Waktu Yang Tidak Baik Untuk Mandi

http://asalasah.blogspot.com/2014/11/waktu-yang-tidak-baik-untuk-mandi.html
Asalasah ~ Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi.

Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai.

Kebiasaan sewaktu mandi, frekuensi, tempat mandi, dan perlengkapan mandi yang digunakan bergantung pada kebudayaan dan kondisi geografis tempat tinggal. Pendapat orang di berbagai negara tentang kebersihan dan bau badan selalu berbeda-beda dan tidak ada yang benar atau salah. Kebersihan bisa merupakan prioritas utama bagi orang yang tinggal di suatu negara, tapi kebutuhan pangan dan tempat berteduh bisa lebih penting bagi orang di negara lain. Sebagian orang mandi setiap hari, tapi banyak juga orang yang tidak terlalu sering mandi. Di tempat air merupakan barang langka, air mungkin lebih baik dipakai untuk minum, memasak, atau bertani daripada mandi. Orang yang tinggal di tempat yang mengenal musim dingin sering tidak mengenal mandi dengan air dingin.

Orang Indonesia mempunyai kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun. Mandi pagi dilakukan di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan, sedangkan mandi sore dilakukan di sore atau malam hari. Di kamar mandi yang tidak mempunyai keran air panas, air yang dipakai untuk mandi adalah air dingin.

Selain air panas untuk berendam, tempat pemandian rekreasi (spa) sering menyediakan bak mandi berisi cairan lain, seperti susu, coklat cair, lumpur, hingga sampanye. Spa dengan pendekatan tradisional menawarkan mandi air panas bercampur buah jeruk, madu, bubuk kari, atau bubuk kunyit.

Selain manusia, beberapa jenis binatang seperti burung, kerbau, dan gajah juga senang mandi. Badak, babi, dan babirusa perlu mandi lumpur untuk merontokkan parasit yang ada di kulit dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Apalagi di bulan puasa ini, merupakan kegiatan yg menyegarkan . Tapi jangan sampai diminum airnya, bisa2 puasa anda nanti batal . Namun ada waktu2 tertentu yang kita dilarang untuk mandi, dengan alasan tidak baik unutk kesehatan. Waktu2 apakah itu? Penasaran?

1. 30 Menit Setelah Solat Asar (Sekitar Pukul 15.00-15.30)

30 menit setelah solat asar itu adalah waktu dimana darah didalam diri kita ketika itu sedang panas, jika kita mandi ketika itu, akan menyebabkan badan menjadi lelah dan penat untuk melakukan perkerjaan atau beraktivitas.

2. Setelah Maghrib (Sekitar Pukul 18.00-18.30)

Jantung kita setelah maghrib sudah mulai lemah untuk melakukan perkerjaan. Jadi, kajian menunjukkan jika kita mandi pada waktu tersebut paru-paru bisa dimasuki air dan itu akan menyebabkan paru-paru basah.

3. Setelah Isya' sampai pukul12 malam (Sekitar Pukul 18.30-24.00)

Ini saatnya jantung melakukan istirahat, Jika mandi ketika ini akan menyebabkan kerusakan pada jantung akibat kemasukan air.

Lalu pada waktu apakah sebaiknya mandi itu dilakukan?
Sebaiknya mandi setelah 2 jam dari jam 12 malam. antara pukul 2 - 3 pagi, itu akan lebih memberikan energy kepada badan seperti mana baterai yang telah lemah di cas semula. Biasanya sih sebelum sholat shubuh, yah walaupun dingin tapi baik loh untuk kesehatan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: