Bahaya Jika Tertelan Gel Silica Bagi Tubuh

Asalasah ~ Jika kita membeli sepatu, dompet, makanan kering dalam kaleng atau pun vitamin pasti kita akan jumpa pengawet silica gel ini terdapat di dalamnya.

Apakah fungsi silica gel ini?
Silica gel ini berfungsi untuk memastikan produk yang dijual selalu berada dalam keadaan kering karena gel ini akan menyerap uap air yang berada di dalam kotak barang. Ini dapat menghindari barang yang di bungkus dan kaleng mengalami kelembaban berlebihan.
http://asalasah.blogspot.com/2015/05/bahaya-jika-tertelan-gel-silica-bagi.html

Beberapa produk botol vitamin jika mengadungi uap berlebihan, maka kelembaban itu akan mengganggu struktur atau merusak pil atau kapsul vitamin tersebut yang berada di dalamnya.

Apakah berbahaya bagi kesehatan kita? 
Memetik di dalam web Howstuffworks, silica gel ini dapat menyerap 40% dari berat air jika ia berada di dalam tubuh manusia dan akan menurunkan kelembaban relatif.  Akibatnya jika seseorang itu tertelan silica gel ini matanya akan menjadi kering


Selain itu jika seseorang tertelan silika gel akan mengalami mata kering, gatal, sakit, selaput lendir serta rongga hidung alan kering dan akan mengalami sakit perut.

Meskipun badan yang mengawasi makanan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) mengklasifikasikan silika gel ke dalam kategori aman (Generally recognized as Safe / GRAS), tapi semua paket silika gel yang ada di dalam kotak barang harus punya label peringatan atau simbol bahaya.

Sebab itu jika tertelan akan mengganggu siklus tubuh yang menyebabkan rasa mual, sembelit atau muntah.

Pengawet ini mengandung kobalt klorida yang yanig bersifat karsinogenik dan menyebabkan iritasi pernapasan. Jika tertelan, maka harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dirawat.

Jika tertelan gel ini cepat-cepat minum air yang banyak untuk menghindari dehidrasi karena tindak balasnya yang menyerap cairan tubuh karena 70% dalam tubuh manusia adalah air.

Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.my/2015/05/pengawet-silica-gel-amat-merbahaya.html