Tips Pemuda Mengurus Penghasilan Bisnis Internet Rp 3 Juta/Bulan

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/tips-pemuda-mengurus-penghasilan-bisnis.html
Asalasah ~ Saya Sandi Prayoga, mahasiswa yang saat ini menggeluti Bisnis Internet (blogger) penghasilan saya saat ini Rp 2-3 juta per bulan, akan tetapi terkadang uang tersebut bingung mau diarahkan ke mana, terkadang justru lebih banyak dihabiskan untuk kebutuhan konsumtif.

Saya ingin meminta saran dalam perencanaan keuangan secara umum menurut Anda, mulai dari Investasi, kesehatan dan sebagainya. Terima Kasih

Jawaban:
Hallo saudara Sandy, senang rasanya berkenalan dengan mahasiswa seperti Anda, walau masih duduk di bangku kuliah tetapi juga menggeluti pekerjaan seperti Anda dengan penghasilan yang cukup baik.

Memang dengan usia seperti Anda memiliki penghasilan sendiri cenderung lebih banyak godaannya untuk membelanjakan ke kebutuhan konsumtif. Maklum, usia muda tetapi sudah bisa mencari penghasilan sendiri, kondisi ini wajar.

Tetapi yang perlu kita garis bawahi, kita tetap perlu merencanakan dan mempersiapkan keuangan kita untuk jangka panjang, dengan memulai sejak muda maka hasil di akhir nanti (ketika memasuki usia pensiun) tentunya akan jauh lebih besar dari orang yang telat memulainya.

Nah, untuk merencanakannya Anda dapat memulainya dengan membikin budget bulanan Anda, tentukan berapa besar sebenarnya kebutuhan wajib Anda setiap bulan, seperti untuk makan, transportasi, dan kebutuhan wajib lainnya.

Setelah itu diketahui maka setiap penghasilan yang Anda dapatkan disisihkan untuk memenuhi kewajiban wajib tersebut, jika ada sisa maka itu yang boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif Anda.

Yang perlu dicatat adalah apabila Anda belum memiliki tujuan keuangan yang ingin Anda capai dalam waktu dekat ini, Anda tetap harus menyisihkan penghasilan Anda untuk berinvestasi besarannya minimal 15% dari penghasilan Anda, investasi ini masuk ke dalam budget bulanan Anda.

Anda juga memerlukan mengecek kembali apakah masih ada kewajiban (utang) yang dilunasi atau tidak selain itu juga karena Anda bekerja sendiri, Anda perlu mempersiapkan dana darurat yang besarannya 3x dari pengeluaran tiap bulan jika Anda masih single dan juga mempersiapkan asuransi kesehatan murni untuk Anda pribadi.

Happy planning!

Asalasah | Sumber: 

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari
EmoticonEmoticon