Pil Cerdas, Bikin Otak Seperti Anak-anak

http://asalasah.blogspot.com/2014/12/pil-cerdas-bikin-otak-seperti-anak-anak.html
Asalasah ~ Pil Cerdas, Bikin Otak Seperti Anak-anak - Ingat film Limitless yang dibintangi Bradley Cooper? Di film itu dikisahkan peran Cooper berhasil menemukan kecerdasan lewat sebuah pil. Ternyata hal ini tak cuma khayalan dalam film. Sejumlah peneliti juga sedang mencoba membuat pil yang bisa meningkatkan kecerdasan orang dewasa.

Namun metodenya cukup unik, yakni mengembalikan kondisi otak seperti otak anak-anak. Sepintas cukup masuk akal karena diketahui memang otak anak-anaklah yang punya kecerdasan dan kemampuan lebih tinggi dengan menyerap informasi lebih cepat dan lebih banyak.

Peneliti dari Stanford University ini meneliti sebuah peneliti protein yang disebut PirB. Protein ini juga ditemukan di hewan dengan fungsi di sel otak untuk mengingat informasi yang sudah ada. Tapi juga sekaligus belajar  kemampuan baru. Fungsi lain sel ini adalah untuk membuat kerja dan koneksi antar sel jadi lebih cepat. Sayangnya protein ini mudah diganggu, demikian seperti dilaporkan Independent

Prof Carla Shatz,  Dr. David Bochner dan Richard Sapp, yang meneliti menemukan pada hewan objek penelitian mereka komponen yang mengganggu kerja PirB ini bisa ditekan dengan obat.

Dengan menekan komponen ini otak dibuat menjadi kondisi ‘plastik’. Shatz mengatakan dengan demikian bisa membuat otak jadi lebih kuat, lebih cepat sembuh dari cedera dan memperbaiki sendiri serat hubungan antar sel yang penting dalam mempelajari sesuatu. Ini berarti membuat makhluk jadi lebih cerdas.

Proses ini disebut sebagai neuroplastisiti yakni ketika makhluk mencoba untuk mengolah informasi di otaknya. Meski ini terjadi sepanjang hidup manusia, namun lebih   banyak terjadi pada anak-anak. Hasil penelitian ini dilaporkan di jurnal Neomatica.

Baca Juga :
Asalasah | http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141112114638-255-10986/pil-cerdas-bikin-otak-seperti-anak-anak/