Cara Unik Polisi India Mencegah Penjualan Sapi Ilegal

Asalasah ~ Mumbai: Polisi sebuah kota di barat India mengarahkan pemilik sapi mengambil gambar wajah hewan mereka untuk membantu menegakkan undang melarang penjualan daging sapi.

Penguasa kota tersebut, Sunil Kadasne mengatakan, sejauh ini hampir 100 petani dan pemilik sapi di Malegaon sudah memberikan gambar tersebut juga informasi tentang sapi mereka.

"Setelah hukum ini diberlakukan, penyembelihan secara komersial rata-rata berhasil dihentikan namun program ini akan membantu usaha kami menghentikan pembunuhan hewan dengan melacak kasus pencurian binatang peliharaan secara lebih cepat," katanya.

Pemerintah negeri Maharashtra melarang penyembelihan dan penjualan daging sapi Maret lalu. Mereka yang hanya memiliki daging sapi juga bisa dipenjara lima tahun.

Menteri Dalam Negeri Rajnath Singh memberitahu ketua agama pemerintah nasionalis Hindu akan memberikan yang terbaik untuk menegakkan hukum melarang penyembelihan dan memakan daging sapi di India.

Kadaesne mengatakan, permintaan untuk mendapatkan informasi mengenai catatan pembelian dan alasan memelihara hewan itu bertujuan mengurangi ketegangan antara warga Muslim dan Hindu.

"Begitu kami memperoleh catatan tentang sapi itu, mudah bagi kami melakukan penyelidikan terhadap laporan yang dapat memicu kekacauan kaum," katanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/gambar-lembu-masuk-rekod.html