15 Manfaat dari Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Asalasah ~ 15 Manfaat dari Daun Kemangi Bagi Kesehatan - Bagi yang suka makan di warung tenda, daun kemangi pasti sudah tidak asing lagi. Daun kemangi biasanya dimakan mentah dan dilalap sebagai pendamping ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar dan goreng dengan cocolan sambal. Sangat menggugah selera makan.

Selain sebagai lalapan, daun kemangi ternyata mempunyai khasiat mengurangi bau badan tak sedap. Bau badan yang dihasilkan oleh keringat akan tidak enak tercium oleh orang di dekat kita. Bau yang tidak sedap tersebut dihasilkan oleh bakteri. Dengan makan kemangi setidaknya bau yang bisa membuat orang mual tersebut dikurangi.



Dikutip dari Healthmeup, di India kemangi atau sering disebut dengan tulsi atau basil terkenal dan telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan berbagai penyakit, karena mengandung vitamin C, vitamin A, fitonutrien dan minyak esensial, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Kemangi juga dapat digunakan sebagai antibiotik, kuman, fungisida dan desinfektan, karena melindungi tubuh dari infeksi bakteri, virus dan jamur.

Berikut ini 15 manfaat dari daun dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth, seperti dikutip dari myhealthtips.

15 Manfaat dari Daun Kemangi Bagi Kesehatan


1. Anti-oksidan
Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti vicenin dan orientin. Senyawa ini ditemukan memiliki perlindungan anti-oksidan terhadap oksidasi lipid yang disebabkan oleh radiasi. Makan daun kemangi segar secara teratur untuk mendapatkan efek terbaik anti-oksidan. Efek anti-oksidan membantu mencegah efek buruk radikal bebas pada kesehatan termasuk mencegah kanker.

2. Demam dan flu biasa
Daun kemangi adalah salah satu solusi terbaik untuk demam dan flu biasa. Jus daun kemangi efektif dalam menurunkan suhu tinggi. Anda dapat mengurangi risiko malaria dan demam berdarah dengan mengkonsumsi daun kemangi ini. Kunyah daun kemangi segar untuk mendapatkan bantuan dari dingin dan flu. Anda bisa merebus daun dalam air dan mengkonsumsi daun serta airnya. Untuk mengurangi demam akut membuat rebusan daun kemangi bersama dengan bubuk kapulaga dalam satu cangkir air dan mengkonsumsi beberapa kali sehari.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Hal ini telah dibuktikan bahwa senyawa kimia yang ditemukan pada daun kemangi mampu meningkatkan produksi antibodi sekitar 20%. Antibodi ini membantu tubuh kita untuk melawan berbagai infeksi. Mengkonsumsi daun segar lebih baik daripada mengkonsumsi dalam bentuk kering untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengunyah beberapa daun kemangi setiap hari untuk membersihkan darah dan melawan infeksi.

4. Batuk
Tanaman ini merupakan konstituen penting dari obat batuk dan ekspektoran. Berbagai senyawa hadir dalam kemangi memobilisasi lendir. Ini adalah pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan bronkitis dan asma. Rebus secangkir air dengan 8-10 daun kemangi selama sekitar 10 menit. Biarkan ini menjadi dingin dan minum untuk mendapatkan bantuan dari batuk. Untuk sakit tenggorokan karena batuk, kumur dengan menggunakan air dari daun kemangi yang direbus.

5. Anti-inflamasi
Daun kemangi mengandung minyak esensial seperti eugenol, citral, linalool, terpineol dll, minyak esensial ini membantu dalam mengurangi radang. Anda bisa merebus 10-20 daun kemangi dalam air dan mengkonsumsi untuk mengurangi radang dalam tubuh. Anda juga dapat menerapkan pasta dari daun kemangi dengan jus lemon pada daerah yang meradang untuk mengurangi infeksi. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi ruam dan peradangan yang disebabkan oleh eksim.

6. Mencegah penyakit paru dan kanker rongga mulut
Daun kemangi adalah sumber yang baik dari vitamin A. Vitamin A membantu menjaga selaput lendir dan kulit kesehatan yang layak. Telah ditemukan bahwa vitamin-A membantu tubuh untuk mencegah penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut. Tanaman ini mudah untuk dikonsumsi dalam bentuk segar atau kering dan akan memberikan 24% dari asupan harian bagi perempuan dan 19% bagi laki-laki. Karena daun kemangi mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh, daun kemangi efektif dalam mencegah kanker.

7. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut
Daun kemangi membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai penyakit periodontal dapat dicegah dengan penggunaan rutin kemangi. Hal ini dapat melawan penyakit pada gusi dan bau mulut. Keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari selama dua sampai tiga hari. Buat bubuk dari dari daun kemangi tersebut dan gunakan untuk menyikat gigi secara teratur. Memijat gusi dengan bubuk ini akan membantu menyingkirkan bau mulut.

8. Meningkatkan penglihatan
Vitamin A yang hadir dalam daun kemangi sangat penting untuk penglihatan mata yang tepat. Anda juga dapat mencegah sakit mata dengan kemangi. Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi untuk mencegah kebutaan malam. Masukkan dua tetes jus kemangi setiap hari ke dalam mata yang terkena untuk membersihkan sakit mata.

9. Mengurangi stres
Daun kemangi memiliki sifat anti-stress dan membantu dalam memberikan pengurangan stres. Menurut pendapat ahli, mengkonsumsi kemangi sehari mengurangi gangguan stres. Kunyah 10 sampai 12 daun kemangi dua kali sehari untuk mengusir stres. Anda dapat menempatkan 8-10 daun di dua sendok makan air dan menyimpannya di malam. Anda dapat mengkonsumsi ini bersama dengan air pagi hari berikutnya.

10. Mencegah jerawat
Tanaman ini efektif dalam mencegah jerawat dan juga membantu untuk menyembuhkan luka karena jerawat. Daun memiliki properti anti-bakteri yang membantu untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi. Daun kemangi juga efektif dalam mengobati masalah kulit lainnya seperti cacing cincin, psoriasis dan gigitan serangga. Buatlah pasta dari daun kemangi dan kunyit dan menerapkannya pada daerah yang terkena jerawat. Campur jus kemangi dan madu dan menerapkannya pada kulit yang terkena jerawat.

11. Mengatasi batu ginjal
Daun kemangi meningkatkan fungsi keseluruhan ginjal. Bahan kimia dalam jus daun kemangi akan membantu dalam pemecahan menuruni batu ginjal dan menghilangkannya melalui saluran kemih. Konsumsi 5-6 daun kemangi bersama dengan setengah cangkir air pada waktu perut kosong. Campur jus kemangi segar dengan jumlah yang sama, madu dan minum campuran setiap hari selama beberapa bulan untuk menghilangkan batu ginjal.

12. Mengatasi masalah perut
Daun kemangi adalah obat yang sangat baik untuk masalah perut. Ini membantu dalam berfungsinya sistem pencernaan. Jus kemangi sangat efektif dalam mengobati sakit perut dan kram. Anda bisa mendapatkan bantuan instan dari sakit perut dengan mengkonsumsi jus kemangi. Mengkonsumsi kemangi sangat efektif dalam mengobati masalah seperti gangguan pencernaan, sembelit, keasaman dan tumpukan. Campur satu sendok teh jus kemangi dengan satu sendok teh jus jahe. Anda dapat minum teh kemangi untuk menyembuhkan sembelit.

13. Menyembuhkan masalah kulit
Daun kemangi memiliki sifat anti bakteri dan anti septik dan karenanya digunakan untuk mengobati masalah kulit. Daun kemangi digunakan untuk pengobatan leucoderma oleh naturopaths. Sebagian besar penyakit kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan jus kemangi. Daun kemangi sangat efektif dalam mengobati infeksi cacing cincin dan infeksi jamur kulit lainnya. Daun kemangi juga efektif dalam mengobati gigitan serangga. Mengkonsumsi satu sendok teh ekstrak daun kemangi dua kali sehari untuk menyembuhkan infeksi kulit dan untuk mengobati gigitan serangga. Anda juga dapat menerapkan jus segar kemangi langsung pada kulit yang terkena infeksi atau gigitan serangga.

14. Meredakan sakit kepala
Daun kemangi membantu otot-otot dalam tubuh untuk rileks dan karena itu merupakan obat yang baik untuk mengobati sakit kepala. Ketegangan dan otot-otot tegang adalah penyebab utama sakit kepala. Kemangi menenangkan otot-otot dan melemaskan ketegangan, memberikan bantuan dari sakit kepala. Buatlah pasta dari daun kemangi dengan kayu cendana dan air dan kompres pada dahi. Ini akan memberikan efek pendinginan, menenangkan, dan mengurangi ketegangan otot. Anda dapat minum teh kemangi dua kali sehari untuk mendapatkan bantuan dari sakit kepala. Jika Anda memiliki sakit kepala ringan, kunyah beberapa daun kemangi atau memijat kepala dengan minyak kemangi akan efektif.

15. Gangguan pernapasan
Daun kemangi adalah salah satu obat terbaik untuk berbagai gangguan sistem pernapasan. Ini mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan membuat bernapas halus. Daun kemangi dapat melawan berbagai infeksi pada sistem pernapasan. Ini adalah obat yang efektif untuk asma, influenza, bronchitis, dll. Rebus daun kemangi dan mencampurnya dengan madu dan jus jahe, konsumsi dua kali sehari. Jika Anda menderita influenza atau pilek, rebus daun kemangi dengan cengkeh dan garam dan konsumsi untuk mendapatkan bantuan instan. Rebus 15-20 daun dalam satu gelas air sampai berkurang menjadi setengah gelas untuk membuat ramuan tersebut.

Selain manfaat kesehatan ini, daun kemangi juga membantu dalam mengobati berbagai penyakit anak-anak seperti dingin, demam batuk, muntah dan diare. Daun kemangi juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan karenanya sangat berguna bagi orang-orang dengan gangguan jantung. Jika Anda menderita salah satu masalah kesehatan atau Anda memiliki beberapa masalah kesehatan, Anda dapat mencoba menggunakan daun kemangi untuk mengobatinya.

Baca Juga :

Asalasah | Sumber: https://cauchymurtopo.wordpress.com/