Indonesia Jadi Negara Pertama Kunjungan Kim Jong Un

Asalasah ~ Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan akan melakukan lawatan perdananya, dan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi. Demikian berita yang belakang ini santer beredar.  Berita ini beredar  justru dari pihak Korea Selatan memberikan informasi tersebut, kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
http://asalasah.blogspot.com/2015/01/indonesia-jadi-negara-pertama-kunjungan.html

Kim Jong Un rencana akan menghadiri sebuah acara mengenang Konfrensi Asia Afrika ke 60 yang dihelat di Bandung pada 24 April 2015 mendatang.  Jika memang anak dari Kim Jong Il ini bersedia datang, berarti untuk kali pertama dia mengadakan kunjungan ke luar negerinya untuk pertama kalinya sejak dilantik pada 2011 silam.

Sebelumnya memang pihak Kemenlu RI sudah melayangkan undangan resmi kepada negara –negara yang pernah mengikut Konferensi Asia Afrika  1955 silam, termasuk salah satunya  Korea Utara. Meski demikian hingga sekarang Kemenlu RI masih belum menerima kepastian resminya.

Biasanya klarifikasi resmi dilakukan menjelang  hari H, melalui utusan resminya, dari negara-negara peserta, demikian menurut penuturan dari Yuri Octavian Thamrin selaku Direktur Jenderal Asia-Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI.

Merunut informasi yang diterima dari pihak Korea Selatan yang notabene rival Korea Utara, mengabarkan bahwa  Kim Jon Un ingin melakukan napak tilas, mengenang moment bersejarah yang pernh dilakukan oleh kakeknyaKim Il Sung, turut berpartisipasi dalam Konferensi Asia Afrika pada 1955.    Pemimpin pertama Korut tak hadir sendirian, beliau ditemani Kim Jong il yang tak lain adalah ayahanda Kim Jong Un.

Moment lawatan perdananya ke luar negeri, dipakai untuk membuka kerja sama dengan dunia internasional.  Sebagaimana yang telah dilakukan oleh penerusnya sebelumnya. Pemimpin muda Korut ini memang menjadikan kakeknya sebagai panutan politiknya.

Sementara sebagai tuan rumah, Ridwan Kamil Walikota Bandung mengaku sedikit waswas karena harus mengawal agar acara ini bisa berlangsung dengan baik. Apalagi nanti akan hadir Kim Jong Un  yang pasti menjadi objek sorotan publik internasional

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.magzplus.com/3869/indonesia-menjadi-negara-pertama-kunjungan-kim-jong-un.html