Selain Melangsingkan Tapi Diet Juga Berbahaya

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/selain-melangsingkan-tapi-diet-juga.html
Asalasah ~ Ketika seseorang melakukan diet, ia akan meredam keinginan rasa lapar serta keinginan tubuhnya untuk makan. Makanan dianggap sebagai musuh yang harus dihindari. Saat baru pertama kali dilakukan, hal ini akan membuat tubuh seseorang merasa kaget dan perlu menyesuaikan diri sehingga tak jarang banyak orang yang baru menjalaninya akan merasa lemas. Hal inilah yang dinamakan diet yo-yo. Diet yang buruk akan membawa konsekuensi yang bisa membahayakan kesehatan seseorang. Berikut ini adalah bahaya diet yang jarang diketahui.

Menghambat Aliran Darah

Diet yang dijalankan secara salah dan ekstrim akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. Bahkan dalam jangka panjang diet yang dilakukan dnegan salah dapat membuat hilangnya massa otot dan berakibat kepada diet yo-yo yang menghambat aliran darah dan membuat orang yang menjalaninya mendapatkan serangan jantung.

Kurang Gizi

Ketika seseorang yang sedang menjalani diet berusaha untuk menurunkan berat badannya dalam waktu yang sangat cepat, biasanya terdapat makanan-makanan tertentu yang sengaja dijauhi. Kebiasaan ini akan membuatnya kehilangan asupan gizi yang berakibat kepada kurang gizi. Kurang gizi dapat berakibat fatal hingga bisa menyebabkan kematian.

Dehidrasi

Terdapat satu metode diet instan yang membatasi asupan cairan sehingga dianggap akan menurunkan berat badan dengan cepat. Asumsinya adalah asupan cairan yang berkurang dapat membuat berat badan susut dengan cepat. Namun sebenarnya, kekurangan cairan dapat berakibat sangat fatal bagi kesehatan tubuh. Masalah kesehatan serius yang dapat timbul adalah dehidrasi, pusing, pingsan, bahkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. Akibat fatalnya adalah kerusakan fatal yang berakhir pada kematian.

Risiko Obesitas

Diet yang buruk malah akan mengakibatkan obesitas yang lebih parah dari sebelumnya. Pembatasan asupan kalori secara ekstrim malah akan membuat seseorang menjadi lebih lapar sehingga akan membuatnya makan lebih banyak dari sebelumnya. Asuopan kalori yang sangat berlebihan akan mendatangkan penyakit jantung coroner dan diabetes. Maka dari itu jika ingin menurunkan berat badan, jalanilah dengan program diet yang benar dan jika perlu konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi.

Rambut Rontok

Nutrisi yang didapatkan dari makanan akan mencukupi semua kebutuhan anggota tubuh termasuk rambut. Pembatasan asupan makanan akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Rambut yang minim nutrisi akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Diet yang instan dan salahlah yang akan menyebabkan rambut kering dan tidak sehat yang akan berakhir pada kerontokan parah.

Asalasah | Sumber: lintas