Tertelan Ingus Tanpa Disengaja? Bahaya gak?

Asalasah ~ Tertelan Ingus Tanpa Disengaja? Bahaya gak? - Menurut dokter, ingus sebaiknya tidak dilesitkan atau dihembuskan dari hidung melainkan diisap lalu dikeluarkan lewat mulut. Praktiknya, kadang-kadang ingus yang sudah masuk ke saluran mulut tanpa sengaja malah tertelan. Iyuh..!
http://asalasah.blogspot.com/2014/12/tertelan-ingus-tanpa-disengaja-bahaya.html

"Ya nggak apa-apa, masuk perut sih nggak bahaya," kata dr Rusdian Utama Roieslani, SpTHT-KL dari RS Gandaria, dalam seminar media 'Bebas Gangguan Hidung Tersumbat', seperti ditulis Kamis (4/12/2014).

Dibandingkan saat tertelan kemudian masuk ke perut, menurut dr Rusdian ingus lebih berbahaya jika masuk ke telinga. Risiko ingus masuk ke telinga tidak bisa diremehkan, sebab bisa memicu otitis media efusi yang bisa memicu gangguan pendengaran.

Otitis media efusi merupakan gangguan pendengaran yang ditandai dengan adanya cairan di rongga telinga bagian tengah. Cairan ini bisa berupa lendir ingus yang berasal dari hidung. Saat melesitkan atau menghembuskan ingus, kadang-kadang tekanannya terlalu kuat sehingga ingus justru masuk ke telinga.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak terlalu kuat saat melesitkan ingus. Pelan-pelan saja agar tidak mendorong ingus masuk ke telinga, atau bahkan merusak telinga secara langsung lewat tekanannya yang terlalu kuat. Bahkan kalau bisa, sebaiknya ingus tidak dilesitkan.

"Cara yang benar bukan dihembuskan, tapi sebaliknya diisap. Masuk kerongkongan, lalu dikeluarkan lewat mulut," kata dr Rusdian.

Bagi yang tidak terbiasa, saran ini memang terdengar agak aneh. Terlebih saat dicoba, ternyata gampang-gampang susah. Tidak jarang, ingusnya malah tertelan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2014/12/04/090421/2767340/763/berbahayakah-jika-ingus-tertelan-tanpa-disengaja?l992205755

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tertelan Ingus Tanpa Disengaja? Bahaya gak?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel