Bangunan Kuburan Saddam Hussein di Iraq Hancur

Asalasah ~ Tikrit, Irak: Operasi menawan Tikrit oleh tentara Irak menyebabkan bangunan di situs kuburan mantan Presiden negara itu, Saddam Hussein hampir hancur sepenuhnya.

Satu rekaman oleh kantor berita Associated Press (AP) menunjukkan hanya tiang bangunan di kuburan Saddam di desa al-Awja dekat sini yang masih berdiri.
http://asalasah.blogspot.com/2015/03/bangunan-kuburan-saddam-hussein-di-iraq.html

Tentara Iraq yang didukung militan Syiah kini sedang bertempur dengan kelompok militan Negara Islam (IS) dalam misi untuk merebut kembali kota tersebut.

Pada tahun lalu, penduduk Sunni di Tikrit mengatakan, mereka telah mengalihkan mayat Saddam ke satu lokasi rahasia.

Tentara Irak merebut kembali kuburan Saddam ketika pertempuran di utara dan selatan Tikrit semakin sengit kemarin.

Tentara Irak juga bertekad untuk tiba di pusat kota itu dalam waktu 48 jam.

Rekaman oleh wartawan AP itu menunjukkan situs kuburan Saddam di selatan kota itu hanya tinggal reruntuhan bangunan beton.

Gambar Saddam di situs kubur itu turut dikonversi dengan bendera kelompok militan Syiah dan gambar pemimpin pejuang lainnya termasuk Jenderal militer Iran, Qassem Soleimani.

Menurut AP, kru mereka terikat dengan syarat ditetapkan oleh tentara Irak dan laporan mereka juga mungkin mengalami beberapa pembatasan.

"Ini adalah area paling ramai militan IS berkumpul karena kuburan Saddam berada di sini," kata seorang pejabat pejuang Syiah, Kapten Yasser Nu'ma.

"Militan IS membuat penyergapan terhadap kami dengan menanam bom di sekitar daerah ini." Tambahnya

Militan IS pada Agustus lalu mengklaim situs kubur itu sudah dimusnahkan tetapi ditolak pejabat lokal yang memberitahu lokasi tersebut hanya digeledah dan mengalami kerusakan kecil.
Saddam yang berasal dari Tikrit ditangkap tentara Amerika Serikat (AS) pada 2003.

Satu pengadilan menemukan mantan pemimpin itu bersalah melakukan kejahatan kemanusiaan dengan membunuh warga Syiah dan Kurdi.

Saddam dihukum gantung pada 2006 dan mayatnya dikubur di kota kelahirannya itu sejak 2007

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: siakapkeli.com.my/