Bocah Tujuh Tahun Ini Hisap Rokok 16 Batang Sehari

Asalasah ~ Cicapar: Seorang bocah berusia tujuh tahun yang kecanduan rokok sejak berumur empat tahun menghisap 16 batang rokok sehari, setelah menguranginya dari tiga bungkus sehari.

Diwan Awalidan dan tiga kawannya, Nawan, 11 tahun, Jujun, 7tahun, dan Dede 8 tahun, dari Jawa Barat antara beberapa anak di kampung Cicapar yang lebih gemar menghabiskan waktu menghisap rokok dari bermain.

Orangtuanya mengatakan, mereka tidak berusaha memaksa Diwan berhenti. Dia akan membeli rokok keretek dengan menggunakan uang saku. Kadang-kadang dia mencuri duit ibunya untuk melepaskan ketagihnya.

Dia sudah menunjukkan masalah kesehatan akibat kebiasaan buruknya. Kedua orangtuanya merokok, tetapi mereka mencoba membujuk Diwan berhenti karena khawatir masalah kesehatannya memburuk.

Diwan dan temannya kini bersembunyi untuk merokok di area persawahan. Ayahnya, Iyan, 36, berkata: "Diwan rokok sejak usia tiga tahun. Ketika itu dia bisa menghisap tiga bungkus rokok sehari.

"Jika tidak diberikan uang rokok, dia akan marah atau mencuri rokok atau mencuri uang untuk membelinya."

Diwan mengatakan, dia tidak berencana berhenti dan percaya gambar mengerikan pada kemasan rokok yang menunjukkan dampak buruk akibat rokok itu palsu.

Kebiasaan merokok semakin meningkat dalam kalangan anak-anak di Indonesia, negara kelima terbesar dalam pasar rokok dunia.

"Indonesia memiliki lebih banyak perokok anak-anak di bawah usia 10 tahun dibandingkan negara lain. Tidak mengherankan karena jika Anda mengemudi di negara itu, Anda dapat menyaksikan begitu banyak iklan rokok. 

Kebiasaan merokok bukan sulit untuk ditiru karena ia sudah menjadi budaya di Indonesia, diperkuat lagi dengan iklan yang sudah sekian lama tidak terlihat di negara lain.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://translate.google.com/translate?hl=en&sl=ms&tl=id&u=http%3A%2F%2Fwww.siakapkeli.com.my%2F2015%2F04%2Fbudak-tujuh-tahun-hisap-rokok-16-batang.html