China Gunakan Jet Untuk Jaga Perbatasannya

Asalasah ~  Beijing: Cina semalam mengirim pesawat tempur ke perbatasan setelah bom yang dilepaskan jet tempur Myanmar mengakibatkan kematian empat warga republik itu di Yunnan.

Bom dilepaskan jet tempur Myanmar itu membombardir ladang tebu di kota Lincang, kemarin menyebabkan empat pekerja tewas dan sembilan lagi terluka parah, lapor kantor berita resmi China, Xinhua.
http://asalasah.blogspot.com/2015/03/china-gunakan-jet-untuk-jaga.html
Kejadian terjadi setelah China berulang kali memperingatkan perselisihan akibat konflik etnis di wilayah Kokang, Myanmar, semakin mendekati perbatasannya.

Tentara Cina mengirim beberapa pesawat tempur untuk melacak, memantau, memberi peringatan dan mengusir jet Myanmar yang terbang terlalu dekat dengan perbatasan, kata juru bicara Shen Jinke dikutip Xinhua

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Liu Zhenmin memanggil duta Myanmar ke Beijing, Thit Linn Ohn malam Sabtu lalu untuk memprotes kematian empat warga China tersebut.

Liu juga mendesak Myanmar agar menyelidiki kasus itu secara menyeluruh dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari kejadian berulang.

"Dia meminta pemerintah Myanmar menjamin keamanan dan stabilitas di kawasan perbatasan dengan China," lapor Xinhua.

Awal minggu lalu, kementerian luar China mengatakan sebuah rumah di Yunnan rusak akibat kejadian tembakan di perbatasan di mana tentara Myanmar bertempur dengan kelompok pemberontak.

Bulan lalu, Myanmar menyatakan darurat di Kokang akibat konflik yang dimulai pada 9 Februari lalu itu. Lebih 30.000 orang terpercaya melarikan diri ke Yunnan dari Myanmar.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/03/china-gunakan-jet-untuk-kawal.html