Gambar Bayi Duyung Di Malaysia Yang Sempat heboh

Asalasah ~ Penyebaran berita seorang bayi yang dilahirkan dengan memiliki kaki seperti seekor ikan duyung di Rumah Sakit Pontian, kemarin difonis sebagai tidak benar.

Ketua Komite Kesehatan dan Lingkungan negeri, Datuk Ayub Rahmat mengatakan, revisi kelahiran di Rumah Sakit Pontian tidak menemukan kelahiran tercatat pada hari kemarin, seperti yang diklaim oleh berita palsu tersebut.

"Saya bisa katakan bahwa gambar seorang bayi yang diduga lahir dengan kaki seperti seekor duyung di Hospital Pontian seperti tersebar dalam situs sosial hari ini (kemarin) adalah palsu.

"Ini karena setelah diperiksa dengan pihak Rumah Sakit Pontian, tidak ada kelahiran dicatat di rumah sakit itu pada hari kemarin (Selasa), jadi sudah tentu berita ini adalah tidak benar," katanya di sini semalam.

Ayub mengatakan, masyarakat umumnya dinasihati supaya memastikan validitas sesuatu berita terlebih dahulu sehingga tidak memicu berbagai masalah kepada individu lain dan pihak-pihak terkait.

"Saya memohon agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memastikan kebenaran dan keabsahan setiap berita atau gambar di dalam internet.

"Setiap berita yang tidak ada kepastian dan kebenarannya harus dirujuk dengan pihak berwajib terlebih dahulu sebelum disebarkan di dalam media sosial karena dapat mengundang keresahan, gairah dan masalah kepada pihak terlibat, sehingga mempengaruhi kinerja mereka," katanya.

Gambar bayi yang lahir cacat dengan kakinya melekat seperti terlihat duyung itu mulai menjadi viral dalam situs sosial semalam, karena bayi malang itu diduga dilahirkan di Rumah Sakit Pontian sore kemarin.

Namun setelah diselidiki melalui beberapa pencarian dalam situs menemukan gambar bayi tersebut dipercaya telah muncul dalam satu akun Facebook milik seorang wanita Myanmar pada 19 Maret lalu, dan turut ditayangkan dalam situs Facebook, Top Myanmar News.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/03/gambar-bayi-duyung-bukan-berlaku-di.html