Lelaki yang Tinggal Sendiri Lebih Cepat Meninggal

Asalasah ~ Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa laki-laki yang hidup sendiri memiliki risiko yang lebih besar untuk meninggal setelah stroke dibandingkan dengan pasien lainnya.

Dalam Sahlgrenska Academy study on Ischemic Stroke (SAHLSIS), Petra Redfors, menemukan bahwa tingkat kematian lebih tinggi pada laki-laki, terutama mereka yang tinggal sendirian. Hasil ini ia dapatkan setelah memeriksa korban stroke iskemik yang belum mencapai umur 70 tahun.
http://asalasah.blogspot.com/2015/01/lelaki-yang-tinggal-sendiri-lebih-cepat.html

Temuan dari tesis doktornya mengungkapkan bahwa 36 persen dari pasien yang hidup sendiri, meninggal dalam waktu 12 tahun setelah stroke. Di antara pria, risiko itu melebar menjadi 44 persen.

Tingkat kematian yang terkait dengan kesendirian itu ditemukan setelah disesuaikan untuk aktivitas fisik, yang dilakukan, seperti konsumsi alkohol yang tinggi, tingkat pendidikan yang rendah dan faktor risiko lainnya.

"Penyebab yang paling mungkin adalah bahwa orang-orang yang hidup sendiri memimpin hidup kurang sehat, jarang berobat dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu sebelum pergi ke gawat darurat," kata Redfors.

Pasien yang telah mengalami stroke akibat penyakit pembuluh besar, bekuan darah dari jantung atau diabetes memiliki faktor risiko tambahan. "Pola tingkat kematian di antara orang-orang yang hidup sendiri muncul pada kasus ini juga," kata Redfors.

Penelitian ini juga menemukan bahwa sebagian besar korban stroke masih memiliki masalah dengan memori, fokus dan fungsi kognitif pada 7 tahun berikutnya.

Temuan penelitian ini juga menyoroti pentingnya upaya pencegahan pada pasien stroke, termasuk obat-obatan dan perubahan gaya hidup untuk mencegah hipertensi, diabetes, dan kondisi lainnya.

"Pertimbangan serius harus diberikan untuk menyediakan dukungan yang lebih besar dan informasi yang lebih menyeluruh untuk pasien yang hidup sendiri," ujar para peneliti.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150127073047-255-27563/lelaki-yang-tinggal-sendiri-lebih-cepat-mati/