Rahasia Kenapa Jangan Isi Penuh Tangki Minyak

Asalasah ~  Di dalam tangki minyak mobil telah dirancang untuk supaya ada ruang minyak dan udara, jadi mengapa harus kita isi minyak sampai penuh tangki. Banyak yang tidak sadar atau tidak tahu langsung, bahwa pompa di SPBU ada sistem return pipe-line, di mana ia mengalirkan kembali minyak kedalam tangki penyimpanan SPBU. Bila tangki minyak mobil sudah penuh, mekanisme pompa akan selak katup masuk pompa dan katup sistem return pipi-line dibuka, untuk memungkinkan bensin berlebihan mengalir masuk balik ke tangki penyimpanan SPBU.

Jangan-Isi-Minyak-Full-Tank-Anda-Sebenarnya-Menderma-Kepada-Tauke-Minyak


Ini berarti ada telah BERSEDAKAH MINYAK KEPADA TAUKE STASIUN MINYAK. Kalau bisa isilah bensin Anda pada awal pagi saat suhu tanah masih sejuk. Karena semua SPBU menanam tangki penyimpanan minyak mereka di bawah tanah. Semakin dingin tanah, begitu juga pada bensin. Dan ketika panas, bensin akan menguap. Jadi jika kita mengisi minyak di siang hari, per liter itu bukannya tepat liter bensin yang Anda bayar.

Bila Anda mengisi minyak, jangan tarik picu pompa ke mode High (yaitu mengisi dengan cepat). Jika kita perhatikan picu pompa, ia memiliki tiga tahap: Low, Middle dan High. Anda harus menarik pelatuk pompa pada mode Low, untuk mengurangi uap yang dibuat saat proses memompa minyak. Semua selang di pompa memiliki saluran pengembalian uap. Jika ada memompa pada tingkat yang cepat, ada cairan yang masuk ke dalam tangki Anda akan menjadi uap. Uap itu akan tersedot balik kembali ke dalam tangki penyimpanan bawah tanah.

Satu lagi tips yang penting adalah Anda pelu mengisi ketika tangki bensin Anda SEPARUH PENUH. Alasannya adalah ketika lebih bensin ada di dalam tangki maka makin kurang udara mengisi ruang yang kosong. Bensin sebenarnya menguap lebih cepat dari apa yang kita bayangkan. Tangki minyak mobil memiliki atap mengapung di dalamnya. Atap ini berfungsi sebagai emisi nol di antara bensin dan atmosfer. Untuk mengurangi penguapan. Peringatan yang terakhir, jika Anda terlihat ada truk bensin sedang pompa minyak ke tangki penyimpanan bawah tanah di stasiun bensin, JANGAN ISI MINYAK, karena Anda mungkin akan mengisi kotoran ke dalam tangki minyak mobil Anda.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: terjemahamn dari blog malaysia | bisa aja ga berlaku di Indonesia