Kenapa Banteng Tabrak Benda Warna Merah? Ini Alasannya

Asalasah ~ Orang kerapkali diingatkan untuk hati-hati bila berdekatan dengan banteng bila kenakan pakaian berwarna merah. Apakah warna merah memanglah bikin banteng geram? Kenyataannya, banteng tidak bisa lihat dengan sempurna, lantaran Buta Parsial.

Apa yang mengakibatkan seekor banteng terganggu yaitu, lantaran seorang melambaikan kain pas di depan berwajah. Pandangan pada warna yaitu subyek yang menipu. Didalam pandangan manusia mempunyai batang mata yang peka pada sinar, namun tak sediakan info tentang warna. Namun banteng mempunyai, serta bekerja baik dalam sinar redup atau gelap.

Seperti waktu lihat pada malam hari, persepsi warna jadi buram lantaran gelap. Batang mata manusia dilengkapi dengan tiga type sel kerucut, semasing peka pada panjang gelombang sinar yang tidak sama, gelombang merah, hijau, serta biru. Tiap-tiap warna yang kita ketahui, bisa direpresentasikan juga sebagai gabungan dari warna dasar itu.

Saat suatu hal yg tidak beres dengan segi pandangan dasar ini, jadi membuahkan kebutaan warna, yang umumnya berbentuk ketidakmampuan yg tidak komplit untuk membedakan warna, dari pada mempersempit rentang warna yang bisa dirasa. Manusia mempunyai pandangan warna umum seperti dalam ikan, reptil, amfibi, serta burung. Sebagian binatang lihat semakin banyak warna dari yang kita bisa, umpamanya lebah.


Buta Parsial

Persepsi warna adalah tanggapan otak atas stimulus yang di terima oleh retina. Sudah diidentifikasi 3 type sel fotoreseptor kerucut (yang dibutuhkan agar bisa membedakan warna) yaitu biru, hijau, serta merah. Diperlukan minimum 2 sel agar bisa membedakan warna, serta pada pandangan warna normal diperlukan ketiganya. Buta warna umumnya dikarenakan oleh aspek keturunan. Dari aspek keturunan ini yang seringkali diketemukan yaitu defek sel merah-hijau. Buta warna ini terkait dengan gen X resesif, jadi di turunkan oleh ibu (tak mesti alami buta warna, lantaran gen berbentuk resesif) pada anak laki-lakinya. Pada seorang dengan buta warna parsial, bisa alami defek pada sel kerucut merah maupun hijau hingga tidak bisa mempersepsi warna itu serta turunannya, juga susah membedakannya.

Banteng Membenci Warna Merah

Pemicu banteng tak sukai kain warna merah sendiri lantaran sesungguhnya banteng itu tak sukai lambaian kainnya, bukanlah warna kainnya tersebut. Banteng mempunyai penyakit buta parsial yang mengakibatkan banteng tak dapat lihat warna/buta warna. Namun lantaran matador memanglah telah umum mulai sejak dahulu memakai kain berwarna merah juga sebagai alat untuk aksinya melawan banteng, jadi kita berasumsi warna merah lah yang bikin si banteng mengamuk.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.portalberitaunik.net/2015/01/kenapa-banteng-benci-warna-merah-ini-alasannya.html