Begini Kapal Perang Made in Surabaya Yang dipesan Filipina

Asalasah ~ PT PAL (Persero) untuk pertama kalinya mendapatkan pesanan kapal perang dari negara asing. Filipina memesan 2 kapal perang jenis strategic sealift vessel-1 (SSV) buatan pabrik yang bermarkas di Surabaya ini. Bagaimana bentuknya?
http://asalasah.blogspot.com/2015/01/begini-kapal-perang-made-in-surabaya.html

 Kapal perang SSV adalah bentuk modifikasi dari kapal Landing Platform Dock (LPD) yang diproduksi PT PAL‎ dan disupervisi oleh Korea Selatan. Kapal ‎LPD sendiri kini dikenal dengan nama KRI Banda Aceh yang membantu proses evakuasi AirAsia QZ 8501 dan KRI Banjarmasin yang berkontrobusi membebaskan sandera perompak Somalia.

Bentuk‎ dari kapal SSV sebenarnya lebih pendek dibanding kapal perang terdahulunya itu. SSV memiliki panjang 123 meter sedangkan LPD 125 meter. Meski begitu, SSV bisa menampung lebih banyak penumpang yaitu 621 orang yang terdiri dari 500‎ penumpang dan 121 awak. Sedangkan LPD hanya 560 orang.

Kapal yang dipesan Filipina sebanyak 2 unit ini dilengkapi dengan mobile hospital, di mana bisa mengakomodir evakuasi korban musibah atau perang secara langsung dan segera. Selain itu, di kapal senilai US$ 45 juta ini terdapat tempat parkir untuk tank, truk mobil perang seperti jeep, hingga helikopter.

"Juga dilengkapi senjata, tapi kami belum bisa sebutkan (jenisnya)," ujar Kepala Humas PT PAL Bayu Witjaksono kepada detikFinance pekan lalu.

Karena digunakan untuk keperluan pertahanan atau perang, kapal ini juga didesain kuat dalam segala medan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: