Lavender, Baturaja Akik Asal Indonesia

Asalasah ~ Batu Lavender Baturaja adalah salah satu dari sekian banyak jenis batu mulia asli alam Indonesia dan saat ini tengah menjadi buruan banyak kolektor, baik dalam maupun kolektor mancanegara. Corak dan tingkat kekerasan yang dimiliki batu ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak kolektor mengincar batu asal Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan (Ogan komering Ulu) ini dengan harga tinggi. 

Bahkan menurut ketua Komunitas Batu Akik OKU Hendra Setiawan, Harga batu lavender berkualitas anggur dan spritus bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun tetap harus berpegang pada kualitas karena banyak batu sejensi yang kurang berkualitas sehingga harga bisa murah. Menurut Hendra pernah ada batu spritus dihargai Rp150 juta sampai Rp175 juta,

Sejak beberapa tahun terkahir ini, batu ini memang sudah mendunia sehingga tidak sedikit kolektor luar yang berburu langsung di lokasi penambangan. Namun cara itu pun tidak mudah karena untuk mendapatkan batu tersebut seorang kolektor harus melakukan penggalian dengan cara menyewa lahan milik warga setempat, hal itu juga bukan jaminan untuk bisa mendapatkan batu seperti diinginkan bahkan bisa tidak menemukan apa-apa selain batu biasa.

Untuk mendapatkan batu berkualitas bagus seperti jenis lavender dan spirtus menurut Hendra, bisa dicari di Desa Simpang Empat dan Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti dan batu itu tidak di temukan di dasar sungai Ogan.

Hal serupa juga pernah diceritakan salah seorang penambang yang biasa mencari batu akik. Untuk mencapai lokasi penggalian harus berjalan kaki menyusuri hutan dan perbukitan baru bisa sampai ke lokasi, namun lagi-lagi menurutnya tetap bukan jaminan bisa mendapatkan batu berkualitas.



RITUAL UNTUK MENDAPATKAN BATU LAVENDER
Salah seorang penggali bernama Kolmilin, juga menceritakan seputar kegiatan masyarakat setempat dalam berburu akik, misalnya sebelum melakukan pencarian dan penggalian, ada sebagian masyarakat yang mengadakan ritual terlebih dahulu sebelum melakukan proses penggalian
 
Dengan ritual khusus yang dilakukan seperti memberi sesaji berupa nasi gebuk, ayam, dan telur serta kemenyan diharapkan prosesn penggalian dan pencarian batu berjalan lancar dan mendapatkan hasil sesuai keinginan.

"Alhamduillah, benar ada. Ia mendapatkan batu spritus kualitas super. Cara ini ada yang ditiru penggali lainnya, ada yang tidak," kata dia.

KUALITAS BATU MULIA ASAL INDONESIA
Kualiatas batu lavender telah diakui dunia dan termasuk salah satu dari beberapa jenis batu berkualitas yang sering menjadi buruan kolektor dari berbagai negara, seperti diantaranya kalimaya black oval asal Banten batu bacan asal Halmahera, Batu nila Bali, Batu lumut Aceh (Giok asal Nagan Raya) yang kesohor, Batu sungai dareh,  aki edong termasuk batu lavender batu raja.

Jenis-jenis batu tersebut termasuk batu mulia lokal terbaik dan telah diakui dunia. Bahkan menurut salah seorang pencinta batu mulia Suwandi Gazali sekaligus Pendiri Indonesian Gemstone, Batu kalimaya black oval asal Banten masuk dalam ketegori batu mulia paling digemari di Jepang dan pernah di jadikan sebagai maskawin

Sedangkan jenis batu akik asal baturaja yang paling digemari kolektor, jenis lavender  dan jenis spritus atau dikenal dengan sebutan biru langit
 Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.caraunik.com/2015/01/mengenal-batu-lavender-baturaja-akik.html