Melihat Lebih Dekat Konstantinopel, Kota Terkaya di Dunia

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/melihat-lebih-dekat-konstantinopel-kota.html
Asalasah ~ Menjadi kota paling kaya di dunia, Konstantinopel menawarkan kemakmuran tak berujung bagi seluruh warganya. Sejak dulu, Konstantinopel telah dikenal sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia.

Hingga Arab berkembang pada abad ke-7, Konstantinopel terus menjadi raksasa ekonomi di dunia. Konstantinopel yang berada di Turki ini akhirnya mampu menorehkan sejarah di dunia ekonomi karena kemakmurannya pada abad ke-10 hingga akhir abad ke-12.

Kota yang berada di Turki ini merupakan potret kemewahan dunia dengan berbagai harta yang dimilikinya. Hingga sekarang, Konstantinopel yang telah berubah nama menjadi Istanbul, masih menjadi pusat komersial paling penting di Eropa hingga Venice mulai mengambil alih sektor perdagangannya.

Seperti apa kehidupan di Konstantinopel? Berikut ulasan singkatnya:

Selintas tentang KonstantinopelNama Konstantinopel atau Constantinople diambil dari Kaisar Constantine. Selama ribuan tahun, kota kaya dan cantik, Konstantinopel bertahan sebagai ibukota Kerajaan Byzantine.

Konstantinopel lantas terus berkembang menjadi kota besar selama berabad-abad lamanya. Teknologi, seni, dan budaya di Konstantinopel berkembang jauh lebih pesat dibandingkan kota lain di Eropa.

Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel memimpin perkembangan kota-kota di Eropa. Bagaimana tidak, Konstantinopel merupakan jalur utama penghubung jaringan perdagangan antara Eropa, Asia hingga Afrika.

Konstantinopel, kota penuh fasilitas menakjubkan
Konstantinopel merupakan kota dengan fasilitas yang cukup maju di zamannya. Jalan yang cukup besar, pengadilan tinggi, gedung senator, dinding pelindung kota yang sangat kokoh, gerbang emas super besar dan masih banyak lagi fasilitas lain yang cukup menakjubkan.

Pada abad ke-12, Konstantinopel menikmati kebangkitan popularitas seni mosaik dan sutra. Permintaan karya seni saat itu sangat tinggi.

Para penduduk Konstantinopel memang terkenal sangat kaya dan tak pernah takut mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang mahal. Tak diragukan lagi, Konstantinopel memberikan pengaruh artistik dan budaya yang sangat signifikan terhadap bangsa barat terutama di kota Venice.

Konstantinopel, kota terkaya di dunia
Kekayaan seperti di kota Konstantinopel tak akan ditemukan di seluruh dunia. Begitulah yang pernah ditulis Sieur de Villehardouin pada 1203. Tak akan ada yang percaya Konstantinopel dikelilingi tembok tinggi dan menara-menara mahal hingga melihatnya sendiri.

Konstantinopel merupakan kota yang tertutup. Padahal kota tersebut dipenuhi kastil-kastil indah dan gereja megah. Konstantinopel juga merupakan kota perdagangan yang kaya membuat banyak pihak bersengketa ingin menguasainya.

Di dunia, Konstantinopel pernah menjadi kota terkaya dengan penduduk terbanyak di dunia. Seluruh penduduknya hidup di tengah kekayaan logam dan perhiasan yang melimpah.

Perdagangan merupakan pondasi ekonomi Konstantinopel. Kota tersebut mengendalikan perdagangan internal dan internasional.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2132023/konstantinopel-kota-terkaya-di-dunia