Para Pengusaha Indonesia Yang Sukses Dengan Modal NOL

Asalasah ~  Berbicara tentang pengusaha sukses yang berangkat dari modal minim, yang terlintas di benak adalah sosok ibu Susi Pudjiastuti yang belakangan ini sering diperbincangkan. Ya, dia adalah salah satu di antara sekian pengusaha yang sukses dengan kegigihan dan kerja keras.
http://asalasah.blogspot.com/2015/01/para-pengusaha-indonesia-yang-sukses.html

Selain Ibu Susi, masih banyak lagi pengusaha sukses lainnya yang penuh inspirasi. Memulai dari tangga terendah, mengalami jatuh bangun, hingga berpenghasilan ratusan juta rupiah. Simak yuk!

1. Bob Sadino (Supermarket Kem Chicks)

Sebelum menjadi seorang pengusaha sukses dan terkenal, Bob Sadino pernah menyewakan Mercedes miliknya dan dia sendiri yang jadi sopir. Namun, karena kecelakaan yang cukup parah, dia lalu beralih menjadi tukang batu. Suatu hari temannya datang dan menyarankan agar dia memelihara ayam guna mengusir stress yang dia rasakan. Terinpirasi dari ayam, dia kemudian bangkit.
Bob Sadino
Pria asal Lampung dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino lalu beternak ayam dengan sang istri. Meski sering mendapat makian dari pelanggan, pasangan tersebut terus bangkit dan memperbaiki pelayanan. Hingga akhirnya, mereka bisa membuka supermarket yang berkembang pesat dan merambah hingga bisnis sayuran.

2.  Mutiara Djokosoetono (Taxi Blue Bird)

Taxi Blue Bird yang sering kita naiki merupakan wujud kerja keras dan kegigihan Mutiara Djokosoetono. Masa-masa sulit kehidupan keluarga Mutiara Djokosoetono dimulai sejak suaminya meninggal. Berawal dari sebuah bemo yang diwariskan oleh mendiang suami, putra sulungnya menjadi penopang ekonomi keluarga dengan menjadi sopir bemo sedangkan  putranya yang lain menjadi kondektur bemo. Hingga akhirnya, wanita kelahiran ini mendapatkan hadiah 2 mobil berkat jasa-jasa sang suami selama masih hidup.
Mutiara Djokosoetono
Dan dari dua mobil tersebut, almarhumah Mutiara merintis usaha taksi yang dinamakan Chandra Taksi. Namun, mereka baru mendapatkan izin usaha resmi setelah 6 tahun beroperasi, tepatnya pada tahun 1971. Setelah lama beroperasi, Mutiara lantas mengubah usahanya menjadi Blue Bird dengan filosofi tentang sang burung biru yang menasihati seorang gadis bahwa semua keinginan bisa didapatkan dengan usaha dan kerja keras. Seperti keinginan wanita kelahiran Malang 17 Oktober 1923 ini.

3. Tri Sumono (CV 3 Jaya)

Begitu pula dengan pengusaha sukses Tri Sumono, pemilik perusahaan CV 3 Jaya. Siapa sangka, dia dulunya adalah seorang tukang sapu dan pernah bekerja sebagai kuli bangunan. Berbekal dengan tas yang berisi ijazah SMA, Tri Sumono mengadu nasih di ibu dan dia tidak memilih-milih pekerjaan untuk bisa bertahan hidup meski harus menjadi pekerja kasar.
Tri Sumono
Sementara itu, Tri Sumono dan istrinya mencari penghasilan tambahan dengan menjual aksesori di Gelora Bung Karno dengan modal awal 100 ribu. Sukses dengan aksesori, dia kemudian membeli kios hingga rumah kontrakan. Nah, pada tahun 2006, dia melihat peluang usaha bisnis sari kelapa. Melalui serangkaian proses yang rumit dan perjuangan, Tri Sumono sukses dengan bisnis sari kelapa dan beberapa usaha sukses lainnya. Dan dari berbagai lini usahanya, dia bisa meraup omzet hingga 500 juta perbulan.

4. Susi Pudjiastuti (PT ASI Pudjiastuti)

Jiwa bisnis terlihat bahkan ketika usianya yang masih belia. Tak nanggung, dia bahkan memutuskan untuk berhenti di kelas 2 SMA dan mulai belajar hidup mandiri. Dengan modal menjual cincin dan perhiasan, wanita kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini memulai usaha menjadi bakul ikan. Tak lama kemudian, dia mulai berpikir untuk meluaskan pasarnya hingga ke kota-kota lain, ya meski hanya dengan menggunakan truk sewaan dan membuka restoran.
Ibu Susi Pudjiastuti
Hingga akhirnya, terinspirasi dari suaminya yang terakhir yang merupakan aviation engineer, Susi mulai berkeinginan untuk membuka usaha di penerbangan. Dengan pesawat, Susi berangan untuk bisa mengangkut ikan ke Jakarta. Saat mau meminjam uang di bank, dia hanya ditertawakan dan dianggap gila. Namun, pada tahun 2004, dia mendapat pinjaman dari bank sebesar 47 miliar dan membeli dua pesawat Cessna Grand Caravan dan membuat landasan di desa nelayan. Tak lama kemudian, bisnis Susi merambah hingga ke perkebunan. Dan saat ini, jumlah pesawat Susi juga semakin banyak.
 
Jatuh bangun dalam menaiki tangga kesuksesan itu sudah biasa. Dan hanya mereka yang mau berjuang keras serta tekun yang bisa mencapai puncak tertinggi. Semoga kisah dari para pengusaha sukses tadi memberikan banyak inspirasi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.magzplus.com/3635/keren-para-pengusaha-ini-sukses-dengan-modal-nol.html