empat dan 1.400 kendaraan roda dua. Untuk ruangan masjidnya terbagi atas beberapa ruang seperti ruang utama, ruang mezanin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, dan ruang-ruang fungsional lainnya. Ruangan utama masjid didominasi oleh warna monokrom dengan warna dasar krem yang memberikan suasana nyaman bagi pengunjung.

Pada bagian luar masjid terdapat taman luas yang mengitari masjid. Dengan suasan yang sejuk lagi asri, konsep penataan taman ini merupakan kolaborasi antara arsitektur bangunan masjid bernuansa Timur Tengah dengan suasana lingkungan tropis Indonesia.

Masjid Kubah Emas berlokasi di pinggir Jalan Meruyung, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Untuk menuju lokasi ini tidak terlalu sulit dari Terminal Kota Depok, dapat menggunakan jasa angkutan kota (angkot) nomor 03 menuju pertigaan Parung Bingung. Dari pertigaan ini, pengunjung bisa menggunakan ojek menuju Masjid Kubah Emas.

Masjid Kubah Emas dibuka setiap hari untuk umum pada pukul 04.00—06.00 WIB dan pada pukul 10.00—20.00 WIB. Pada hari Kamis, masjid ini ditutup untuk persiapan kebersihan shalat Jumat

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ensiklopediaindonesia.com/wisata-indonesia/wisata-minat-khusus/masjid-kubah-emas-dian-al-mahri-depok/