Tips Agar Motor Matic Hemat Konsumsi Bahan Bakar

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/tips-agar-motor-matic-hemat-konsumsi.html
Asalasah ~Penilaian masyarakat terhadap motor matic ternyata masih banyak yang beranggapan kalau motor matic itu boros bensin lho matickers. Padahal inovasi mesin motor matic yang semakin canggih berkat teknologi injeksi sudah cukup banyak diaplikasi ke motor matic.

Motor matic memang sangat mudah buat dikendarai, namun untuk beberapa orang mengendarai motor matic mengeluhkan kalau motor matic itu kalah irit sama motor bebek atau motor sport. Apalagi kalau pengguna yang suka pakai motor yang praktis, dituntut buat melaju cepat, sama seneng kebut-kebutan. Wajar kalau motor matic bakal lebih boros bahan bakar.

Nah, dengan kondisi harga bahan bakar yang semakin langka dan mahal, udah nggak jaman matickers naik motor matic terus di gas-gas, atau dari posisi motor berhenti langsung di gas penuh. Dijamin bensin matickers bakal cepet habis. Tapi tenang matickers, naik motor matic bisa juga irit bahan bakar lho, itu juga tergantung dari cara dan perilaku berkendaranya. Yuk simak disini..

1. Jangan Terlalu Lama Saat Panasin Mesin
Matickers menghidupkan sepeda motor matic dengan cara menekan tuas rem dan menekan tombol elektrik stater. Sebaiknya matickers menggunakan rem belakang saat menyalakan mesin, dan hindari menarik-narik tuas gas supaya bensin tidak terbakar percuma.

2. Jangan Langsung di Gas Penuh
Naik motor matic memang nggak perlu pindah gigi. Prinsip kerjanya menggunakan pulley yang menentukan rasio pada putaran mesin dan putaran roda belakang. Nah matickers bisa latihan mengendarai dengan kecepatan konstan atau tetap, bahwa mengingat pulley depan dan belakang akan membesar dan mengecil sesuai dengan perputaran gas. Berlatih berkendara di jalan yang menanjak dan saat akan mendahului kendaraan lain, karena pada motor matic membutuhkan proses jeda perubahan diameter pulley.

3. Hindari Menarik Tuas Rem Mendadak/ Dalam
Kalau pada motor bebek atau sport, laju motor yang kencang dapat berkurang dengan menurunkan gigi/ ‘engine brake’, nah kalau pada motor matic untuk mengurangi kecepatan hanya mengandalkan fungsi rem depan dan belakang. Usahakan matickers jaga jarak dengan kendaraan di depannya supaya nggak perlu sering-sering menarik tuas rem, dan membiarkan posisi tuas gas dalam kondisi ‘braking’/ tidak ditarik.

4. Gunakan Bensin Dengan Oktan Tinggi
Untungnya pakai bensin dengan angka oktan di atas 90 seperti pertamax/ pertamax plus atau bensin sekelasnya, membuat pembakaran bensin di ruang mesin lebih sempurna. Jadi matickers nggak perlu narik tuas gas secara berlebihan yang justru membuat motor matic lebih boros.

5. Hindari Bawa Barang yang Nggak Perlu

Sebenarnya naik motor matic nggak perlu bawa barang banyak-banyak lho matickers. Usahakan bawa barang yang perlu saja, semakin berat bawaan, beban mesin motor matic bakal lebih berat yang ujungnya bikin matic makin boros.

Semoga berguna ya matickers.. :)

Asalasah | Sumber: 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Motor Matic Hemat Konsumsi Bahan Bakar"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel