Remaja yang Anggap Dirinya Gemuk Bakal Obesitas

Asalasah ~ Menjadi gemuk tampaknya menjadi hal yang ditakuti banyak orang. Ada baiknya Anda menepis ketakutan itu karena berpikir gemuk akan membuat Anda jadi gemuk.

Sebuah penelitian mengungkapkan, remaja yang percaya dirinya kelebihan berat badan lebih berisiko obesitas saat dewasa.
http://asalasah.blogspot.com/2015/02/remaja-yang-anggap-dirinya-gemuk-bakal.html


Masalah ini menjadi peringatan dari gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Namun peneliti saat ini meyakini citra buruk dengan tubuh bisa menimbulkan risiko obesitas dalam jangka panjang.

Peneliti menduga, orang yang percaya dirinya kelebihan berat badan cenderung terlibat dalam perilaku pengendalian berat badan yang tak sehat seperti minum pil diet atau muntah dan pada gilirannya berhubungan dengan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Anak laki-laki yang paling berisiko dibanding prempuan. Lelaki yang berpikir dirinya kelebihan berat badan sebanyak 89 persen berisiko obesitas di kemudian hari.

"Penelitian kami menunjukkan faktor psikologis yang mengembangkan obesitas," kata Penulis Penelitian Angelina Sutin, dari Florida State University seperti dilansir Mailonline, Jumat (30/1/2015).

Para peneliti menggunakan data dari National Longitudinal Study of Adolescent Health. Mereka  memeriksa tinggi, berat, dan pikiran citra tubuh lebih dari 6.500 anak muda ketika berusia 16 dan 28 tahun.

Pada usia 16 tahun, peserta diminta menilai bagaimana mereka menanggapi dirinya dalam berat badan.

Para peneliti secara khusus tertarik untuk melihat hasil pada remaja yang melihat diri mereka kelebihan berat badan, meskipun mereka berat badannya sehat menurut standar medis.

Remaja yang menganggap dirinya kelebihan berat badan ternyata 40 persen berisiko besar gemuk saat dewasa.

Tapi mengapa anak laki-laki lebih terpengaruh dibandingkan anak perempuan? "Pada titik ini, itu tidak benar-benar jelas," kata Dr Sutin.

"Bisa jadi anak perempuan lebih mempertahankan berat badannya," katanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.liputan6.com/read/2167901/remaja-yang-anggap-dirinya-gemuk-bakal-obesitas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Remaja yang Anggap Dirinya Gemuk Bakal Obesitas"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel