Bagaimana DDoS Bekerja? Dan Kenapa Sulit di Hentikan?

Asalasah ~ Beberapa hari yang lalu dunia di hebohkan dengan serangan yang dilakukan terhadap Xboxlive dan Playstatation yang membuat jaringan online mereka down.

Sementara layanan Microsoft dapat pulih dengan baik, tidak halnya dengan Playstation, jaringan Playstation justru menjadi tidak karuan dan down selama beberapa hari, bahkan kabarnya hingga saat ini pun masih terasa efek serangan hacker tersebut.
Apa dan Bagaimana DDoS Berkerja? dan Kenapa Sangat Sulit di Hentikan?

Adalah LizardSquad, biang keladi serangan itu, kelompok hacker ini menggunakan teknik Distrubuted Denial of Service, atau yang lebih dekenal dengan istilah DDoS - sebuah serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas yang ditargetkan untuk melumpuhkan server.

Analisis cybersecurity mengungkapkan bagaimana DDoS itu dan kenapa bisa sangat merepotkan?

"Ada beberapa alasan mengapa DDoS itu memiliki efek merepotkan,dan sangat sulit untuk dihentikan" kata salah satu ahli securty bernama Shugrue.

Ada beberapa alat atau software yang bisa di download untuk mendukung DDoS.

Contoh seperti High Orbit Ion Cannon (HOIC), sebuah software gratis yang memungkinkan setiap pengguna untuk membanjiri website dengan trafik lalu lintas palsu yang diciptakan dengan skrip custom.

"Siapapun dengan komputer dapat menggunakan software ini, tinggal ketik url alamat situs dan lihat bagaimana mereka membanjiri pengguna palsu dalam sebuah website, dengan harapan overload server dan hingga akhirnya down" tambah Shgure

Namun untuk serangan terhadap perusahan sekelas Sony tentu membutuhkan metode tambahan yang lebih canggih.

David Larson, CTO perusahaan Corero Securty menduga bahwa serangan itu hasil kombinasi DDoS yang dipadukan dengan Botnet yang di rancang untuk melakukan serangan secara bersama.

"Siapapun dapat menyewa Botnet" kata Larson

"Bayangkan, dengan DDoS seolah ada seribu komputer ditangan pengguna, membanjiri website yang sama dengan ribuan gigabyte data perdetik" itu sangat mudah - tambah Larson.

Larson juga berujar jika penyerangan dengan keahlian khsus sudah mampu masuk kedalam server dan dapat mengetahui username pengguna, mungkin itu akan lebih muda untuk membebani jaringan Sony dengan permintaan palsu, juga kemungkinan telah memanipulasi DNS dan membombardir jaringan Playstation dengan data internet kedalam server, semua itu sangat mudah jika sudah dipahami.

Anda dapat mendonwload alat freeware yang dikenal dengan nama  vulnerable DNS servers on the internet, kata Larson. "saya mengirim permintaan paket data kecil untuk server, dengan pesan "Halo DNS server, saya playstation server login kirim saya sebuah record" ujar Larson - "Dan server akan merespon yang mengira saya adalah Sony, dan akan mengirim permintaan saya" sambungnya.

Server paling canggih pun memiliki batasan penanganan masalah ini, ketika itu overload maka komputer akan lumpuh bahkan bisa langusng mati. Terutama jika seseorang melakukan penyerangan kombinasi botnet dan IP palsu.

"Untuk seseorang yang tahu bagaimana mendapatkan alat tersebut dan menggunakan nya, anda dapat menyembunyikan pada koneksi bandwidth yang kecil dan menciptakan puluhan gigabyte lalu lintas, kata Larson.

Larson memperkirakan, Sony, Xbox live kemungkinan terkena serangan DDoS setiap bulan nya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.wawker.com/2014/12/apa-itu-DDoS.html