10 Fakta Tentang Tempe

Asalasah ~ Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".
http://asalasah.blogspot.com/2015/04/10-fakta-tentang-tempe.html

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.
Berikut ini beberapa fakta menarik tentang tempe:
  1. Tempe bisa mengobati penyakit maag karena mengandung protein yang sudah siap dicerna tubuh karena terlebih dahulu dicerna oleh jamur dan senyawa anti inflamasi.
  2. Rustono adalah orang Indonesia yang berhasil kaya karena menjual tempe di Kyoto, Jepang sehingga dijuluki King of Tempeh
  3. Tempe selain populer di Jepang, juga sudah mulai populer di Amerika Serikat dan Eropa. Harga ekonomis tempe dapat 3-4 kali lipat harga daging.
  4. Tempe merupakan hasil pemprosesan teknologi pangan tradisional di Jawa sejak abad 16 seperti tertulis pada dokumen Serat Centhini.
  5. Tempe merupakan makanan yang sehat, mengandung antibiotik alami, makanan dengan protein paling lengkap dan mengandung semua asam amino esensial.
  6. Tempe merupakan makanan probiotik yang kedudukannya sejajar dengan makanan probiotik yang dikenal di dunia seperti Natto, Kimchi, Miso, Sauerkraut, dan Kefir.
  7. Tempe menjadi makanan penyelamat banyak tahanan Perang Dunia II pada tahun 1940-1960.
  8. Tempe tidak saja berasal dari kedelai, tetapi di Swedia sudah dikembangkan tempe yang berasal dari barley dan oats untuk iklim negara yang tidak cocok untuk menanam kedelai.
  9. Tempe merupakan makanan vegetarian pengganti daging.
  10. Beberapa kuliner Internasional memasukkan tempe sebagai bahan utamanya, diantaranya: Tempeh Burger, Teriyaki Tempeh, Baked Tempeh with Dijon Sauce, Tempeh Lasagna, Tempeh Sandwich, Tempeh Masala, Tempeh Fajitas, dan banyak lagi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mulyonondeso.blogspot.sg/2012/03/10-fakta-tentang-tempe.html