Pesawat Tenaga Surya Pertama Keliling Dunia

Asalasah ~  Abu Dhabi: Percobaan pertama penerbangan keliling dunia menggunakan pesawat yang seluruh energinya menggunakan tenaga surya kemarin diluncurkan di Abu Dhabi dalam ekspedisi yang diharapkan mampu mempromosikan penggunaan energi hijau.

Perjalanan yang dinamakan Solar Impulse 2 tersebut juga menguji ketahanan pilotnya, warga Swiss Andre Borschberg - berangkat pada jam 7.12 pagi (waktu setempat) dari bandara Al-Bateen dan dijadwalkan mendarat di Muscat, Oman pada sore harinya.

Peluncuran pesawat itu pada awalnya dijadwalkan Sabtu lalu, tetapi ditunda karena kondisi angin kencang. Ini melibatkan penelitian selama 13 dan tes oleh Borschberg dan pilot senegaranya Bertrand Piccard.

Situs yang memantau pergerakannya melaporkan, setelah dua jam 15 menit penerbangan, Borschberg tercatat sudah menghabiskan 13 persen perjalanannya ke Muscat dan menjawab pertanyaan media sebelum mencoba menghubungi istrinya.

Dari Muscat, pesawat itu akan melakukan 12 hentian dalam petualangan dijadwalkan selama lima bulan dengan waktu penerbangan sekitar 25 hari.

Ia akan melintasi Laut Arab ke India sebelum melanjutkan perjalanan ke Myanmar, Cina, Hawaii dan New York.

Ia juga dijadwalkan mendarat di beberapa lokasi di Amerika Serikat, selain apakah Eropa atau Afrika Utara, tergantung pada cuaca.

Rentang sayap pesawat satu kursi dikenal sebagai SI2 itu besar sedikit dari jet jumbo tetapi beratnya sama dengan mobil.

Pilot tersebut melakukan latihan intensif sebagai persiapan untuk petualangan itu, termasuk yoga untuk melatih diri tidur selama hanya 20 menit sebelum terjaga dalam kondisi segar. - AFP

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: