Pakai Helm Yang Jarang Dicuci Berbahaya Bagi Kesehatan

Asalasah ~ Pakai Helm Yang Jarang Dicuci Berbahaya Bagi Kesehatan - Untuk pengguna kendaraan bermotor roda dua, helm adalah perlengkapan yang harus dimiliki. Dengan helm, perlindungan terhadap kepala dapat dimaksimalkan. Sehingga demi alasan keselamatan tersebut maka pihak kepolisian pun menetapkan untuk pengendara wajib menggunakannya setiap kali berkendara.

Sayangnya, walau penting namun banyak orang yang abai dengan kebersihan helm yang mereka gunakan. Mencuci helmsering dipandang tak penting, sehingga berbulan-bulan pelindung kepala itu tak tersentuh air dan sabun. Padahal saat digunakan di kepala, helm rentan menyebarkan banyak penyakit.

Kondisi lembab akibat keringat di bagian dalam helm, lalu debu dan berbagai hal dari jalanan yang kemudian berbulan-bulan tak dicuci, adalah sarang bakteri dan kuman. Itu merupakan pemicu penyakit kulit, juga masalah rambut.

Dilansir oleh laman Motoriders, kemungkinan penyakit yang dapat timbul akibat helm yang tak dijaga kebersihannya adalah gatal-gatal, ketombe, jerawat, bahkan bisul dan panu serta kurap. Bahkan NATA sudah jauh-jauh hari menyarankan agar atletnya menjaga kebersihan helm, sarung tangan, bahkan kaus kaki dan berbagai perlengkapan bersepeda motor lainnya agar bakteri dan jamur tak mengganggu aktivitas mereka.

Membersihkan helm memang butuh waktu, namun kini sudah banyak jasa pencuci helm yang dapat dimanfaatkan jasanya dengan biaya murah.

Selain itu, jika helm wangi dan bersih maka memakainya pun tak jijik dan gatal serta mengganggu saat berkendara, bukan. Jadi secara rutin bersihkan helm dan perlengkapan berkendara Anda, agar tak memicu masalah lainnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.magzplus.com/3972/helm-jarang-dicuci-berbahaya-bagi-kesehatan.html